GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Artikel Islami Penerang Jiwa: BUAH ILMU ADALAH AMAL

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 24 Januari 2014 | 13.56

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz
ثمرة العلم العمل
1. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu berkata: “Wahai segenap manusia, pelajarilah ilmu (syar’i). Barangsiapa yang telah berilmu, maka hendaknya ia mengamalkannya.”
2. Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata: “Perumpamaan ilmu yg tidak diamalkan bagaikan harta simpanan yang tidak diinfakkan darinya di jalan Allah ‘azza wa jalla.” (Lihat Iqtidho’ Al-’Ilmi Al-’Amal, karya Al-Khothib Al-Baghdadi, hal.24).
3. Abu Darda’ radhiyallahu anhu berkata: “Sesungguhnya sesuatu yg paling aku takutkan ialah apabila aku berdiri pada hari Kiamat untuk dilakukan penghitungan amalan, akan dikatakan (oleh Allah) kepadaku; “Engkau telah berilmu, lalu apa yg telah engkau amalkan dengan ilmumu?”.
4. Abu Darda’ radhiyallahu anhu juga berkata: “Engkau tidaklah menjadi seorang yg berilmu sehingga engkau mengamalkan ilmumu.” (Lihat Akhlaq A-’Ulama, karya Al-Ajurry, hal.58).
5. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu berkata: “Aku mengira bahwa seseorang lupa akan ilmu yg telah dipelajarinya itu disebabkan dosa yg diperbuatnya.” (Lihat Iqtidho’ Al-’Ilmi Al-’Amal, karya Al-Khothib Al-Baghdadi, hal.61).
6. Abdullah bin Al-Mu’taz rahimahullah berkata: “Ilmunya orang munafik (hanya nampak) pada perkataannya. Sedangkan ilmunya orang mukmin (terlihat) pada amal perbuatannya.”
7. Beliau juga berkata: “Ilmu tanpa amalan bagaikan pohon tanpa buah.” (Lihat Iqtidho’ Al-’Ilmi Al-’Amal, karya Al-Khothib Al-Baghdadi, hal.37-38).
8. Asy-Sya’bi rahimahullah berkata: “Kami bukanlah para ulama yg faqih (paham tentang agama). Kami hanyalah orang-orang yg mendengarkan hadits, lalu meriwayatkannya. Akan tetapi, orang-orang yg faqih (paham tentang agama) dengan sebenarnya adalah orang-orang yang apabila telah memahami suatu ilmu, mereka mengamalkannya.” (Lihat Iqtidho’ Al-’Ilmi Al-’Amal, karya Al-Khothib Al-Baghdadi, hal.79).
9. Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata: “Ilmu (syar’i) itu jika tidak memberikan manfaat kepadamu, niscaya ia akan memberikan mudhorot (bahaya) kepadamu.”
10. Al-Khothib Al-Baghdadi rahimahullah mengomentari perkataan Sufyan bin Uyainah di atas dengan mengatakan, “maksud beliau adalah apabila ilmu itu tidak bermanfaat bagi (pemilik)nya dengan mengamalkannya, maka ilmunya akan bermudhorot baginya disebabkan ia akan menjadi hujjah yang membinasakannya (pada hari Kiamat, pent).” (Lihat Iqtidho’ Al-’Ilmi Al-’Amal, karya Al-Khothib Al-Baghdadi, hal.56).
11. Al-Fudhoil bin ‘Iyadh rahimahullah berkata: “Orang-orang yg berilmu (yakni para ulama) itu banyak. Sedangkan orang-orang yg bijak (yakni ahli hikmah) itu sedikit. Dan tidaklah diinginkan dari ilmu melainkan (tumbuhnya) sikap hikmah (bijak). Maka barangsiapa diberi hikmah (oleh Allah), berarti ia telah diberi kebaikan yg banyak.”
12. Imam Al-Ajurry rahimahullah mengomentari perkataan Al-Fudhoil bin ‘Iyadh rahimahullah di atas dengan mengatakan, “maksud beliau (Al-Fudhoil bin ‘Iyadh) ialah betapa sedikitnya para ulama yang menjaga ilmunya dari (fitnah/godaan) dunia dan mencari (keselamatan) akhirat dengan ilmunya. Dan kebanyakan para ulama telah terfitnah oleh ilmunya (dengan menjadikannya sebagai sarana meraih kemewahan dunia, pent). Sementara ahli hikmah (orang-orang yg bijak) sangatlah sedikit. Jadi, seakan-akan beliau hendak mengatakan; “Betapa mulia n wibawanya orang-orang yang mencari (keselamatan) akhirat dengan ilmunya.” (Lihat Akhlaq A-’Ulama, karya Al-Ajurry, hal.65).
Demikian beberapa atsar (perkataan) para ulama salafus-sholih dari kalangan sahabat, tabi’in dan para ulama sunnah sesudahnya yg menerangkan bahwa Buah n Zakatnya ilmu adalah Amal. Smg menjadi ilmu yg bermanfaat bagi kita semua. (Klaten, 31 Maret 2013)
(Sumber: BlackBerry Group Majlis Hadits, chat room Faedah & Mau’izhoh Hasanah. PIN: 2987565B)
http://abufawaz.wordpress.com/2013/04/02/buah-ilmu-adalah-amal/#more-1427

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...