GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Belajar menjadi seorang Master of ceremony ( MC ) - Master of ceremony ( MC )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 04 Februari 2014 | 19.28

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivLoxt-TQOgmbHc6OlUue-lbLO_HIcu3N1vQxv9O05um-lrUHsjtZcV7X0BgjmkHWEJfh1XlVsiejh8afE_mxTjwJyyATfstWYRQIysxT_5OGN0H_dbp6fZ0jIGprujVScZMRgSlq90Q/s1600/mc+pernikahan.jpg 

senang sekali jika kita dapat berbicara lancar, atau berkomunikasi dengan baik. apalagi ditambah dengan wawasan yang kuat dan luas.. hmmmmm orang mana sih yang gak suka dengan kita????? orang mana sih yang gak kenal kita? orang akan terkagum-kagum melalui kelebihan yang kita punya. apalagi bagi agan-agan yang miliki jiwa ingin terkenal atau dibidang entertaint terutama dibagian MC . wah sangat cocok nih bagi agan untuk membacanya . yuk kita intip sedikit profesi menjadi MC..

 

Master of ceremony ( MC )

PROFESI MENJADI MC

A.   Tips menjadi MC yang baik ( bagaimana sebaiknya menjadi MC itu )
1.    Murah senyum, tapi bukan senyum murahan
Senyum yang tulus akan membuat orang lain tergetar dan otomatis akan membuat hadirin tentram. Ini sangat menolong pembentukan suasana yang kondusif antar pengisi acara audience. Rumus senyum yang tulus adalah 2-2-7, bibir ditarik 2 cm kekanan, 2 cm kekiri dan lakukan selama 7 detik saja.
2.    PD ( percaya diri ), bukan pendidikan jasmani
3.    Konsentrasi, selalu siap untuk berimprovisasi
4.    Menguasai urutan acara, bekerja sama dengan manager panggung ( stage manager )
5.    Rajin membaca, tidak cukup hanya rajin menabung dan mebantu orang tua, untuk meningkatkan kemampuan improvisasi
6.    Penampilan ( performance ), dengan penampilan yang menarik , penonton atau pendengar tidak merasa cepat bosan
7.    Sikap, sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya
8.    Bahasa, tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa, seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah cara yang baik, bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya
9.    Wawasan , seorang pembwa acara dituntut untuk memiliki wawasan yang kuat dan luas. Pembwa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas terkesan picik, ragu, bahkan terlihat bengong dan terbatas.
Perbedaan Pembawa Acara, Master Of Ceremony ( MC ), Dan Protokol
Pembawa acara adalah orang yang menyajikan atau menyampaikan satu per satu acara, memandu acra dengan menggunakan suara, mimik serta juga memperhatikan tata rias, busana, bahasa dan etika. Pembawa acara sesuai dengan tugas dan fungsinya lebih cocok dilekatkan pada acara-acra resmi. Seorang pembawa acara sangat terikat dengan etika protokoler. Pembawa acara juga tidak dituntut berimprovisasi dalam membawakan acara. Penggunaan bahasa formal adalah mutlak. Ahli bahasa menyebutkan dengan PEWARA atau pembawa acara.
Master of ceremony ( MC ) biasanya untuk acara hiburan dan semi hiburan, sebab tuntutan kreativitas dan improvisasi lebih tinggi. Seorang master of ceremony ( MC ) harus mampu membaca situasi, menciptakan suasana sesuai dengan karakteristik acaranya, dan memungkinkan adanya dialog dengan audience.
Protokol.pembawa acra tidak sama dengan protokol atau juga MC  .Pembawa acara adalah salah satu aspek dari protokol. Seorang protokol atau protokoler adalah orang yang bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap suatu acara. Pembwa acara biasa saja menjdi protokoler karena pembaw acara bisa menjabarkan gerak dan langkah apa yang akan timbul dari paduan mata acara yang dibwakan. Tapi seorang [protokoler belum tentu bisa menjadi pembwa acara.
Tugas pembwa acara/ MC
Seorang pembawa acara tidak ahanya bertugas membawakan sebuah acara, tetapi juga mulai menyusun acara, mengecek kesiapan acara, mengetes soud system, menegecek kehadiran, mengendalikan waktu, menyimak jalannya acara dan menguasai suasana acara serta mengatur hadirin.
Namun secara umum ada 3 tugas penting pembawa acara / MC
1.    Mengumumkan acara yang berlangsung
2.    Menarik perhatian hadirin untuk mengikuti acara melalui pakaian, dandanan, gerakan, suara, bahasa dan etika serta penampilan
3.    Mengatasi segala hambatan yang terjadi selama acara berlangsung
4.    Berkoordinasi dangan panitia/protokoler dan penghubung acara
Orang – orang yang  cocok  menjadi pembwa acara:
1.    Ekstrovet, yaitu orang-orang yang suka mengekspresikan apa yang dipikirkan, dirasakan pada orang lain atau orang yang suka memperbincangkan berbagi hal dengan orang lain secara terbuka
2.    Generalis, yaitu orang – orang yang memiliki pengetahuan umum yang banayak dan kemungkinan  dia untuk bicara apa saja
3.    Flexibel, yaitu orang-orang yang mudah bergaul dan karena pembawaanya disenangi orang banyak.
4.    Friendly. Yaitu orang yang mudah bergaul, dan karena pembawaannya disenangi orang banyak.
Persyaratan utama yang harus dimiliki oleh
 pembawa acara / master of ceremony
1.     Pengetahuan dan pengalaman yang luas. Dengan kedalaman pengetahuan akan menjadi kreatifitas yang sangat efektif sesuai dengan tuntutan situasi . contoh yang gampang saja untuk menyebutkan nama orang, pangkat atau jabatan kalau tidak punya pengetahuan bisa saja kita salah menyebutnya misalnya :
Pangkat kalangan TNI/ POLRI punya arti amat penting, kjangan sampai salah menyebut pangkat, bisa diartikan merendahkan kedudukan seseorang. Ini salah satu contoh pengetahuan yang harus dimiliki seorang MC, salah menyebutka pankat atau nam seorang pejabat yang cukup terkenal, memang tidak selalu berkibat fatal, namun dapat menempatkan diri anda pada posisi yang lemah, anda dianggap tidak cukup punya pengetahuan atau tidak mengikuti perkembanagn. Misalnya pengucapan “kadapol sumbar“ padahal ini adalah sebutan dulu dan sudah diganti dengan  “kapolda sumbar”. Demikian juga dengan menyebutkan kota padang, masih ada pembawa acara/MC yang dengan tanpa merasa berdosa menyebutkan kalimat kotamadya padang padahal sekarang padang sudah termasuk kategori kota besar. Ini tentu memperlihatkan kadangkala wawasan dan pengetahuan si pembwa acara/ MC terhadap perkembangan lingkungan. Pengalaman yang sering tampil didepan umum diperlukan sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki seorang MC, maka kita sering melihat orang penyanyi atau seorang yang bergerak dibidang entertaint yang sudah biasa berhadapan dengan audience contoh yang lain pelawak. Nah orang-orang yang punya pengalaman seperti ini lebih mudah untuk menjadi MC.
2.     Cerdas, kalau pengetahuan dan pengalaman merupakan tutntutan utama, tidak demikian halnya dengan kualifikasi pendidikan. Karena bukan pendidikan yang menjadi penentu keberhasilan kerja seorang MC, tetpi kecerdasan. Banyak orang bisa membedakan MC yang cerdas dari MC yang cemerlang dipermukaan saja. Wajah yang cantik suara bagus, tetapi tidak kreatif dalam penghayatan dan penampilannya, melihatkan bahwa MC ini tidak cerdas. Penampilan tidak berisi hanya rankaian kata-kata tanpa makana. MC yang tahu persis pada apa yang dikatakannya, sanggup dengan cepat mengambil keputusan, membuat pesan dengan jelas, singkat, dan tenang bila terjadi hal-hal yang harus disampaikan, dan hal ini bisa terjadi disetiap saat, MC yang cerdas dangan cepat bisa dimengerti dan memahami apa yang diinginkan oleh panitia pelaksana suatu acara, tidak melihatkan wajah yang tegang pada tampil rileks, santai dalam arti tidak meremehkan acra yang sedang dibawakan.
3.     Rasa humor. Ini khusus untuk MC. Oraang yang tidak mempunyai rasa sense of humor akan mendapatkan kesulitan untuk mendalami profesi ini. Ada 2 hal yang menyangkut masalah ini:
·      Audience tidak menghendaki berkomunikasi dengan seorang MC yang bermuka masam, karena mereka datang untuk menghadiri suatu pertemuan, menghibur hati dan secara tidak langsung mengharapkan semua yang dilihatnya adalah yang terbaik,.
·      Anda perlu memiliki rasa humor, karena dengan rasa humor akan tercipta suasana yang akrab, ceria antara  anda dengan audience asal jangan terlalu berlebihan /over, tampillah dengan kewajaran dan tidak dibuat-buat
4.     Sabar, pelaksanaan suatu acara melibatkan banyak pihak, masing-masing punya cara dan keinginan tersendiri dalam mencapai tujuannya. Akibatnya, pada saat acara sedang berlangsung bisa saja muncul instruksi-instruksi yang membingungkan. Adalagi pihak acara yang rewel tidak percaya kepada MC, berulang kali merubah acara dengan baik, jangan bingung walaupun dibelakang pentas kita sedikit tegang atau kebingungan karena banyaknya komando dari panitia, namun kita harus tetap tampil dengan tenang dan sabar seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Perlu diingat “menghadapi situasi yang membingungkan seorang MC/ PA harus selalu berhubungan dengan decision maker/ orang yang bisa mengambil keputusan dan berulang kali minta ketegasan bahwa informasi yang disampaikan memang jelas.
5.     Imaginasi. Pada saat-saat tertentu MC dituntut untuk kreatif agara acara-acara yang biasa saja bisa menjadi meriah, bersemangat dan mengesankan. Untuk itu seorang MC dituntu bisa membumbui acara dan memainkan perannya dengan baik, tentu dibuthkan ide-ide cemerlang yang hanya bisa datang pada mereka yang mempunyai imaginasi tinggi
6.     Rendah hati dan bersahabat, profesi MC sangat dekat dengan artis, khususnya bagi MC lepas atau freelance. Ketenaran nama MC bisa setingkat dengan ketenaran seorang artis, namun seorang MC tidak boleh terlalu bangga dengan nama besarnya, karena kesombongannya akan terpancar dari penampilannya, lewat kata-kata yang dipilihnya dan dari sikap tubuhnya saat berkomunikasi dengan audience. Kerendahan hati membuat penampilan MC menjadi sosok yang ramah, berwajah cerah dan siapa berdialog seperti selayaknya seorang sahabat. Seorang MC banayak mempunyai kesempatan bertemu dengan pejabat tinggi dan orang-orang terkenal atau public figur, namun sikap rendah hati dan bersahabat harus tetap ditampilkan.
Persyaratan teknis pembawa acara / MC
Disamping persyaratan utama diatas, seorang pembawa acara juga harus mempunyai persyaratan teknis sebagai berikut:
1.         Menguasai materi acara
2.         Menggunakan kaliamat yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yanga baik dan benar untuk acara resmi-resmi
3.         Suara atau vocal harus nyaman, tidak melengking atau terlalu rendah
4.         Pengaturan nafas dari perut
5.         Mengggunakan suara perut dan dada. Hindari penggunaan suara tenggorokan
6.         Hal-hal ynag berkaitan dengan kepribadian adalah tampillah dengan wajar, gunakan humor pada acara dan waktu yang tepat, janagn memperlihatkan perasaan, jaga kesehatan agar selalu prima dan aturlah mic 5-10 cm dari mulut atau tergantung jenis/ type mic yang digunakan. Untuk jenis mic boom biasanya mulut bisa lebih dekat ke mic
7.         Untuk mengetes mic cobalah kalaimat dengan kalaimat bukan kata atau berhitung.
8.         Janagan memukul mic
Ciri-ciri suara yang baik dan fungsi bahasa tubuh
Akhir tahun 80an, ketika media hiburan televisi masih sepi, radio menjadi tumpuan hiburan masyarakat. Salah satu acara favorit saat itu menjadi tumpuan hiburan masyarakat . salah satu cara favorit saat itu adalah sandiwara radio misteri gunung berapi. Kenapa pendengar bisa begitu membenci tokoh mak lampir dalam sandiwar itu? Padahal mereka hanya mendengar suaranya saja? Atau kenapa pendengar radio rela mendengarkan penyiar fovoritnya yang sedang siaran sampai larut malam?. Betapa bnayak pendengar radio yang tergila-gila kepada penyiar yang mereka kenal hanaya lewat suaranya saja. Fenomena ini adalah bukti bahwa suara mempunyai kekuatan yang luar biasa yang disebut dengan the power of voice. Untuk mejadi pembawa acara/ MC tentunya harus memiliki suara yang baik dan berkarakter tentunya.
Sebenarnya sangat sulit untuk mecari sebuah patokan suara yang baik yang bisa dijadikan standart. Didunia sekalipun. Namun, ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan parameter untuk menentukan suara yang baik
1.      Bernada menyenangkan, membawa persahabatan
2.      Alami daqn menunjukkan kepribadian yang bersangkutan
3.      Dinamis, bertenaga, meski barangkali suara tidak keras / besar
4.      Ekspresif mengungkapkan berbagai rasa dan tidak monoton
5.      Nyaman didengar , jelas
6.      Memperhatikan artikulasi, aksentuasi dan improvisasi
Walaupun suara sepertinya agak dominan dalam penampilan seorang pembawa acara / MC namaun semua itu akan sedikit berkurang jika tidak didukung oleh bahasa tubuh/ body language dan sasmita ( gerak isyarat ). Sebab sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perhatian pendengar akan terfokus pada :
1.      Ekspresi dan bahasa tubuh sebanyak 55%
2.      Tekanan suara 37%
3.      Apa yang diucapkan 8%
Dalam rujukan laain disebutkan bahwa orang yang mendapatkan informasi 87% dari apa yang dilihat , 7 % dari apa yang didengar. Makanya dalam penampilan seorang pembawa acara / MC harus memperhatikan apa yang dikatakan albert mahrabain yang menyatkan bahawa dalam dunia publik speaking termasuk pembawa acara/ MC ada hal yang berperan sangat penting yaitu dikenal dengan 3V’s of communication.
1.  Verbal. Rangkaian kata-kata atau isi dari apa yang akan kita sampaikan . kata-kata atau aklimat yang keluar dari mulut PA/ MC adalah kata-kata atau kalaimat lugas, tepat sasaran bukan hanya rangkaian kata yang monoton dan nihil makna . PA/ MC juga harus pandai menjahit kalaimat yang dighunakan bagi audience yanga ada. Untuk itulah seorang PA/MC sebelum mmelaksanakan sebuah acara harus melakukan analisis terhadap audience. Diantaranya:
·      Analisis psikologi. PA/ MC harus mampu mencerna kondisi psikologi pendengar. Ini tentu erat kaiatannya dengan kemampuan PA/ MC untuk mengidentifikasi acara dengan baik. Jika acara musik, maka pilihan kalaimatnya tentu kalimat-kalimat yang senafas dengan kegiatan tersebut. Petikan – petikan istilah terbaru akan menjadi bumbu penyedap bagi PA/MC.
·      Analisis demografi . dalam pemilihan bahasa dan kalimat yang digunakan juga harus memperhatikan usia, jenis kelamin, asal suku bangsa , agama, dll. Tentu sangat berbeda verbal yang digunakan saat memandu acara anak-anak dengan acara orang dewasa.
2.   Voice. Suara yang kita keluarkan ketika berbicara . suara dan cara berbicara
Teknik memproduksi suara dengan memperhatikan:
A.  Speed, standart kecepatan suara harus menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi
B.  Volume, dalam memandu sebuah acara, suara yang dihasilkan harus bulat
C. Tone, tinggi rendah suara, agar audience tidak mersa bosan selama acara berlangsung
D. Timbre, suara yang ekspresif akan sangat mudah mempengaruhi pendengar
E.  Power, kekuatan suara yang dihasilakan harus tepat sesuai dengan pemakaian kata
F.  Nafas, bebicara dengan nafas perut, karena suara yang dihasilkan lebih dalam, power lebih kuat dan lebih tersa nikmat untuk didengar.
Teknik berbicara
Yang harus diperhatikan untuk menghasilan cara berbicara yang lebih proffesional dalam membawakan acara antara lain:
1.  Intonasi : sebaiknya suara tidak datar, tetpi mengandung irama beirama
2.  Artikulasi : setiap kata yang diucapkan haruslah jelas benar, sehingga mudah dimengerti atau dipahami
3.  Phrasing : dalam berbicara sebaiknyamemberikan jeda agar dapat dimengerti
4.  Stressing : memberikan energi daolam suara , agar tidak menimbulkan kesan loyo
5.  Infleksi : lagu kalimat, perubahan nada suara, hindari pengucapan yang sama bagian setiap kata ( redundancy ). Infleksi naik menunjukkan adanya lanjutan kalaimat atau menurun untuk menunjukkan adanya lanjut kalimat atau menurun untuk menunjukkan akhir kalimat
3.   Visual, penampilan / body language
Pentingnya bahasa tubuh dalam turut andil memperkuat pesan yang disampaikan bisa kita pelajari dari sebuah hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa 60-70% manusia berkomunikasi dengan non verbal. Artinya manusia berkomunikasi kebanyakan tidak menggunakan mulut. Film charlie chaplin yang bisu atau mr.bean adalah contoh betapa hebatnya gerakan dan bahasa tubuh menyampaikan sebuah pesan kepada audience. Tanpa suarapun audience mengerti akan alur cerita yang disajikan sehingga kedua film tersebut mampu meraih sukses dizamannya.
Jenis- jenis acara
1.         Acara resmi seperti peringatan hari nasionla, pelantikan, sertijab, pembukaan/ penutupan sebuah kegiatan/ event
Speed : natural- lambat
Tone : rendah
Volume : kuat
Power : kuat
Timbre : khidmad , serius
2.         Acra keagamaan seperti maulid nabi muhammad SAW, wirid remaja, halal bi halal, dll
3.         Acra keluarga seperti pernikhan, khitanan, syukuran dll.
4.         Acra hiburan seperti mlam seni, festival, pentas seni/ inagurasi dll
Tone : rendah
Volume : kuat
Power : kuat
Timbre : khidmad , serius
Hal-hal yang tidak lazim dilakukan oleh seorang pembawa cara / MC
Untuk menciptakan citra / kesan sebagai pembawa acara yang profesionla dimata audience, ada bebrapa hal yanga hrus dihindari oleh seorang pembawa acara / MC
1.      Membacakan susunan acara di awal
2.      Memberikan penghormatan yang panjang-panjang
3.      Over acting / berlebihan
4.      Memberikan ucapan terimakasih yang berlebihan
5.      Mengulas pembicaraan sebelumnya
6.      Menyampaikan pengumuman dalam acara
7.      Meniru/ mencoba berlaku seperti orang lain
8.      Mengeksploitir suara dan tekanan secara berlebihan
9.      Angkuh dan menyombongkan diri
Jurus jitu menjadi pembawa acara / MC
1.      Setelah menyetujui sebuah acara, pastikan anda minimal sudah mendapatkan informa,si tentang acara tersebut yang meliputi : what, when, where, who
2.      Sedapat mungkin luangkan waktu untuk menghadiri geladi resik
3.      Datanglah lebih awal ke tempat acara. Minimakl 1 jam sebelum acara
4.      Jalin komunikasi dengan soundman dan orang-orang yang akan berhubungan dengan kita
5.      Tersenyumlah dan balaslah senyum orang yang tersenyum kepada anda
6.      Tanyakan kepada panitia tentang pejabat-pejabat penting yang akan datang dan kepastian kedatangan mereka
7.      Tunjukkan wajah bersahabat dan buatlah kontak mata
8.      Jiaka anda merasa gugup, maka cobalah untuk bergerak ringan dan tariklah nafas dalam-dalam
9.      Hiburlah diri anada dengan mengenang kesuksesan anda dimasa lalu
10.   Hilangkan kecemasan yang tidak perlu
11.   Janagan membuat pengakuan negatif

http://anismc.blogspot.com/2013/05/master-of-ceremony-mc.html#more

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...