GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Cari Sumber Kekuatan Setelah Ide Habis,berikut Tipsnya,,

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 06 Agustus 2012 | 15.46

Tips : Ketika Ide Sudah Habis

sumber gambar : seo-hacker com

sumber gambar : seo-hacker com

Sebagai seseorang yang baru belajar menulis,kita terkadang atau malah sering merasa kehabisan bahan tulisan.Jika dipaksakan,hasilnya kemungkinan besar tidak maksimal.Atau yang paling parah kita malah terjebak dalam praktek haram plagiat dan copy paste yang tidak bertanggung jawab.

Setiap orang tentu punya kemampuan menjaring ide yang berbeda-beda.Seorang penulis fiksi mungkin jarang kehabisan ide karena mereka rata-rata dianugerahi imajinasi yang liar serta kemampuan olah kata yang luar biasa.

Jika anda termasuk golongan yang susah mendapatkan ide seperti saya,ada baiknya mempraktekan tips berikut yang mungkin bermanfaat.

1.Lebih Peka

Ya,tips yang pertama adalah meningkatkan kepekaan kita terhadap masalah-masalah yang sedang terjadi.Tidak perlu jauh-jauh.Cukup disekitar kita saja dulu.Apa yang menjadi keresahan kita terhadap sekitar.Dari hal yang sederhana seperti, kenapa masih ada orang yang buang sampah sembarangan,atau yang lebih kompleks semisal angkutan umum yang tidak layak dan angker.

2.Rajin Baca

Terdengar basi memang.Tapi percayalah ini adalah tips yang paling ampuh khususnya bagi saya sendiri.Ketika ide sudah kering,saya lebih intensif untuk membaca.Proses penemuan ide bisa berawal dari ketidak setujuan kita terhadap tulisan yang dibaca.

3.Percaya Diri

Ada suatu masa ketika kita punya ide tulisan, namun urung menuliskannya lantaran kita pikir itu tak cukup menarik bagi orang lain.Menarik atau tidaknya sebuah tulisan bukan didasari tema tulisan, melainkan cara kita menyampaikan.

4.Lebih Banyak Mendengar

Ketika ide sudah habis,ada baiknya kita lebih banyak mendengarkan cerita atau keluh kesah orang lain.Mungkin ada kisah-kisah inspiratif dan menarik yang bisa diracik kedalam bentuk tulisan.

5.Mencari sudut pandang lain

Sesekali berhentilah untuk melihat persoalan hanya dari satu sudut pandang.Cobalah untuk berani melihat dari kacamata yang lain.Mungkin saja ada hal-hal yang selama ini luput dari pandangan kita,yang kemudian bisa diangkat kedalam tulisan meskipun akan terlihat melawan arus.

6.Tangkap dan Kembangkan

Tekadang inspirasi datang secara tiba-tiba.Ketika makan,mandi,menunggu bus dll.Hanya saja kita sering tidak segera mengabadikannya.Ketika sudah didepan laptop,kita malah sudah lupa.Tuliskan ide-ide itu sesegera mungkin.Bisa diponsel,kertas atau apa saja yang ada ketika ide itu terbesit.Cukup idenya saja dan ketika punya waktu luang,ide itu bisa dikembangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...