GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tulisan Inspirasi: Berhentilah Mengeluh !

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 19 Januari 2014 | 20.31


Kita sebagai manusia pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan mengeluh. Mengeluh karena banyaknya masalah hidup yang kita hadapi, mengeluh karena sulitnya perekonomian, kurangnya rezeki, mengeluh karena hal-hal sepele seperti lapar, haus, panas, dingin, dan sebagainya. Memang manusia itu gampang sekali berkeluh kesah. Hampir setiap hari kita mendengar keluh kesah dari orang-orang disekitar kita ataupun bahkan dari diri kita sendiri. Entah dari hal-hal yang sepele hingga hal-hal yang kita anggap berat.
Sikap mengeluh secara kita tidak sadari menunjukkan sikap kekerdilan jiwa dan mencari pembenaran sendiri. Biasanya orang yang mengeluh akan mencari penyebab permasalahannya. Padahal tanpa disadari masalah itu muncul dari diri mereka sendiri, bukan orang lain.
Islam mengajarkan kepada umatnya agar tidak berkeluh kesah mengenai masalah / ujian yang dihadapinya. Karena dalam hidup ini tidak mungkin hanya datar-datar saja, pasti ada naik turun, senang duka, ujian dan nikmat. Oleh karena itu kenapa kita harus mengeluh ? karena hal itu pasti akan terjadi dalam kehidupan semua manusia yang hidup di dunia termasuk kita.
Sikap mengeluh dalam diri mencerminkan sikap seperti anak-anak yang selalu ingin dimanja terus, seolah-olah kita tidak terima atas takdir Allah yang Dia berikan kepada kita. Mengeluh juga menunjukkan seolah-olah kita menyalahkan Allah sebagai Sang Maha Pengatur atas segala kehidupan ini.
Mengeluh sebenarnya sah-sah saja sebagai sifat manusiawi kita, tetapi jangan sampai kita terlarut dalam keluh kesah kita karena hal itu dapat meracuni hati dan pikiran kita. Daripada kita membuang-buang tenaga untuk mengeluh lebih baik kita gunakan tenaga itu untuk menyelesaikannya atau melakukan kegiatan positif yang membuat kita lupa atas masalah yang kita hadapi.
Berikut ini ada tips buat kalian bagaimana agar kita tidak menjadi orang yang pengeluh :
  1. Lihatlah masalah yang kita hadapi ini sebagai tantangan yang harus kita hadapi dengan baik.
  2. Terima keadaan yang anda sekarang dengan besar hati lalu carilah solusi untuk menyelesaikannya.
  3. Buka pikiran kita untuk menerima ide-ide yang baru dari lingkungan, seperti mengikuti kegiatan-kegiatan yang positive.
  4. Segera hilangkan pikiran negative yang muncul di benak kita.
  5. Selalu berbicara dengan gaya bahasa yang positive, sehingga kita terbiasa untuk tidak mengeluh.
  6. Syukuri apa yang ada dalam hidupmu, karena itulah yang terbaik bagimu.
  7. Terakhir tersenyumlah atas masalah yang dihadapi ^_^. Karena dengan tersenyum secara tidak langsung akan memunculkan aura positive dalam diri kita yang tentunya tidak disukai oleh pikiran negative seperti mengeluh. Tersenyum dan pikirkan hal-hal yang positive ^_^. Insyaallah kalian akan menjadi orang yang lebih baik lagi. *Amiin
http://healthwithislam.blogspot.com/2013/05/kenapa-harus-mengeluh.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...