GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Lomba 17 Agustus yang Bernilai Positif Untuk Anak ( ARTIKEL INI DISARANKAN UNTUK ANDA YANG INGIN MENGADAKAN LOMBA 17 AGUSTUS )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 08 Agustus 2013 | 21.31


http://origami-indonesia.com/wp-content/uploads/2011/12/DSC04046.jpgHalo kawan-kawan semua yang setia nongkrong diblog bagindaery,kali ini saya akan share mengenai perlombaan 17 Agustus yang sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dulu,apa saja lomba 17 agustus yang bernilai positif dan bermanfaat buat anak,yuk kita simak dalam tulisan berikut ini. Ingat lomba 17 Agustus tidak selalu harus melibatkan kekuatan fisik,tapi bisa juga menggunakan kreativitas dari anak,nih bagindaery kasih artikel buat anda para sahabat bagindaery
Saya selalu menyukai anak-anak, suara anak-anak, senyuman yang menggemaskan, kepolosan yang tulus, dan anak-anak memang tidak pernah menyebalkan secara “substansial” tidak seperti orang dewasa. Kalaupun anak-anak menyebalkan, itu hanya sebatas karena kemanjaan dan kenakalannya saja.
Nah, tidak terasa sebentar lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan RI, 17 Agustus, biasanya di hari ini akan banyak lomba-lomba dan kegiatan untuk anak-anak, berikut adalah list kegiatan dan perlombaan inspirasi pribadi dan beberapa teman, yang telah dilakukan di seluruh kota di Indonesia serempak pada Hari Anak Nasional serta Hari Gizi Nasional tahun 2011 lalu, karenanya saya pun ingin berbagi disini, siapa tahu diantara kompasianer ada yang menjadi pemuda karang taruna, atau pengurus RT/RW yang bisa mengadakan kegiatan dan perlombaan untuk anak-anak. Kegiatan dan perlombaan di bawah ini disusun berdasar kebutuhan anak saat ini, bisa dilengkapi dengan perlombaan yang lain, namun untuk beberapa kegiatan dan lomba di bawah ini mempunyai output berupa pemberian dan pengajaran nilai-nilai positif kehidupan kepada anak, selamat mencoba :)

1. Penyuluhan tentang mandi, gosok gigi, dan cuci tangan
Deskripsi:
Pemberian penyuluhan kepada anak-anak mengenai pentingnya mandi, gosok gigi, dan cuci tangan sebagai usaha menjaga kesehatan, dengan peragaan atau media dengan kreatifitas masing-masing daerah.
Petunjuk teknis secara umum:
Menyebutkan pentingnya mandi, akibat tidak mandi, dan berapa kali mandi.
Menyebutkan pentingnya cuci tangan dan akibat tidak cuci tangan
Menyebutkan pentingnya menggosok gigi, akibat tidak menggosok gigi, dan berapa kali menggosok gigi.
Output:
Anak-anak mengetahui dan memahami tentang pentingnya mandi, gosok gigi, dan cuci tangan.

2. Sepeda sehat ceria
Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Pawai sepeda sehat anak-anak, dengan rute yang ditentukan oleh masing-masing daerah, dan tidak diperlombakan. Sepeda dapat dihias sesuai keinginan yang disukai anak-anak.
Output:
Anak-anak mengetahui manfaat bersepeda dalam kesehatan dan menjaga lingkungan.
3. Walk nature and Plant trees
Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Mengajak anak-anak untuk mengunjungi daerah-daerah bernuansa alam, dan menjelaskan pentingnya menjaga lingkungan, yang dilanjutkan dengan penanaman pohon cilik bersama-sama.
Output:
Anak-anak mengetahui pentingnya melestarikan lingkungan.

4. Membuat origami dan Menuliskan harapan
Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Belajar membuat origami bersama-sama, dan menuliskan nama dan cita-cita di kertas berwarna, yang dikumpulkan dan ditempelkan menjadi satu dalam karton, yang kemudian menjadi dokumentasi.
Output:
Anak-anak termotivasi untuk meraih cita-citanya.

5. Melukis layang-layang dan Menuliskan harapan
Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Anak-anak melukis apapun yang mereka sukai di atas layangan polos yang sudah disiapkan panitia, dan juga menuliskan cita-citanya di layangan tersebut, yang nantinya diterbangkan bersama-sama.
Output:
Anak-anak termotivasi untuk meraih cita-citanya.
6. Cerita dongeng dan pementasan

Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Panitia memerankan tokoh-tokoh yang ada di dalam dongeng, dengan menggunakan beberapa dongeng dan kemudian melakukan diskusi interaktif dengan anak-anak mengenai pesan moral yang ada pada dongeng tersebut maupun tokoh-tokohnya, dan diakhir setiap dongeng diberikan kesimpulan tentang pesan moril sebenarnya.
Output:
Anak-anak mendapatkan pesan moral yang positif dari setiap dongeng

7. Berbagi buku untuk sahabat
Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Anak-anak membawa 1 buku bacaan yang sudah tidak terpakai, bisa buku pelajaran atau buku cerita, yang dikumpulkan secara kolektif dan disalurkan untuk anak-anak yang membutuhkan (anak-anak jalanan atau anak-anak yang membutuhkan di daerah masing-masing), sifat tidak wajib.
Output:
Anak-anak mengetahui manfaat dari berbagi dan memperkenalkan kebiasaan berbagi dengan yang lain.

8. Surat cinta untuk ibu dan Surat cinta untuk ayah
Deskripsi dan petunjuk teknis secara umum:
Anak-anak menuliskan surat cinta untuk ibu dan untuk ayah secara terpisah, yang kemudian dikumpulkan ke panitia dan dibacakan, kemudian didiskusikan tentang jasa-jasa orang tua, pentingnya berbuat baik kepada orang tua, serta mendoakan orang tua.
Output:
Mengingatkan kembali anak-anak tentang kebaikan orang tua, dan cara berbuat baik pada orang tua.

gambar diambil dari google oleh: blog bagindaery
oleh: Lafi Munira
artikel by: http://edukasi.kompasiana.com/2012/08/10/macam-kegiatan-perlombaan-bernilai-positif-untuk-anak-dalam-memperingati-hari-kemerdekaan-17-agustus-483420.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...