GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Merenung Sejenak: (Kita) Hidup Dalam Ketidakpastian

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 26 Maret 2013 | 21.10

http://robyria.files.wordpress.com/2011/12/man-thinking.jpgSudah berapa lama kita hidup di dunia ini? Sepuluh tahun? Lima belas tahun? Tiga puluh tahun? Enam puluh tahu? Entahlah, tapi saya baru hidup sekitar 17 tahun di dunia ini.
Saya ingin berbagi opini saya mengenai hidup yang saya jalani. Mungkin bila ada yang beranggapan “masih muda aja udah belagu ngajari yang lebih tua”, saya bisa memakluminya. Namun, apakah umur menjadi penghalang bagi seseorang untuk berbagi dengan orang lain? Tentu tidak.
Baru tadi pagi ketika saya mendengarkan khotbah Sholat Idul Fitri di sekolah dasar saya dahulu bermandikan sinar matahari yang memberikan rasa hangat, saya menyadari mengenai apa yang saya tulis sekarang ini. Ya, tentang kehidupan bahwa kita sering kali hidup dalam ketidakpastian. Mengapa saya menyebutnya seringkali? Saya tidak menyebut selalu hidup dalam ketidak pastian karena memang ada juga hal yang pasti dalam hidup ini seperti kematian.
Wahai teman, pernahkah anda menyadari bahwa banyak sekali ketidakpastian dalam hidup ini? “Saya adalah orang paling hebat dalam membuat rencana sehingga semua akan pasti“ mungkin ada orang yang berkata demikian ketika membaca tulisan ini. Namun, apakah kita memang benar-benar bisa memastikan sesuatu akan terjadi atau tidak? Sebagai contoh, seyakin apakah anda dan apakah anda bisa memastikan bahwa besok anda masih hidup? Bisakah anda memastikan satu jam lagi malaikat pencabut nyawa tidak menghampiri anda? Who knows. Kita sering hidup dalam ketidakpastian.
Oke, mungkin ada yang menganggap contoh saya terlalu berlebihan. Kalau begitu, silahkan cermati contoh saya setelah ini. Anda punya pacar? Berapa lama anda telah menjalin hubungan? Apakah anda bisa memastikan bahwa dia akan jadi pendamping hidup anda? Masih belum terjawab. Anggaplah kedua orang tua masing-masing telah tahu dan merestui hubungan anda sekalian dan telah menentukan tanggal pernikahan, tapi apakah anda bisa memastikan hal itu pasti terjadi? Bisa saja sehari sebelum tanggal tersebut pasangan anda dipanggil oleh Tuhan, who knows. Kita sering hidup dalam ketidakpastian.
Lho, kalau begitu untuk apa saya berencana dan berusaha mas? Sia-siang dong semuanya. Tenang dulu, jangan terbawa emosi, saya tidak bilang bahwa usaha yang dilakukan itu sia-sia. Tidak ada usaha yang sia-sia, itulah yang saya yakini. Sekecil apapun usaha yang dilakukan, pasti akan ada hasilnya. Dalam hal ini, usaha akan memperkecil ketidak pastian akan suatu hal. Sebagai contoh, anda berencana menikah tanggal sekian dan untuk menjaga agar acara anda dapat berlangsun, anda lebih berhati-hati dalam menjalani hari. Akibatnya, kemungkinan untuk tetep ON dalam acara tersebut semakin besar, acara tersebut semakin mungkin terjadi bukan?
Mas tadi bilang suaha bisa memperkecil ketidakpastian, tapi ken tetep tidak pasti mas, Memang benar bila usaha memperkecil ketidakpastian, oleh karenanya diperlukan langkah terakhir yaitu berdoa. Dengan berdoa, ketidak pastian tersebut menjadi semakin kecil, siapa lagi yang berkuasa atas dunia dan isinya bila bukan Tuhan semesta alam. Sekeras apapun kita berusaha bila Tuhan tidak mengizinkan, maka semua akan sia-sia, hal itu tak akan terjadi, begitulah keyakinan yang saya miliki.
Hidup dalam ketidakpastian dan hidup dengan segala macam harapan.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...