GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Break tujuh misteri Internet Cina

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 12 November 2010 | 19.21

Satu misteri: penilaian lebih rendah dari rekan-rekan global

Internet perusahaan Cina harga saham umumnya lebih rendah dari 40% dari semua perusahaan rekan sampai 60%. Menariknya, menurut perkiraan kami, tingkat pertumbuhan laba yang lebih tinggi daripada perusahaan-perusahaan AS yang sama (lihat Tabel 1).



Kami percaya bahwa perbedaan penilaian ini mungkin timbul karena alasan berikut:

Pertama, dibandingkan dengan ekonomi Internet lainnya, lanskap kompetitif China dapat berubah dengan cepat. Sebanding perusahaan di seluruh dunia, seperti eBay, Google, Yahoo dan Yahoo Jepang oleh hambatan berat untuk masuk dan daya saing inti di daerah masing-masing didominasi. Karena perusahaan memiliki pesaing mil di belakang, jadi di pasar saham adalah premium "terkemuka." Sebaliknya, sekarang internet di bidang yang adalah pemenang terakhir masih terlalu dini, karena persaingan yang ketat saat ini masih 10.

Kedua, Internet Cina kebijakan risiko yang dihadapi perusahaan lebih besar dari rekan-rekan internasional. Misalnya, paruh kedua tahun 2004, pemerintah tiba-tiba pemerintah bertanggung jawab untuk tiga operator telekomunikasi besar yang intermodulasi, yang seperti Pemerintah Amerika Serikat, Verizon Wireless, Sprint-Nextel dan Cingular presiden tentang pertukaran posisi masing-masing. Selain itu, operator mobile dapat disesuaikan di masa depan, penyedia layanan internet dengan program pembagian pendapatan.

Ketiga, Internet Cina telah dilanda oleh risiko operasional. Sebagai contoh, Sohu's layanan MMS (MMS) bisnis Zengyin penagihan pada kesalahan itu ditunda untuk satu tahun, respon suara interaktif Perusahaan (IVR) Zengyin layanan konten yang tidak sehat dan dihukum.

Keempat, investor internasional masih belum akrab dengan model bisnis internet Cina. layanan nirkabel Cina nilai tambah dan pertumbuhan game online pada jumlah dan pemimpin dunia, namun operasi ini tidak terlalu populer di Amerika Serikat, pada dasarnya tidak ada perusahaan yang terdaftar sebanding. Hal ini melaporkan bahwa sangat sedikit orang di Amerika Serikat mendengar nada dering nada dering, sedangkan di Cina, China Mobile's RBT sendiri mencapai 4400000000 pengguna.

Ketidakpastian ini meningkatkan premi risiko dan diskonto saham Internet Cina. Dalam jangka panjang, kami percaya bahwa premi risiko pada tren menurun, karena: pemerintah dan perusahaan milik negara akan belajar dari masa lalu, kebijakan yang lebih kondusif untuk perusahaan-perusahaan Internet; perusahaan Internet Cina mengoptimalkan mengkonsolidasikan bisnis mereka dan memimpin mereka status; investor luar negeri akan meningkatkan pemahaman mereka tentang ekonomi Internet Cina.

Misteri kedua: pendapatan yang sebenarnya lebih tinggi dari data yang dipublikasikan

Menurut perkiraan kami, pada tahun 2004 komposisi pendapatan industri SP, layanan nilai tambah nirkabel sampai dengan 7,7 juta (89% pertumbuhan tahunan), game online untuk 390.000.000 dolar AS (pertumbuhan tahunan sebesar 90%), iklan online adalah 2,2 juta (menurut meningkat sebesar 78%).

Kami berasumsi bahwa perusahaan Internet Cina mengumumkan pada tahun 2004 total pendapatan 1500-2000 juta dolar AS (termasuk e-commerce, pencarian dan layanan Internet lainnya), sedangkan pendapatan eBay untuk tahun 2004, 3,3 miliar, Google adalah 3,2 miliar, Yahoo 36 miliar. Namun, kami percaya bahwa angka-angka ini mungkin diterbitkan menyesatkan:

Menurut ekonom Morgan Stanley memperkirakan bahwa Amerika Serikat dan Cina dalam paritas daya beli (PPP) adalah sekitar 4,4 kali perbedaannya. Oleh karena itu, pendapatan industri Internet Cina, pada tahun 2004, menurut konversi PPP harus sama dengan 6,5-9000000000 dolar AS.

Menurut IDC memperkirakan, pada tahun 2003 game online setiap dolar pendapatan, laba pengali, atau rantai industri seluruh nilai dapat menghasilkan pendapatan, harus 11 kali (6 kali industri telekomunikasi, industri TI, tiga kali, media dan penerbitan dua kali). Menurut rasio ini pada tahun 2004, dan pendapatan yang berhubungan dengan game online sekitar 3500000000-45000000000 dolar.

Menurut perkiraan kami, pada tahun 2004 layanan nirkabel P2P nilai tambah pada layanan nilai tambah nirkabel mencapai sekitar 80% dari pendapatan keseluruhan bisnis nirkabel nilai tambah multiplier dari sekitar 5 sampai 6 (termasuk perangkat keras, perangkat lunak, broadband, transmisi dan biaya konten, dll). Dengan demikian, pada tahun 2004 dan laba usaha yang berhubungan dengan nilai tambah nirkabel harus lebih dari empat miliar menjadi $ 50000000000. Sebaliknya, China Mobile pada tahun 2004 dalam data nirkabel dan lain pendapatan usaha baru sekitar 3,8 miliar.

Kami percaya bahwa investor harus peduli tentang potensi pertumbuhan Internet di Cina, karena layanan nilai tambah nirkabel, game online dan iklan online mungkin 3 tahun ke depan, 25% sampai 40% senyawa laju pertumbuhan tahunan pertumbuhan pendapatan.

Misteri ketiga: marjin laba kotor jauh lebih tinggi daripada rekan-rekan global

Menurut perkiraan kami, tercantum perusahaan Internet Cina yang beroperasi di tahun 2004, marjin laba kotor rata-rata umumnya 30% sampai 40%, hampir dua kali lipat perusahaan rekan AS. Kami percaya bahwa biaya tenaga kerja murah adalah untuk mencapai seperti kunci marjin laba kotor yang tinggi. Menurut perkiraan kami, pada tahun 2004, biaya operasi, Ctrip adalah 8000 dolar AS per karyawan, Netease 2.700.000, termasuk dalam S & P 500 perusahaan adalah 7,3 juta, Microsoft adalah sekitar 30 juta.

Kami percaya bahwa biaya tenaga kerja tetap rendah. Namun, kita takut akan ada potensi di beberapa daerah biaya inflasi:

Kompetisi dapat mendorong biaya kompensasi. Sebagai contoh, EA (Electronic Arts) berencana untuk merekrut sekitar 500 pengembang game Cina. permainan pengembangan Netease untuk mempertahankan karyawan kunci, pembayaran tahunan untuk masing-masing sekitar 50 juta yuan.

harga real estat di beberapa daerah, khususnya di Shanghai, melonjak selama tiga tahun terakhir. Survei kami menunjukkan bahwa perusahaan Internet harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk merekrut dan mempertahankan bakat, karena Cina cenderung lebih suka bekerja di kota-kota dalam properti mereka sendiri.

Biaya pemasaran meningkat. Ninetowns telah menginvestasikan hampir 13 juta dolar AS pada biaya pemasaran dalam empat tahun ke depan untuk mempromosikan "gesekan dunia hewan", yang hampir satu game online tunggal umumnya 10 kali biaya pemasaran.

biaya konten dapat terus meningkat.

R & D biaya naik, karena Internet untuk perusahaan game online untuk meningkatkan produk (seperti Shanda, Netease dan Tencent) dan produk baru 2.5G/3G layanan nilai tambah nirkabel di dalam pembangunan.

Misteri dari 4: e-commerce akan lepas landas?

Kami percaya bahwa integritas, GDP per kapita, pembayaran, pengiriman / logistik dan kredit / tagihan adalah hambatan membatasi pengembangan e-commerce Cina. Dalam "Internet kami 2004 Cina Laporan", kami mencatat beberapa tren penting:

Menurut laporan CNNIC itu, pada tahun 2004 42% dari pelanggan online menggunakan pembayaran online, 16% pada tahun 2001.

Shanda dan Netease melalui sistem prabayar dan penjualan elektronik, dan pemain game online untuk membangun hubungan penagihan langsung. Di Cina, operator mobile mengontrol saluran 360.000.000 Cina pengguna mobile penagihan. Sebagian besar penyedia layanan nirkabel nilai tambah adalah penggunaan saluran ini pembayaran mobile untuk membayar, sehingga operator mobile akan dampak regulasi.

Perusahaan mengkhususkan diri dalam peningkatan pesat dalam pembayaran online. Misalnya YeePay berencana untuk meluncurkan tiga macam pilihan pembayaran baru, termasuk pembayaran SMS, telepon tetap dan pembayaran prabayar selular. SmartPay (Shanghai, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis untuk membayar perusahaan baru) adalah bank account user terhubung dengan nomor telepon, sehingga pengguna elektronik bisa membayar untuk produk dan jasa.

Alibaba / Taobao bekerja sama dengan beberapa bank domestik besar telah mengembangkan sistem pembayaran berbasis pada pihak ketiga host "Alipay", termasuk Bank Industri dan Komersial China dan China Merchants Bank. Taobao adalah sebagian besar transaksi diselesaikan dengan pembayaran harta karun.

Cina online sistem logistik perdagangan muncul dua kategori besar: persediaan dan sistem distribusi untuk mengintegrasikan model bisnis yang, ketika jaringan adalah contoh; tidak memiliki saham apapun dalam hal pengiriman terkendali model agen, misalnya, dijual Ctrip adalah ruang akomodasi hotel yang tepat dan tiket udara, tetapi tidak terus persediaan apapun.

April 2005 mengajarkan "Signature Elektronik Hukum", yang memungkinkan untuk tanda tangan elektronik dengan tanda tangan cetak sama dengan otoritas hukum dan tanggung jawab. Kami percaya bahwa ini akan membantu mengurangi penipuan online dan mempromosikan pengembangan sistem kredit Cina.

Misteri dari lima: Klik & Brick sering menang

Dari sudut pandang mikroskopik perusahaan Internet Cina, kita sering terkejut menemukan bahwa mereka lebih online dan offline bisnis kombinasi campuran, bukan entitas murni online. Kami percaya bahwa ini "klik Gaoua film" (Klik Plus Brick) model, yang paling cocok untuk Cina yang unik dan cepat berubah lingkungan pengembangan usaha.

Pertama, garis bisnis manfaat bagi pelanggan:

Ctrip memiliki sekitar 2.000 staf pusat panggilan menjual tiket dan kamar hotel. Menurut perkiraan kami, lebih dari 70% dari penjualan perusahaan berasal dari operasi baris.

Kami memperkirakan masa depan yang bersih-bebas khawatir 3 / 4 bagian pelanggan dengan kurang dari 50 karyawan UKM. Perusahaan-perusahaan ini umumnya tidak memiliki sumber daya manusia khusus, sehingga permintaan untuk cakupan penjualan intensif. Hasilnya, dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada tahun 2005, penjualan bersih dua kali lipat khawatir masa depan, dan berusaha untuk memberikan layanan kepada UKM.

Kedua, bisnis online sangat penting untuk promosi produk:

operator game online, seperti Shanda, Netease dan Ninetowns terus mengorganisir informasi situs di kafe internet konferensi dan kompetisi untuk mempromosikan permainan baru mereka. penyebaran Ctrip tim penjualan di bandara untuk memasarkan jasa mereka.

Ketiga, penjualan offline saluran sangat penting:

Shanda saat ini 300.000 outlet ritel melalui jenis penjualan kartu prabayar, Dangdang menggunakan jasa kurir pengiriman sepeda terkenal untuk pembeli, tiket pesawat di bandara Ctrip ke waktu pengiriman ke pelanggan dan penagihan.

Keempat, dengan hubungan erat antara mitra bisnis, Anda perlu kawat kerja berikutnya.

Seperti Sina dan TOM Online, di hampir semua provinsi di pengerahan tim penjualan lokal untuk lebih memperkuat kerjasama dengan operator selular hubungan antara kantor regional. Masa Depan kekhawatiran jaringan di 20 kota untuk menggunakan tim lokal mereka penjualan, bekerja sama dengan media lokal. Baidu, 3721, dan Alibaba, jaringan penjualan nasional untuk pelanggan dalam usaha kecil menengah dan menjual layanan logon Anda, pelanggan ini tidak pernah bisa mendapatkan online sebelum.

Kelima, pelayanan baris untuk mempertahankan pelanggan adalah penting.



Menurut Shanda mengatakan telah 280 perwakilan layanan pelanggan penuh-waktu, terhitung sekitar 20% dari total jumlah karyawan, penanganan rata-rata lebih dari 6.000 panggilan, lebih dari 1.500 e-mail, faks 800 dan 200 pengunjung. Pelanggan NetEase Service Center di antara sepuluh besar industri TI Cina, pusat layanan pelanggan.

JI Wei Dong (Richard Ji) (kiri) adalah wakil presiden bank investasi Morgan Stanley, bertanggung jawab untuk Greater China Media dan industri internet, investasi evaluasi dan rekomendasi. Mary Meeker (Mary Meeker) (kanan) adalah analis internet dunia di Morgan Stanley dan Co-pemimpin kelompok teknologi global.

Kami menemukan bahwa setelah telepon berdering nada pertama dalam waktu 5 sampai 10 detik Ctrip call centre dengan panggilan kontak. Dalam industri jasa-intensif dan kompetitif, layanan ini line untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi volatilitas pelanggan sangat penting.

Kami percaya bahwa perusahaan-perusahaan Internet Cina untuk menilai keberhasilan bisnis online, investor harus membayar lebih dari keprihatinan offline bisnis mereka.

Misteri enam: usaha milik negara baik sebagai hakim dan ketika seorang pemain

Di Cina, tidak boleh meremehkan peran BUMN. Dalam banyak kasus, mereka berdua-pembuat aturan, tetapi juga pemain utama.

Menurut perkiraan kami, nilai tambah nirkabel bisnis pendapatan China Mobile pada tahun 2004 tingkat kontribusi sekitar 16%. Pada tahun 2004, China Mobile layanan nilai tambah nirkabel memerlukan izin konten, untuk mengakhiri account idle, layanan pesan singkat (SMS) untuk bermigrasi ke platform penagihan baru, pengisian pelanggaran SP dihukum.

Kami percaya bahwa niat China Mobile ini tidak untuk menghambat perkembangan industri layanan nilai tambah nirkabel, layanan nilai tambah nirkabel telah menjadi mesin pertumbuhan yang paling kuat. Meskipun kami mendukung China Mobile SP inisiatif memperbaiki pelanggaran, namun kami yakin perusahaan bisa lebih transparan dan kooperatif cara untuk menangani insiden seperti itu, dalam rangka meminimalkan nirkabel muncul industri jasa bernilai tambah terpengaruh.

Juli 2005, China Mobile untuk mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan pendapatan dengan SP ke dalam transparansi program, yang menghilangkan banyak ketidakpastian di bidang ini. Menurut perkiraan kami, operator selular benar-benar memperoleh 70% hingga 80% atau lebih dari pendapatan layanan nilai tambah nirkabel, karena sebagian besar bisnis nilai tambah nirkabel P2P, dan SP, seperti TOM Online dan Sina, tidak bisa mendapatkan keuntungan dari.

Dalam jangka panjang, memperkuat kemitraan dengan SP dan SP insentif untuk bekerja keras demi kepentingan terbaik sejalan dengan China Mobile.

Tujuh dari misteri: perusahaan asing "menyesuaikan diri"

Meskipun peningkatan pesat dalam penyertaan modal asing di Cina, namun sejauh ini tanpa perusahaan-perusahaan Internet asing di Cina dengan sukses besar.

eBay eBay dalam menghadapi Alibaba / pasar Taobao dimana kompetisi telah menurun secara signifikan.

Agustus 2004, Amazon membeli Joyo itu, sebelum itu, Joyo adalah pemimpin belanja online di lalu lintas, namun berakhir pada bulan September 2005, lalu lintas hanya Joyo Dangdang 60% (menurut Alexa.com statistik).

Menurut Alexa.com, mengatakan dalam 6 bulan terakhir, lalu lintas Baidu telah hampir dua kali lipat, sedangkan November 2003 akuisisi Yahoo Cina pada 3721 masih biasa-biasa saja (harus dicatat bahwa pendiri asli 3.721 Yahoo Cina pada bulan Agustus kiri).

Ourgame (Ourgame.com) pada tahun setelah akuisisi oleh NHN, pemain game online di pasar terkemuka posisi digantikan oleh Tencent.

Kami percaya bahwa alasan utama atas kegagalan perusahaan-perusahaan ini adalah sebagai berikut:

Pertama, di Cina, regulator menetapkan ambang tinggi:

Tidak mengizinkan perusahaan asing yang beroperasi di game online Cina, jadi mereka harus menyediakan game online, mereka harus bekerja sama dengan perusahaan domestik. Inilah yang NCsoft dan aliansi Sina dan Universal / Blizzard NINETOWNS aliansi dengan salah satu alasan.

Perusahaan-perusahaan asing dalam menyediakan berita dan iklan online dibatasi. Kami merasa bahwa pemerintah dapat campur tangan khawatirkan adalah mengapa Yahoo tidak mulai dengan alasan utama untuk Sina, dan daya saing inti Sina pada pembentukan penyediaan berita.

Kedua, lingkungan operasi ketidakpastian, terutama dalam hubungan kerja dengan perusahaan milik negara, menghambat masuknya perusahaan asing. Sebagai contoh, kami belum melihat adanya perusahaan asing untuk menembus layanan nilai tambah nirkabel, layanan nilai tambah nirkabel sehingga jauh di bisnis internet Cina adalah kontribusi pendapatan terbesar. Kami percaya bahwa fenomena ini adalah akibat intervensi peraturan dan rasa takut bahwa perusahaan asing yang bergerak dengan operator selular akan sulit.

Ketiga, muatan lokal merupakan faktor kunci. Misalnya, selain asal-usul budaya serupa dari Korea / Jepang, game online dan "World of Warcraft", permainan yang asing di Cina sulit untuk sukses besar. Internet Lainnya aplikasi populer, seperti konten musik, tetapi juga perlu untuk memenuhi selera lokal. Jika benar-benar sejarah terulang, kami percaya bahwa perusahaan asing harus sama sebagai pendiri dari Dinasti Qing, untuk menyesuaikan diri dengan budaya lokal Cina, bukan ke arah lain. Dalam bisnis media tradisional, MTV alasan populer di Cina, karena setengah dari musik yang dihasilkan oleh muatan lokal.

Keempat, lokalisasi dari gaya penjualan dan jaringan distribusi sangat penting.

Kelima, yang paling lokal pendiri ekuitas setelah penjualan kepada mitra asing telah menjadi sangat kaya. Dapat dibayangkan keluar, karena kenyamanan ekonomi dan dari bos untuk mengubah status karyawan, mereka mungkin kehilangan rasa urgensi.

Keenam, struktur perusahaan yang kompleks anak perusahaan asing di Cina memperlambat kecepatan respon. anak perusahaan lokal di Cina, dan korespondensi antara markas AS dapat berlangsung beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, sementara pesaing domestik hanya beberapa jam dapat membuat keputusan bisnis yang sama. Perlu dicatat bahwa sangat sedikit orang yang bertanggung jawab atas perusahaan asing ke China (mungkin beberapa kali setahun), untuk memahami pasar Cina tidak cukup.

Ketujuh, memasuki Cina, sebagian besar perusahaan asing untuk mengirim penjualan sendiri dan staf pemasaran, dan akhirnya dikirim R & D personil. Dalam industri padat teknologi, seperti internet, penelitian dan pengembangan untuk mendukung dan mengoptimalkan produk dan jasa untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan penjualan sangat penting. Misalnya, di China, Internet, orang sering menemukan dengan Baidu dan Sohu dan pesaing lokal lainnya, di Amerika Serikat situs Web (misalnya Google) secara signifikan berkepanjangan.

Kedelapan, beberapa perusahaan asing menyadari bahwa mereka adalah orang paling cerdas di Cina untuk bersaing, dan kami berpikir bahwa orang-orang ini di Internet, "Yao Ming."

Kami percaya bahwa Alibaba dan eBay pertempuran antara deskripsi lengkap Internet asing di Cina menghadapi tantangan besar, tetapi juga untuk lebih membuktikan kami: yang kurang tergantung pada faktor-faktor lokal di perusahaan asing di Cina, kemungkinan keberhasilan lebih besar:

Seiring waktu, Google akan kemungkinan besar akan berhasil di Cina karena hasil yang sukses terutama didorong oleh teknologi dan skala. Sebagian besar hasil pencarian Cina sekarang terbatas ke Cina, tetapi berkembang dari waktu ke waktu, orang Cina secara bertahap ingin mendapatkan informasi terbaik, bukan yang terbaik informasi Cina, hasil pencarian akan semakin internasional. Perlu dicatat bahwa, Google diinvestasikan pada tahun 2004, 3,2 miliar belanja modal (seperti Baidu 300 juta), berusaha untuk "menyatukan organisasi informasi dunia, globalisasi dan menggunakan query."

eBay membuat layanan global, jika "asli", bukan jasa sendiri "non-pribumi" untuk memenuhi standar internasional, itu dapat meningkatkan pangsa pasar. Dalam jangka panjang, dapat eBay trading anda sendiri platform global yang memungkinkan pelanggan mengakses layanan bernilai tambah di Cina (pada kuartal pertama tahun 2005, eBay sekitar 15% transaksi adalah transaksi lintas batas).

Untuk konten lokal, layanan lokal atau logistik lokal daya sendiri atas rival domestik Cina, Yahoo dan Amazon menantang.

Dalam pandangan kami, Yahoo dan Alibaba aliansi baru-baru ini mungkin memiliki faktor-faktor positif berikut:

(1) dalam pencarian berbayar (3721 / 1 ditemukan), lelang online (TaoBao / 1pai) dan pasar B2B (Alibaba) untuk menghasilkan sinergi cross-selling, karena layanan ini terutama ditujukan untuk UKM.

(2) pembayaran harta untuk bisnis Yahoo di Cina, menyediakan saluran yang sangat dibutuhkan membayar.

(3) Yahoo dapat membantu Alibaba (saat ini eksportir online terbesar di dunia), dan Taobao untuk meningkatkan peluang perdagangan luar negeri.

(4) Alibaba manajemen tim yang berpengalaman, termasuk Ma dan kelompok orang di Yahoo menembus pasar lokal sangat menguntungkan.

Meskipun faktor-faktor yang menguntungkan, namun sejauh ini, hampir semua perusahaan internet asing memasuki Cina setelah kehilangan momentum pembangunan. Kita perlu menekankan di sini bahwa, pada Alibaba dan Yahoo, integrasi bisnis adalah kunci untuk nilai potensinya untuk mengeksplorasi.

Kami percaya bahwa perusahaan asing lain dalam muatan lokal, layanan lokal atau logistik lokal pada kekuatan sendiri atas pesaing domestik sangat sulit. (Pandangan mewakili pandangan, tidak berarti bahwa berdiri surat kabar)




0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...