GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sisi Lain: Kerja di Jepang, enak gaji besar?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 23 Januari 2014 | 21.59

“Kerja di Jepang enak, ya, pasti gajinya besar, ya?”.
“Enak ya, enggak susah hidupnya, kan suami gajinya besar. “
“Cariin kerja di sana, dong!”.
Errr, omongan-omongan seperti ini sering banget hinggap di telinga saya. Suami saya memang kerja di salah satu perusahaan Jepang. Kalau kamu tanya saya, gaji orang yang kerja di Jepang itu besar atau tidak, kalau pakai ukuran Indonesia saya akan jawab, memang besar. Tapi kalau bicara tentang standar Jepang, biasa saja, karena biaya hidup di sini juga terbilang cukup tinggi.
Jika saya balik bertanya, memang berapa sih menurutmu “besarnya” itu? Ada salah satu teman saya bilang, 50 juta rupiah per bulan! Doeeng! Wow, saya sendiri kaget dengan nominal segitu. Hmm… sambil mengurut dada, saya coba jelaskan ya. :)
pekerja


Perlu kamu tahu, gaji karyawan di Jepang berkisar antara 200-250 ribu yen per bulan. Kalau di-rupiahkan sekitar 20-25 juta. Ada juga sih yang katanya sampai 300-400 ribu yen (30-40 juta rupiah), tapi itu yang lembur gila-gilaan. Mungkin satu hari ia bisa kerja hampir 24 jam! Oh, God,  bisa dibayangkan sendiri.
“Tapi, gaji 20 juta per bulan kan besar juga.”. Ya memang, kalau uang itu dibawa ke Indonesia dan dihabiskan di sana memang besar. Tapi jika dibelanjakan di Jepang, jatuhnya biasa saja. Malah prihatin, mengingat kami orang asing yang masih harus menyisihkan tabungan untuk masa depan.
Mari saya kasih gambaran kasarnya. Misal gaji 20 juta, itu masih kena potongan loh (pajak, asuransi, pensiun, dll). Taruhlah bersihnya ia pulang membawa 16 juta setelah dipotong ini itu (wow, potongannya gede juga ya? hihi). Trus bayar apato (kontrakan) rata-rata 4 juta-an, listrik, air, gas, telpon, internet (kira-kira 1,5-2 juta). Sisa 10 juta-an. Uang makan? Lima juta sebulan mungkin udah sangat mepet untuk ukuran 2 orang dewasa dan 1 balita, dengan catatan enggak sering jajan di luar. Semua harus super iriiiit. Masih sisa 5 juta untuk nabung dan jaga-jaga di rekening demi kelangsungan masa depan.
Tapi istri bisa membantu bekerja kok. FYI, visa dependent (keluarga) dan pelajar, bisa apply kerja di Jepang. Dengan catatan statusnya pekerja part-time. Jam kerjanya dibatasi satu hari 4 jam. Ini aturan imigrasi Jepang. Kalau bandel, nekad kerja melebihi jam tersebut, ya resiko ditanggung sendiri. Kalau sewaktu-waktu ketahuan pihak imigrasi, bisa kena masalah, bahkan deportasi. Enggak mau kan kerja tapi perasaan enggak tenang?
Kerja part-time (baito) biasanya digaji per jam, besarnya tergantung pekerjaannya. Biasanya sih sekitar 700-1000 yen per jam (70-100 ribu rupiah). Satu bulan bisa ngantongin 50-70 ribu yen (5-7 juta rupiah).
Lumayan… eit, jangan buru-buru dihambur-hamburkan. Kalau suami istri kerja, otomatis anak harus masuk tempat penitipan (daycare). Kalau bisa sih masuk daycare milik pemerintah supaya biaya lebih murah. Tapi, jika terpaksa harus masuk daycare swasta, perkiraan biaya sekitar 40-50 ribu yen (4-5 juta rupiah). Huaaa..a.. sama aja dong. Gaji ibu habis ke situ semua. T.T
See? Masih berpikir gaji kerja di Jepang besar? Kalau mau lebih jelas lagi, silakan cek di sini. PPI Chiba blak-blakan bicara soal biaya hidup di Jepang. Bisa juga baca di sini.
Kalau menuruti nafsu, gaji berapa pun enggak akan pernah cukup. Pasti kurang terus. Tapi kalau kita bersifat qana’ah alias merasa cukup dan bersyukur atas rejeki yang diterima, in sha Allah akan dicukupkan. Aamiin. :)
Begitulah, sedikit gambaran tentang bekerja dan biaya hidup di Jepang. Setelah baca ini, jangan jadi ciut ya. Saya kasih bocoran deh, kalau kamu kerja di Jepang dengan status karyawan tetap (seishain), kamu akan dapat bonus dua kali setahun. Biasanya sih bulan Juli dan Desember. Jumlahnya ini yang lumayan besar. Tergantung perusahaan sih, biasanya sekitar 300ribu yen (30 juta rupiah). Kurang lebih ya. Kalau satu tahun berarti dapat 60 juta. Lebih dari cukup kan kalau buat nabung untuk bangun istana di Indonesia nanti. Hehehe, aamiin.
So, udah enggak penasaran lagi kan?
http://catatanmamanisa.wordpress.com/2013/08/18/kerja-di-jepang-enak-gaji-besar/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...