GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

MISTERI SANG JURU KUNCI MERAPI

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 07 November 2010 | 21.32

Sulit memang menebak kemauan dan kenapa seorang mbah Maridjan, 79 tahun, sang juru kunci merapi, sebagai panutan masyarakat desanya, tetap tidak mau mengungsi dari kediamannya. Bagi orang lain yang mungkin hanya tahu beliau dari membaca koran, mungkin akan menganggap sepele, dan dalam hati kecil akan berkata…ahh..ya sudah disuruh pindah baik-baik saja kok tidak mau. Selain itu biasanya kita orang awam, juga akan berpikir dengan logika biasa, kalau mbah Maridjan tidak mau mengungsi biarkan saja, yang penting pengikutnya terutama penduduk sekitarnya tidak ikut-ikutan beliau.

Banyak sudah orang penting dan berpengaruh di negeri ini tidak diindahkannya, bahkan kemarin presiden SBY saja, yang mau bertemu, justru dia tinggal naik ke puncak merapi.. ? Kenapa justru dia memilih mendaki dan malah melakukan ritual di pos II, dua jam mendaki dari desa Kinahrejo ditemani oleh dua orang pengikutnya. Ada penduduk yang mengatakan, bahwa Mbah justru malah melakukan ritual di kendit yaitu batas vegetasi dan tinggal 1 km lagi dari kawah, beliau melakukan pendakian dari lereng selatan yang jelas-jelas sangat berbahaya karena sangat dekat dengan guguran wedus gembel menuju kali boyong. Kata pengikutnya beliau sedang berusaha menghubungi dan berkomunikasi lewat tapa spiritual, dengan penghuni merapi untuk minta keselamatan bagi masyarakat. Tetapi kemanakah Mbah, kenapa sampai hari ini juga belum kelihatan dan kembali kerumahnya….. ?

Sekali lagi ini sebenarnya, bukan beliau mau mencari sensasi, tetapi makna spritual kejawen dan filosofis apakah, yang sedang beliau jalani dan sampai membuat orang lain geleng-geleng kepala. Kalau kita hanya berpikir dengan logika biasa tentunya, kita tidak akan perduli dan membiarkan saja beliau itu maunya apa.. ? Tapi adakah yang berusaha menjawab dan mengikuti tirakat beliau sebagai sebuah tantangan.. ?

Pada tanggal 15 mei pukul 01.00, ketika saya nekat naik ke Kinahrejo dan bertemu dengan mbah Marijan, memang beliau kelihatannya selalu tenang dan senyum ketika mengajak saya mengobrol seputar merapi sebentar. Padahal dari tempat kita berdiri saja kelihatan dekat sekali, awan panas besar dan guguran lava terus-menerus menggelegar turun kebawah, dan sempat saya minta ijin untuk mengambil gambar beliau sekali, dimalam itu.

Ketika itu, di depan rumah mbah Marijan ada sekitar 5 orang penduduk asli sedang duduk melingkar kedalam, dan membicarakan tentang naik ke merapi dan ke pos II labuhan. Setelah menyapa sebentar dan mengobrol dengan Mbah, dan seorang teman pecinta alam, saya dan Ebi terus naik lagi untuk mengambil gambar guguran lava dari dekat sekitar 3 km dari kubah lava.

Karena saya sendiri juga adalah pengagum mbah Marijan, dan menyukai jiwanya yang , ramah, sederhana dan tak gentar dengan maut, yakin dan hanya pasrah dengan sang Pencipta. Ingin saya coba nanti malam untuk bertemu beliau lagi, dan mau menanyakan kapan lagi beliau akan melakukan tapa ritual sampai di pos II, atau bahkan ke puncak kendit. Saya akan ikut menemani beliau naik ke puncak merapi dan mencoba belajar memahami sisi pemikiran mistik beliau dan mencari makna, apa rahasianya kalau dijinkan Mbah, dan kemungkinan juga naik bersama 2 orang muritnya lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...