GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Kisah Mengharukan di Balik Tragedi Tambang Cile

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 26 April 2011 | 18.33

dailymail.com
Elizabeth melahirkan anak pertamanya

Rasa haru, lega, dan bahagia bercampur menjadi satu ketika 33 penambang yang terperangkap selama 69 hari di Cile, akhirnya berhasil diselamatkan seluruhnya ke permukaan. Bagi keluarga para penambang, detik-detik menggetarkan tersebut merupakan akhir dari drama mencekam yang sudah lebih dari dua bulan melingkupi mereka.

Salah satu kisah mengharukan di balik tragedi tersebut berasal dari Elizabeth Segovia, istri dari Ariel Ticona, salah satu dari ke-33 penambang yang terperangkap. Ia melahirkan seorang bayi perempuan pada 14 September 2010. Ketika itu, ayah dari putri pertamanya tersebut sudah 40 hari terjebak di bawah tanah.

Bayi perempuan mungil itu lantas dinamai Esperanza, bahasa Spanyol untuk 'harapan.' Nama itu menjadi sebuah simbol asa yang terus digenggamnya erat-erat, sambil terus memanjatkan doa atas keselamatan suami tercinta.

Mulanya, ia dan Ticona berencana menamai putri pertama mereka Carolina. Tapi, begitu mengetahui sang suami ternyata masih hidup setelah poros utama pertambangan tersebut runtuh, pasangan itu sama-sama memutuskan mengganti nama putri mereka.

''Katakan padanya untuk mengubah nama anak kami...dan memberikannya ciuman jarak jauh. Kami akan menamainya Ezperanza!'' teriak Ticona dari bawah tanah. Komunikasi yang terjadi lewat video chat kala itu, mungkin dilakukan berkat kabel serat optik yang dijatuhkan tim penyelamat lewat lubang bor sempit.

Ke-33 penambang tersebut terperangkap sejak 5 Agustus 2010, di tambang emas dan tembaga yang terletak di utara gurun Atacama, Cile. Mereka dipastikan masih berada dalam keadaan hidup 17 hari kemudian. Selama itu, banyak anggota keluarga yang berjaga-jaga di sekitar area pertambangan, dan tidur dalam tenda-tenda yang dibangun di tengah udara malam gurun yang dingin menusuk tulang.

Menurut prediksi kala itu, dibutuhkan waktu setidaknya empat bulan untuk melancarkan misi penyelamatan. Untungnya, pada 9 Oktober 2010, sebuah terowongan penyelamatan sedalam 624 meter selesai dibangun. Menteri Pertambangan Cile Laurence Golborne menyatakan, tindakan ekstraksi para penambang akan dilancarkan pada 13 Oktober 2010.

Florencio Avalos, 31 tahun, adalah penambang pertama yang berhasil diselamatkan setelah terperangkap di perut bumi selama 69 hari. Begitu menginjak tanah di permukaan, ia dielu-elukan bak orang pertama yang mendarat di bulan.

Di tengah gelombang riuh tepuk tangan, sorakan, sirene, dan silau lampu sorot kamera, Avalos berjalan keluar dari kapsul tabung baja Phoenix selebar 54 cm dan setinggi 4 meter, yang dibuat oleh Angkatan Laut Cile untuk mengangkatnya ke permukaan. Putranya, Bairo, 7 tahun, menghambur ke pelukan sang ayah sambil menangis bahagia.

Penambang 32 Ticona merupakan penambang ke-32 yang ditarik keluar dari perut bumi. Di tengah kerumunan sanak keluarga yang berkumpul di sana, si mungil Ezperanza pun hadir dalam gendongan sang ibu, untuk menyambut sosok ayah yang belum pernah ditemuinya.

''Aku sangat bahagia,'' cetus Segovia sambil mendorong Ezperanza dalam kereta bayi bewarna hijau, beberapa waktu menjelang momen penyelamatan para penambang itu dimulai.

Sepanjang operasi penyelamatan dramatis tersebut, Presiden Cile Sebastian Pinera dan Ibu Negara Cecilia Morel, turun langsung ke lokasi tambang guna memberikan dukungan psikologis kepada kerabat para penambang.

Sekitar 22 jam setelah penambang Cile pertama yang terperangkap diselamatkan, penambang terakhir, Luis Urzua, ditarik ke permukaan. Dengan demikian, berakhirlah operasi penyelamatan yang menarik perhatian dunia dan mengakhiri penderitaan mereka selama dua bulan. (mi/git)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...