GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Artikel Islami Penerang Jiwa: LUPA DIRI AKIBAT MELUPAKAN ALLAH

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 04 Februari 2014 | 13.42

‘’Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.’’(qs.al hasyr: 19)
Hasil yang diperoleh manusia, sebanding dengan usaha yang dilakukan. maka setiap kesalahan yang dilakukan oleh manusia, akan dibalas oleh allah dengan balasan yang setimpal dengan perbuatanya. Orang yang hendak menipu allah, maka allah akan menipunya, orang yang melalaikan allah, maka allah pun akan mentelantarkannya. Bahkan ia akan lupa terhadap dirinya sendiri. Seperti makna yang yang terkandung dalam ayat ini.
Bagai Ikan Lupa Airnya
Begitulah perunpamaan bagi manusia yang lupa akan fitrahnya, lupa akan jati diri yang sesungguhnya, bingung dalam mencari sesuatu yang akan membuatnya bahagia. Sulit diterima akal sehat, berbagai keniktmatan yang diburu sebagian orang justru sesuatu yang menyengsarakan dirinya. Laki laki yang tidak tertarik menikah dengan wanita dan sebaliknya, lalu mencari kesenangan dengan berhubungan initm sejenis, atau bahkan ada lagi yang melakukan dengan binatang. Kenikmatan macam apa yang dicari?
Orang yang doyan mencicipi berbagai macam minuman keras, karena bingungnya, berbagai jenis bahan dicoba dioplosnya untuk menuimbulkan efek ‘teler’ yang berlebihan. Tak jarang, akhirnya nyawa melayang karena over dosis atau keracunan.
Seperti juga orang yang mencari sensasi dengan mentato sekujur tubuh, melobangi telinga dengan lobag yang besar, membelah lidah dan mengebor hidung untuk ditindik, dimana sisi indahnya?di mana efek ebaknya?
Gambaran itu hanya sebagian kecil dari jutaan keanehan pilihan hidup yang diambil oleh manusia hari ini. Perbruruan kenikmatan yang tak pernah ditemukan, laksana mencari api kedalam lautan, atau mencari air dalam kobaran api.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAiwX-NqbBa-wnIMtIigahCtvbxlNrRrhpmlFfuqk9-dple3LtRDoazCx8MlXfehObCCyDDnMg4mBT2TQtCrZIXpCU47M7-O_p6fTNRsIxb080iocNRKZ5dj9oZNH0ZoYAtg0PmTyZ1WBG/s1600/marah+besar.jpgBegitulah, ketika seseorang berpaling dari kenikmatan yang digariskan oleh penciptanya, niscaya allah akan membiarkan ia tersesat, terlantar, terseok seok dan kebingungan dalam mendapatkan kenikmatan dan kebahagian hakiki. Semua ini dikarnakan mereka melupakan allah, maka allah pun membiarkan dan melupakan mereka.
Ibnu qoyyim dalam miftah daaris sa’aadah  memberikan uraian yang sangat bagus terhadap ayat ini. ‘’perhatikanlah ayat ini, anda akan memnemukan nilai yang luhur dan agung didalamnya.barangsiapa yang melupakan rabbnya, niscaya allah akan membuatnya lupa akan dirinya sendiri. Ia tidak mengenal hakikat dirinya, apa yang mendatangkan maslahat untuk dirinya, ia melupakan apa apa yang bisa mendatangkan kebahagiaan untuknya, baik dalam kehidupan didunia, maupun akhiratnya. Ia hidup terlantar layaknya binatang ternak yang tersesat. Bahkan binatang ternak lebih tahu tentang maslahat darpada dirinya, lantaran masih berjalanya insting yang allah karuniakan kepadanya. Sedangkan orang ini, ia melupakan fitrah yang allah ciptakan untuknya.
Jangan Ikuti Mereka
Begitu mengerikan hukuman bagi orang yang melupakan allah. Belum lagi diakhirat, mereka akan dibangkitkan allah dalam keadaan buta, hingga mereka bertanya, ‘’rabbi mengapa engkau bangkitkan aku dalam keadaan buta, sedangkan aku dahulu bisa, melihat?’’ allah menjawab.

Allah berfirman:
"Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan." (qs. Thaha: 126)
Lantas Bagaimana Seseorang Dianggap Melupakan Allah Itu?
Para ahli tafsir memiliki pendapat yang bervariasi berkenaan maksud melupakan allah. Ibnu katsir menyebutkan, ‘’yakni janganlah kalian lupa dari mengingat allah ta’al, karena kamu akan lupa beramal shalih, sesungguhnya balasan itu setimpal dengan jenis perbuatannya, ‘’al qurthubi berkata, ‘’mereka melupakan allah, yakni meniggalkan perintahnya, sehingga mereka lupa diri untuk melakukan kebaikan. ‘’sedangkan ibnu jarir at thabari berkata, ‘’yakni melupakan hak hak allah yang telah diwajibkan atas mereka.’’
Benang merah yang bisa kita ambil dari defenisi para ulama tersebut adalah, bahwa maksud melupakan allah adalah tidak mengingatnya, tidak mengindahkan perintah dan larangannya, dan tidak menunaikan hak haknya. Sekedar melafazkan bacaan dzikir belum membebaskan seseorang dari ancaman melupakan allah, kecuali jika ia tunduk dan patuh terhadap perintah dan larangannya. Atha’ bin abi rabah rhm menyebutkan bahwa, ‘’ad dzkru at tha’atullah’’, dzikir itu taat pada allah, barangsiapa tidak mentaatinya berarti dia belum dianggap dzikir, meskipun dia banyak mengucapkan tasbih, tahmid, dan takbir.
Kita tak hanya dilarang melupakan allah tapi juga dilarang mengikuti para pelakunya. Janganlah kita terpesona oleh gerak gerik dan kebebasan mereka.
Mereka bukan orang merdeka. Tapi terjajah oleh hawa nafsunya. Syaikhul islam ibnu taimiyah berkata,’’sesungguhnya orang orang yang mengikuti sahwatnya terhadap rupa, makanan, minuman dan pakaian menyebabkan syahwat akan menguasai hatinya, ketika syahwat berselera terhadap sesuatu, ia akan memaksa dan mengendalikannya, sehingga hati menjadi tawanan bagi selera hawa nafsunya, hati akan bergerak kemanapun hawa nafsu menginginkannya. ‘’sungguh, tak ada tawanan yang lebih hina dari orang yang ditawan oleh hawa nafsunya.
Yang mereka rasakan bukanlah kebahagiaan, bukan pula kepuasan. Laksana minum air garam, makin banyak minum, makin terasa haus dibuatnya. Mereka juga bukan orang sukses meraih keinginannya. Bahkan mereka tengah bingung memburu kenikmatan. Laksana binatang gembala ditinggalkan oleh pengembalanya. Berjalan tak tentu arah, makin lama berjalan, makin jauh dari tempat tujuan. Siapa lagi yang lebih tersiksa dari mereka. Ya allah, bantulah kami untuk senantiasa mengingatmu, bersyukur kepadamu, dan memperbaiki ibadahku kepadamu. Amin.   

http://islamind.blogspot.com/2011/12/lupa-diri-akibat-melupakan-allah.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...