GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Batu Permata Ruby (Full Pic)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 06 Agustus 2012 | 15.27

Ruby Lebih Mahal Dari Berlian..?


Ilustrasi:Google

Ruby, batu permata yang bisa lebih mahal dari berlian ini termasuk dalam keluarga batu corundum. Corundum sendiri berasal dari kata indian kuno corund yang bisa diartikan mineral atau permata. Batu permata biasanya dinilai dengan 4 C, Clear [jelas atau bening], Colour [warna cukup], Carat [ukuran cukup], Crystal [kristal]. Karena kelangkaan Ruby maka jika ke empat komponen diatas sama antara ruby dengan berlian, harga ruby bisa lebih mahal daripada berlian.

1313445911535534975

Ruby adalah varietas paling berharga dari kelompok batu korundum. Seperti batu permata merah lainnya ia juga disebut carbunculus yang berarti batu bara kecil atau bara api. Ruby adalah satu diantara empat batu permata utama selain berlian [diamond], safir dan zamrud. Ruby di Indonesia sering juga disebut batu mirah delima.

1313445805189711161

Ilustrasi:Google

Kualitas terbaik dari batu yang sering dijuluki pigeon blood-red ini ditemukan di Mogok Valley, Myanmar. Kawasan itu memang telah berabad-abad lamanya dikenal orang sebagai daerah penghasil ruby dengan kualitas tinggi. Batu ruby berwarna merah darah yang ditemukan di daerah itu sangat memukau hingga menjadi incaran para kolektor batu permata. Karenanya, muncul julukan pigeon blood-red untuk menandai kualitas warna merah batu ruby dari Mogok Valley yang sangat digemari banyak orang tersebut. Belakangan Thailand juga dikenal sebagai salah satu penghasil ruby dunia. Ruby Thailand biasanya sedikit kurang menarik dengan warna yang agak gelap dengan semburat ungu. Dalam jumlah kecil ruby juga ditemukan di kamboja yang berbatasan dengan Thailand. Ruby yang agak buram dan berkualitas rendah juga ditemukan di India dan Pakistan. Tanzania dan negara-negara sekitarnya juga menghasilkan ruby dalam beberapa tahun terakhir.

1313445685611429567

Jika anda berkesempatan berkunjung ke Jakarta Gems Center di Rawa Bening Jatinegara, Jakarta Timur yang merupakan pusat perdagangan batu aji terbesar di Asia Tenggara maka ruby yang banyak anda temukan adalah ruby Thailand dan Tanzania. Untuk ruby dari Birma atau Myanmar sudah agak jarang. Kalaupun pas lagi ada harganya juga cukup tinggi.

Dibalik keindahan dan kemilaunya batu ini menyimpan misteri dan menurut kepercayaan orang zaman dahulu konon batu ini bisa menjadi penawar racun dan penangkal bagi penyakit-penyakit tertentu. Ada juga yang meyakini bila memakai batu ini maka wibawa pemakainya akan bertambah. Tapi apapun itu yang pasti dengan memakai perhiasan seperti ruby rasa percaya diri kita akan tumbuh.

13134459761743501591

[Dari berbagai sumber]

Terima kasih

Salam Mantap

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...