GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang Sisi Kehidupan Seorang Hacker

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 26 April 2011 | 20.14

I am a Hacker, enter my world

[The Conscience of Hacker, The Mentor]

Dalam komunitas dunia maya kata hacker sangat terkenal, kata hacker ini banyak menuai kontroversi. Hacker biasanya di samakan dengan seseorang yang mempunyai kemampuan teknis yang tinggi dalam masalah komputer seperti programming terlebih pada keamanan jaringan.

Hacker biasanya di dominasi oleh pria terutama remaja pria, cukup wajar saya kira karena para remaja pria biasanya memiliki rasa keingintahuan yang besar dan juga semangat yang tinggi untuk mewujudkan impian mereka. Hacker secara ekonomi, memiliki status ekonomi menengah keatas, ini artinya kehidupan ekonomi seorang hacker cukup sejahtera, hal ini bisa di lihat dengan mereka yang memiliki komputer bahkan sampai lebih dari satu komputer dan juga biasanya mereka memiliki akses internet.

Secara psikologi atau pemikiran kebanyakan Hacker memiliki banyak kesamaan. Pada dasarnya setiap Hacker anti otoritas. Dimana setiap otoritas yang sewenang-wenang biasanya dirasakan para Hacker akan mengekang kreativitas dan pemikiran mereka. Hacker lebih menyukai kebebasan, mereka menganggap kebebasan itu indah, tapi di sini kebebasan tersebut adalah kebebasan yang bertanggung jawab karena kebebasan anda adalah kebebasan orang lain juga.

Hacker in the dark

Hacker in the dark

Secara fisik Hacker biasanya di kenali dengan kegemarannya membaca, tampil eksentrik dan memiliki pola pikir yang berbeda dari orang kebanyakan. Gemar membaca adalah syarat utama menjadi seorang hacker. Bacaan para hacker buka hanya kepada pembahasan yang berorientasi kepada masalah teknik atau manual-manual komputer tetapi juga kepada bacaan fiksi ilmiah bahkan sastra. Dunia ini bisa kita jelajahi melalui buku, melalui buku kita dapat memperoleh inspirasi mengenai hal-hal baru. Selain itu buku juga dapat memberikan kita pencerahan dalam kebebasan berpikir.

Hacker dan ‘nyentrik’ sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali. Namun dengan anti otoritas dan kebebasan berpikir tadi, setiap Hacker menerapkan sebuah gaya hidup yang bisa di bilang unik, gaya hidup yang sangat berbeda dari gaya hidup orang kebanyakan, seakan dengan hidup begitu mereka merasa nyaman. Contohnya adalah Stallman yang mempopulerkan istilah GNU General Public License.Hacker biasanya di identifikasikan dengan istilah ‘Geek‘, sebagai labelisasi yang terkesan ‘glow in the dark‘ . Dimana seorang geek biasanya adalah orang-orang yang terbuang dalam kehidupan sosialnya atau lebih tepatnya menghindar dari kehidupan sosial. Dimana kehidupan sosial sekarang sebenarnya banyak memberikan dampak negatif. Di dalam kehidupan sosial jaman sekarang rasionalitas sudah ditinggalkan. Tidak seharusnya seseorang di hargai hanya karena penampilan fisiknya ataupun kekayaan ekonominya saja. Dalam dunia Hacker seseorang lebih di hargai melalui apa yang mereka pikirkan dan lakukan.
Banyak diantara Hacker yang bosan dengan tuntunan dan formalitas kehidupan sosial yang ada. Bahkan banyak diantara mereka yang mencoba mendobrak dan meruntuhkan tuntunan dan formalitas sosial tersebut.

Pada dasarnya menjadi seorang Hacker adalah memegang teguh prinsip yang di miliki dan selalu berani menembus batas dalam setiap permasalahan teknis untuk mendapatkan solusi masalah yang lebih efesien. Yang terutama adalah teruslah berkreativitas dan berpikir, tidak ada yang dapat menghentikan kreativitas dan tidak ada yang dapat mengekang pemikiran seseorang.

——————————————————————————————

Catatan : penulis bukanlah seorang Hacker, tapi penulis sangat berharap suatu saat nanti dapat memiliki kemampuan seperti seorang Hacker

*revisi seperti seorang webmaster ama web designer aja :) :) ….

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...