GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tips dan Cara Jadi MC Yang Baik Dan Benar

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 04 Februari 2014 | 19.16

Cara Jadi MC Yang Baik Dan Benar !!!

gua bakalan nge-share pengalaman gua sewaktu gua ditunjuk jadi MC
awalnya sih gue gak mau ,,, tapi apalah daya, mau gak mau harus mau ,,,
dan gue akhirnya mau aja,, sekalian nyari pengalaman gittu ,,,,,

kalo gak percaya ini buktinya : 


 

ini tepatnya pas waktu gue MC di acara Try Out UMPN 2013 di Politeknik Negeri Malang 
 

Gimana Menjadi MC atau Master Of Ceremony?


Kalau mau jadi MC, bisa dibilang gampang gampang susah.. 

Gampangnya adalah MC bisa dipelajari 
Susahnya adalah tidak mau belajar dan mengasah ketrampilan.. 
Semua ada tahapan untuk menjadi bagus.

Modal buat anda yang ingin menjadi MC 
1. Tingkatkan hubungan dengan orang banyak. Kenapa? Dengan bersosialisasi, maka anda akan supel.. selanjutnya anda akan mudah nyambung dengan pembicaraan orang. Pada akhirnya, bila jadi MC, anda nyambung dengan apa yang dikehendaki pelaksana dan audience. 
2. Latihlah kemampuan bahasa anda, bisa bahasa Inggris, bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahasa Jawa , bahasa lainnya dan bahkan bahasa gaul agar anda dapat menyesuaikan kondisi dimana anda menjadi MC 
3. Kalau ada dana dan waktu, ikutlah kursus MC 
Bila tidak ada dana / waktu, anda bisa melatih kemampuan secara autodidak dengan cara melihat orang lain dalam menjadi MC 
4. Pahami urutan/daftar acara agar tidak rancu dalam pelaksanaannya 
5. Pahami juga karakteristik audience yang hadir dalam acara tersebut agar tidak salah pemakaian gaya bahasa.. (contoh: pd acara resmi jangan pakai bahasa gaul, pada acara ulang tahun jangan pakai bahasa resmi)
6. Kalo loe nge-MC berdua,, usahain nyari pasangan yang lebih baik kalo bisa setara sama loe,,, soalnya itu juga nentuin keberhasilan kamu diatas panggung, gimana jadinya cobak kalo loe sama pasangan loe gak sesuai di panggung, pasti audiens bakalan supel ,,, 

la ,,, Bagaimana cara menjadi mc yang baik?


Murah senyum 
Senyum yang tulus akan membuat orang lain tergetar dan otomatis akan membuat hadirin tenteram. Ini sangat menolong pembentukan suasana yang kondusif antara pengisi acara dan audience. Rumus senyum yang tulus adalah 2-2-7, bibir ditarik 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri dan lakukan selama 7 detik [saja]. Ini bisa dilakukan dengan otodidak tanpa ikut training MC formal. 

Percaya Diri 
Kita harus selalu berbaik sangka dengan apapun yang kita hadapi dan itu kita tunjukkan dengan sebuah penampilan yang penuh energi positif. Tampilah dengan senyum yang menunjukkan kepercayaan diri kita. Apapun yang terjadi selalulah tampil percaya diri, jujur dan jangan sekali-kali menggurui audience dengan sesuatu yang kita tidak yakin kebenarannya. Sampaikan yang kita tahu dengan percaya diri dan audience akan menghormati kita, memberi apresiasi pada kita dan tentu saja akan mendengarkan apa yang kita ucapkan. Dalam lembaga training mc, hal ini sangat ditonjolkan. 
Dalam sebuah ruangan yang kacau balau, yakinlah pasti ada satu dua orang yang memperhatikan kita, cari itu dan beri mereka senyum tulus, sehingga energi positif itu akan menular kepada mereka dan akhirnya ke seluruh isi ruangan. Di tempat training MC atau training MC services, hal ini dilatih berkala. 

Konsentrasi 
Ini memang suatu hal yang tidak bisa ditawar lagi. Audience sangat peka terhadap yang satu ini. Kalau pembicaraan kita sudah ngelantur, tidak fokus, maka artinya ada konsentrasi kita yang sudah bolong-bolong. tarik nafas panjang dan sadarkan diri kita, bahwa konsentrasi sangat penting dipakai sebagai modal dasar untuk menjadi MC yang penuh improvisasi. 

Menguasai Urutan Acara 
Apa jadinya kalau MC tidak menguasai susunan acara? Pasti akan ada “blank”, sebuah kekosongan di acara yang kita pandu. Disini peran Stage Manager sangat penting, karena dialah yang menghubungkan antara kesiapan acara dengan susunan acara yang ada. Saat suatu acara memerlukan waktu persiapan untuk tampil, maka jangan biarkan panggung menjadi kosong, kecuali kalau persiapan acara itu memang bagian dari acara itu sendiri. 

Rajin Membaca 
Akan sangat menarik bagi audience, kalau kita sanggup memberi komentar yang pas terhadap penampilan apapun yang ada di panggung. Hal ini hanya bisa dicapai kalau kita selalu memperkaya diri kita dengan bacaan yang beragam. Kita perlu tahu serba sedikit tentang sepakbola, dunia catwalk, obat-obatan, dan lain-lain agar kita sanggup memberi komentar yang pas terhadap apa yang ada di hadapan audience. Walaupun ikut pelatihan di tempat training MC, atau training MC services, maupun belajar otodidak, yang penting ini harus dilakukan.

tapi gan ya ,,, sebelum gua tampil diatas panggung ,,, gue ngerasa gak PD gitu ,,,
trus gua nyoba baca-baca buku MC gitu dan nyari nyari di Internet ,,,,
intinya kalo mau jadi MC loe harus BERANI
itu soalnya jadi syarat utama jadi segala syarat menjadi MC 

http://alanlulus.blogspot.com/2013/10/gua-bakalan-nge-share-pengalaman-gua.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...