GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

KISAH SEKOLAH DI MASA DULU: Vaksinasi Polio dan Cacar

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 04 Agustus 2013 | 14.29

Ilustrasi
Sepertinya, masakecildulu masalah kesehatan rakyat sangat diperhatikan oleh pemerintah. Saya ingat, waktu itu ibu mengajak adik saya ke Posyandu untuk ikut Pekan Imunisasi Nasional (PIN) adalah Pekan di mana setiap balita termasuk bayi baru lahir yang bertempat tinggal di Indonesia diimunisasi dengan vaksin polio, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Pemberian imunisasi dilakukan 2 kali masing-masing 2 tetes dengan selang waktu satu bulan. 
Pemberian imunisasi polio secara serentak terhadap semua sasaran akan mempercepat pemutusan siklus kehidupan virus polio liar.  
Pemberian imunisasi 2 kali dengan interval 1 bulan akan memberikan kekebalan rongga usus selama 100 hari. Dengan pemberian serentak kepada seluruh balita di Indonesia terjadi penekanan serentak terhadap berkembang biaknya virus polio liar apabila masuk ke dalam usus. Di alam bebas, virus akan bertahan hanya selama 48 jam. Oleh karena itu pemberian serentak pada seluruh balita merupakan kunci keberhasilan memutuskan rantai penularan.  
Pemberian imunisasi polio pada waktu PIN di samping untuk memutus rantai penularan seperti penjelasan di atas, juga berguna sebagai booster atau imunisasi ulangan polio.
Selain itu, bagi murid SD dilakukan vaksinasi cacar. Ketika Pak Guru memberikan pengumuman, terutama murid perempuan pada menjerit ketakutan membayangkan sakitnya disuntik.
Sampai sekarang, di lengan tangan saya masih ada bekas suntikan itu. Kalau mengenang proses penyuntikan sungguh mengerikan. Kami antri panjang untuk disuntik oleh tenaga medis Puskesmas yang datang ke sekolah. Kalau ada teman yang menangis saat disuntik hati saya deg-degan. Dan suntikan itu memang sangat sakit, terasa panas….
Apakah waktu itu kalian berani disuntik?
by:  http://masakecildulu.wordpress.com/2009/06/25/vaksinasi-polio-dan-cacar/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...