GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Kisah Musisi yang Menjual Jiwa Pada Setan di Crossroads

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 28 Maret 2013 | 20.52

13437138251499788797
Crossroads Blues foto downatthecrossroads.wordpress.com
Mitos Crossroads
Dikesunyian malam seorang pemuda dengan gitar ditangannya tampak gelisah menunggu seseorang di crossroads. Tekadnya yang kuat untuk menjadi musisi Blues terhebat telah mengurangi rasa takutnya. Lewat tengah malam seorang pria berbadan besar berjalan kearahnya, mengambil gitar sipemuda itu, menyetem dan memainkan beberapa lagu yang belum pernah dimainkan siapapun lalu mengembalikan gitarnya kemudian menghilang dalam kegelapan malam. Konon pria berbadan besar itu adalah setan Crossroads. Pemuda itu merelakan dirinya jadi tumbal  dan sang Setan membantu mewujudkan mimpinya jadi musisi terkenal. Kisah ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya, tapi mitos Crossroads bagaikan kisah nyata yang jadi legenda dikalangan musisi Blues dan Rock.
Kisah Robert Johnson
1343718075618559619
Robert Johnson foto americanbluesscene.com
Sebagian orang  percaya kisah mistis crossroads dan pemuda yang diduga menjual jiwanya pada setan itu adalah Robert Leroy Johnson lahir 8 May, 1911 di Hazlehurz,Mississipi. Kala Robert remaja, ada seorang gitaris dan penyanyi blues bernama Son House, kemanapun dia pergi Johson selalu ikut dan berusaha bermain gitar sebaik Son House tapi gagal karena Robert pemain gitar yang buruk. Suatu saat Robert menghilang selama 6 bulan dan ketika dia kembali kekotanya, Son House terkejut dengan kemampuan bermain gitar Robert yang meningkat drastis dan membuatnya kagum. Son House menganggap itu sebagai keajaiban.
Sejak itu timbul gossip Robert menjual jiwa pada setan apalagi ada beberapa lagunya yang seolah mencerminkan pemujaan dan pengorbanan terhadap setan. Tapi ada juga yang mengatakan dia belajar gitar pada Isaiah Zimerman seorang gitaris handal zaman itu. Karir Johson mulai menanjak, dia sering konser diberbagai kota dan sempat membuat album rekaman.  Sayang karirnya tergolong singkat tgl 16 Agustus 1938 dia meninggal diusia 27 tahun penyebab kematiannya tidak diketahui. Karya Robert Johnson dinilai sebagai masterpiece dan mempengaruhi banyak musisi Rock dan Blues. Eric Clapton menyebutnya sebagai musisi blues terhebat yang pernah ada. Tahun 2008 majalah Rolling Stone menempatkan dia diposisi kelima dari 100 gitaris terhebat sepanjang masa.
Dimana Crossroads berada?
1343713947165346398
Tommy Johnson americanbluesscene.com
Sebelum gossip tentang Robert Johnson menjual jiwa pada setan, ada seorang musisi Blues legendaries lainnya bernama Tommy Johnson (lahir tahun 1896) Walaupun Tommy tidak setenar Robert Johnson tapi dia adalah salah seorang gitaris Blues hebat dimasanya dia sering bermain gitar dengan tehnik tinggi diselingi gaya akrobatik yang sulit ditiru gitaris lain. Masyarakat kulit hitam masa itu percaya Tommy menjual jiwanya pada setan karena dia pernah berkata
“If you want to learn how to make songs yourself, you take your guitar and you go to where the road crosses that way, where a crossroads is. Get there be sure to get there just a little ‘ fore 12 that night so you know you’ll be there. You have your guitar and be playing a piece there by yourself…A big black man will walk up there and take your guitar and he’ll tune it. And then he’ll play a piece and hand it back to you. That’s the way I learned to play anything I want.” - Tommy Johnson-
Hingga saat ini tidak ada yang bisa memastikan dimana tepatnya posisi Crossroads yang dimaksud dalam legenda itu. Sebagian masyarakat percaya Crossroads ada di Clarksdale dimana jalan 61 dan 49 bersimpangan.
13437142041676656602
Crossroads antara jalan 61 dan 49 foto news.cnet.com
Tapi Eric Clapton musisi terkenal, mengatakan bahwa Crossroads yang dimaksud ada di  Rosedale, MS, dimana jalan raya 1 dan 8 bersimpangan.
1343714367396218713
Crossroads di Rosedale foto, thecabinet.com
Sebagian masyarakat di Mississipi yakin bahwa crossroads yang dimaksud diujung jalan raya 82 sekitar Bamboo road dimana ada persimpangan jalanyang masih berupa tanah dan ada pohon apel tak berbuah dekat situ.
1343718819986683017
crossroad sekitar bamboo road dekat pohon apel foto booksing.blogspot.com
Hingga kini posisi pasti dimana Johson bertemu ‘Setan Blues’ tetap jadi misteri. Menurut kepercayaan masyarakat kulit hitam zaman itu, ada sosok bernama Diety Esu yang dikenal sebagai penjaga/penunggu crossroads.
1343714471935749170
Ilustrasi Crossroads Devil, foto flickr.com
Sebagian masyarakat yang tidak percaya mitos itu dan berpendapat bahwa mitos itu dibuat untuk promosi sang musisi saja biar terkenal karena konon skill permainan gitar para gitaris itu memang hebat walaupun tanpa menjual jiwanya.
Film Tentang Crossroads
Tahun 1986 kisah legendaris itu diangkat ke layar lebar dengan judul  Crossroads, pemainnya saat itu Ralph Machio (actor Karate Kid versi lama) berperan sebagai Eugene Martone dan gitaris terkenal Steve Vai berperan sebagai Jack Butler. Tapi ceritanya sedikit berbeda,  difilm itu Eugene adalah remaja tahun 80an yang belajar gitar klasik disekolah music terkenal tapi dia tertarik pada music blues dan sedang menyelidiki bagian ke 33 lagu karya Robert Johnson. Dia berusaha menelusuri jejak lagu itu pada seorang gitaris Blues legendaries Willie Brown yang berjanji akan memberitahu Eugene asal dia dibantu agar bisa bebas dari setan yang akan mengambil jiwanya karena Willie pernah buat perjanjian dengan Setan di Crossroads.
Eugene yang tidak percaya cerita itu, menyanggupinya diapunbelajar gitar blues dari Willie. Suatu saat mereka pergi ke Crossroads dan bertemu setan disana, dia berkata jika Eugene bisa mengalahkan gitaris terhebat andalannya saat itu, jack Butler maka perjanjian batal dan Willie bisa hidup bebas. Akhirnya terjadi duell gitar yang mengagumkan antara Eugene dan Jack dan berakhir dengan happy ending, Eugene berhasil mengalahkan Jack  sehingga dia berhasil menyelamatkan Willie dan sipria jelmaan Setanpun terpaksa harus merobek kertas perjanjian mereka.
*Referensi : www.wikipedia.org, www.dailycos.com, www.supranatural.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...