GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang SmackDown: Menguak Rahasia-rahasia Tayangan SmackDown (Professional Wrestling)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 23 Februari 2014 | 13.35

is it real???
Masih ingat tahun 2005 di mana salah satu stasiun tv menayangkan acara gulat yang biasa disebut “SmackDown”? Waktu itu SmackDown memang ngehits banget, gue sendiri yang waktu itu masih SD juga suka banget nonton ini. Sebelum akhirnya dibanned karena memakan banyak korban, SmackDown adalah tayangan yang bisa membuat anak-anak rela begadang cuman untuk menonton acara ini. Tapi, gue nggak bakalan ngebahas tentang isu ini, gue cuman mau ngebahas tentang SmackDown itu sendiri. Sesuai dengan judulnya di sini gue bakal ngebahas kebenaran-kebenaran SmackDown, menjawab pertanyaan seperti “SmackDown itu beneran nggak sih?”. So, buat lo yang emang suka dan juga penasaran...this post is worth to read!

Oh ya, sebelum kita lanjut ada hal yang perlu gue luruskan terlebih dahulu. Ini tentang kebiasaan orang Indonesia yang suka menyebut hal-hal yang similar dalam satu istilah. Gue tegasin, yang gue bahas di sini adalah Professional Wrestling (Gulat Profesional) bukan SmackDown. 
Maksud ye? Iya, Pro Wrestling ini adalah perpaduan antara olahraga/gulat dan hiburan (sport entetainment) yang entah bagaimana orang indonesia selalu menyebutnya dengan istilah “smekdon”.  
Emangnya SmackDown itu apa sih? SmackDown adalah nama program TV mingguan dari sebuah perusahaan promosi Pro Wrestling di Amerika sono, nama coorperationnya adalah WWE.  
Trus kenapa orang indonesia bisa latah menyebutnya smekdon? Menurut analisa gue, sebelum tahun 2005 itu beberapa tahun sebelumnya RCTI (sekitar tahun 2000) juga pernah menayangkan program pro wrestling juga dari WWF(sekarang WWE). Waktu itu WWF punya dua program wrestling yaitu RAW dan SmackDown, sayangnya RCTI cuman berani membeli hak siar untuk SmackDown yang mana cuman secondary shownya, sementara prime shownya adalah RAW. Oleh karena waktu itu program SmackDown di indonesia juga ngehits (bahkan waktu itu ada jargonnya: "Smekdon Aaaarrrgh"), pastinya sangat meninggalkan kesan di masyarakat indonesia sehingga secara nggak langsung yang namanya acara gulat-gulatan pasti bakal disebut dengan istilah “smekdon”. Sama kayak kita beli air mineral di warung, mintanya Aqua tapi dikasihnya 2 Tang dan kita fine-fine aja.
Kalo begitu kenapa tadi di paragraf pertama sama judulnya ente pake kata “SmackDown”? Nggak papa kok, biar dari intronya tulisan ini keliatan menjual...hehe.  
Dasar penjilat!
Satu lagi, kalo ngomongin pro wrestling itu selalu identik dengan WWE. Alasannya simpel, karena WWE adalah the biggest wretling company, bukan hanya di Amrik tapi juga di dunia. Okeh, udah jelaskan? Emang nggak masalah sih kita mau nyebutnya apa aja, suka-suka, tapi kalo lo udah gabung di forum-forum dan lo masih nyebutnya dengan smekdon, itu enggak banget. So, mulai sekarang kita sebut aja Pro-Wrestling.
To the point...
Hal-hal Yang Sering Ditanyakan Mengenai Pro Wrestling, it’s Q&A time!!!
Q: penasaraaaan, itu berantemnya beneran nggak sih? Or... Is it fake?

http://cdn0.sbnation.com/imported_assets/1516203/SXJqamxYZE8zOXMx_o_edge-spears-jeff-hardy---wrestlemania-x-seven.jpg
asal tau aja dua orang ini ada di ketinggian 6 meter...
sebelum mereka jatuh
A: ini pertanyaan paling lumrah. Pro wrestling itu nggak ada yang fake. But... pro wrestling is scripted, pertandingan pro wrestling itu sudah diskenario. Jadi, mereka yang bergulat di atas ring sebelumnya udah tahu gerekan-gerakan apa saja yang akan dilakukan sehingga para wrestler ini bisa mengeksekusi move-move mereka dengan baik dan menciptakan match yang kelihatan real. Kalo mau dianalogikan sih kayak kita nonton film action di mana semua gerakannya udah dikoreografikan dengan matang. Yang membedakan pro wrestling dengan film action adalah kalo terjadi kesalahan dalam syuting film, masih bisa diulang dan hasilnya bisa bagus juga kerena diedit, sementara mereka yang bertanding di ring mempraktekkannya langsung sehingga kalo gagal atau terjadi kecelakaan penonton bisa langsung melihatnya. Oh ya, di skenario pun udah di tentukan semuanya, seperti durasi dan siapa yang menang siapa yang kalahnya (booking). 
So, sekali lagi gue tegasin: pro wrestling is not fake, it is scripted.
Q: kok ada wrestler yang mau aja nerima skenario untuk kalah?
A: yaaaa kenapa enggak? Namanya juga sport entertainment masbro, kalo ada skenario berarti harus ada pemerannya juga dong dan mereka para wrestlerlah yang menjadi aktornya. Jadi nggak usah heran kalo ada wrestler yang hampir setiap main nggak pernah menang, ya karena dia dibayar untuk kalah. Selama dia digaji dan gajinya tinggi, why not? Sukur-sukur kalo dia bisa menyajikan match yang berkualitas dan menghibur fans, soalnya ada wrestler yang bergulat karena passion dan ada juga yang bergulat untuk mencari nafkah.
 
@FACEZiggler bergulat buat bayar tagihan?
Q: matchnya kan udah diskenario tuh, berarti nggak sakit dong?
 
 
A: alasan kenapa dalam film action harus ada stuntman karena untuk mengindari pemain utamanya mengalami cidera kan? Kalo para wrestler, mereka adalah stuntman untuk diri mereka sendiri. Jadi meskipun scripted, pukul-pukulan, piting-pitingan dan banting-bantingannya itu beneran dan itu sakit. Walaupun sesama wrestler nggak ada niat untuk saling melukai, tapi resiko kecelakaan itu selalu ada. Bahkan ada yang bilang kalo seorang wrestler selama karirnya minimal pernah mengalami satu cidera yang parah. Nggak sedikit juga dari mereka yang harus berhenti bergulat karena cidera, contohnya adalah Stone Cold Steve Austin yang harus pensiun dini karena lehernya patah saat bertanding. Masalah serius juga sempet melanda WWE karena dalam beberapa bulan terakhir banyak rosternya yang mengalami gegar otak (Fandango, Tamina Snuka, Dolph Ziggler). Itulah seni dari pro wrestling, di mana para wrestler rela mengorbankan tubuh dan bahkan nyawa mereka demi menghibur para fans. Tapi ada juga loh cidera bohongan atau sebenernya cideranya nggak seberapa tapi dibesar-besarin, itu adalah kerjaan tim kreatifnya untuk kepentingan drama/storyline.
Ingat, professional westling is sport entertainment.
Q: ohh begitu, kalo darahnya betulan nggak tuh?
A: istilahnya disebut ‘busted open’. Di kebanyakan match yang di scriptnya harus memperlihatkan darah, memang darah tersebut asli tapi nggak selalu akibat dari serangan dari wrestler lain. Biasanya mereka melukai diri sendiri dengan cara menyayat dahi menggunakan silet atau benda tajam lainnya. Kenapa harus dahi? Karena di situ terdapat pembuluh darah yang kalo kegores sedikit saja bisa mengeluarkan darah yang melimpah, dan kalo disayat sedikiiiiit lebih dalam lagi ane jamin muka ente bisa jadi merah semua. Selain dengan silet masih banyak lagi trik-trik untuk busted open ini seperti dengan memakai kapsul yang isinya darah, sehingga wrestler nggak perlu nyilet-nyilet jidatnya lagi. Nah meskipun luka bohongan WWE tetap mementingkan ekslusifitas, jadi katanya sih WWE nggak pernah pake darah palsu (contoh: saos), yang ada di dalam kapsul itu kalo nggak darah manusia ya darah hewan.
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ38DdklDpAO30H6dOt4olZf6iN9TapeN8FKHW9_5yrJkCcbB0tZQ
mandi kembang #aselole
Well, meskipun banyak triknya nggak menutup kemungkinan kalo seorang wrestler busted open betulan nggak dibuat-buat, alias karena kecelakaan. Contohnya, waktu event PPV Money In The Bank kemarin, salah satu WWE Superstar, CM Punk kepalanya bocor karena nggak sengaja terbentur tangga dan itu murni kecelakaan. It’s damn real, bro! Beda lagi dengan Hardcore match yang tujuannya memang ingin mempertontonkan darah, biasanya para wrestler minum obat penghilang rasa sakit terlebih dahulu sebelum bermain. Kalo lo termasuk fans wrestling yang haus darah tulis aja keyword ini di youtube “Combat Zone Wrestling/CZW” it’s cool!!!
https://sphotos-b.xx.fbcdn.net/hphotos-ash4/p480x480/1069811_486550501426587_1099996392_n.jpg
CM Punk & RVD, ladder match victims
Q: serius.. ini wasitnya kok tolol-tolol banget sih?
A: sering banget kan kita liat ada wrestler yang menang karena curang memukul lawannya dengan benda dan entah bagaimana wasit tidak melihat (dalam rules umum, wrestler yang menggunakan benda/objek akan kalah didiskualifikasi). Ngeselin kan? Dan anehnya kejadian seperti itu selalu saja terjadi seolah-olah para wasit ini nggak pernah belajar dari kesalahannya. Well, nggak kayak di olahraga lain, dalam pro wrestling wasit adalah bagian dari pertunjukan (ada kaitannya dengan skenario). Jadi para wasit ini memang diset untuk terlihat tidak kompeten dengan tujuan untuk menciptakan drama dalam sebuah match. haha.. kadang kebodohan wasit wrestling itu bisa mengudang tawa bisa juga menjengkelkan. Selain itu, wasit juga berguna sebagai ‘alat komunikasi’ bagi para wrestler kalo lawannya cidera sehingga dia bisa lebih berhati-hati. Wasit juga bertanggung jawab memberitahu wrestler kalo misalkan ending dari matchnya harus diubah, berdasarkan instruksi tim kreatif di backstage yang mumbuat skenarionya (wasit memakai alat komunikasi di kuping).
Berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya, kadang wasit jugalah yang memberikan silet dan kapsul darah ke para pemain. What a job, man!
Q: tapi kalo mereka yang berantem sampe dendam kesumat begitu gimana? trus sesama wrestler apakah mereka menjalin hubungan/temenan di luar ring?
A: mereka yang sampe dendam-dendaman atau rival-rivalan (istilahnya disebut ‘feud’) sebenernya cuman buat kepentingan storyline aja sih. Supaya kalo nanti berantem di ring jadi lebih greget, lebih kerasa gitu. Biasanya nih, feud terjadi antara wrestler yang memerankan tokoh jahat dan baik, kayak drama ada antagonis dan protagonis di mana yang jahat suka ngebully yang baik. Meskipun mereka musuh bebuyutan di ring bukan berarti di kehidupan nyata juga begitu, malah kebanyakan mereka yang lagi feud justru in real life adalah temen baik dan akhirnya berhasil menciptakan pertandingan yang berkualitas karena udah kenal satu sama lain. Nah kalo kita nonton di RAW/SmackDown ada juga kan wrestler yang pacaran gitu, padahal aslinya status mereka hanya sesama employee WWE yang berteman bahkan ada yang udah punya pasangannya masing-masing. Trus kok mau aja sampe cium-ciuman gitu? Yaah, selain untuk bergulat mereka juga digaji untuk hal-hal semacam itu.
http://www.allwrestlingnews.com/wp-content/uploads/2013/07/Rare-Photo-fo-the-Old-WWE-Locker-Room-Hanging-Out1-495x500.jpg
roster WWE lagi hang out bareng
Q: okey okey, i get it... jadi pro wrestling is all about entertainment (and sport, of course!), ada gulat, ada drama, ada script, ada tim kreatif, ada silet, ada stroyline dan wasitnya nggak sebego yang selama ini gue pikir. Jadi gue salah dong selama ini percaya kalo Jeff Hardy, Eddie Guerrero, Chris Benoit meninggal gara-gara wrestling?
A: yup! Jangan langsung percaya sama rumor-rumor yang beredar kayaak begitu. Jeff Hardy sama Eddie Guerrero termasuk wrestler yang diisukan meninggal gara-gara bergulat, nyatanya Jeff Hardy masih hidup dan alasan dia nggak bertanding lagi di WWE karena dia udah pindah ke company sebelah (TNA), sedangkan Eddie Guerrero memang sudah wafat tapi bukan karena bergulat melainkan karena penyakit gagal jantung. Sementara itu Chris Benoit meninggal karena kasus pembunuhan dan suicide. Dalam sejarah WWE belum pernah ada satu wrestlerpun yang meninggal di saat bergulat, satu-satunya yang meninggal saat show adalah Owen Hart. Saudara kandung dari Bret Hart ini meninggal karena jatuh dari ketinggian 24 meter saat dia sedang melakukan entrancenya.
Begitulah.. Sebagai olahraga yang tidak pasti, professional wrestling itu penuh dengan misteri bung! Para WWE superstar lainnya yang sudah wafat seperti Andre the Giant, Umaga, Test, John Cena dan lain lain kebanyakan meninggal karena isu kesehatan. Intinya, kalo denger berita-berita kayak begitu, cek dululah kebenarannya. If God doesn’t give you the answer, ask Google!
*sorry John, i’m just kidding :P


Kesimpulan 

Emmm... kesimpulannya, apa ya? ya gitu deh. Pokoknya sescripted apapun wrestling, semiring apapun orang berkomentar tentang olahraga ini, gue akan selalu suka. Karena Pro wrestling adalah satu-satunya olahraga yang meskipun itu scripted dan penuh drama tapi cideranya itu nyata. Makanya gue salut banget sema para wrestler karena mereka adalah orang yang berdedikasi pada pekerjaan mereka, they sacrifice their bodies and lives just to entertain us. What? Lo nggak berharap mereka saling matahin tangan lawannya betulan kan?
Okeh, gue rasa cukup untuk hari ini. Buat lo yang masih haus tentang informasi-informasi seputar pro wrestling, tenang aja gue bakal kembali dengan artikel lainnya yang membahas tentang olahraga ini. So, pantau terus ya blog gue. Oh ya, kalo masih penasaran join aja lagi forum-forum fans pro-wres, banyak kok mau yang luar negeri atau yang lokal juga ada. Kalo gue sih aktif aktif di sub forum kaskus pro wrestling. Gue juga saranin lo untuk join group IndoWF di facebook or follow twitter.
 
http://canyouhealme.blogspot.com/2013/07/Professional-Wrestling-All-About.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...