Translate

ARTIKEL PILIHAN

Apakah Lagu Oplosan termasuk lagu Religi? ( Pada jaman dahulu kala kita hanya bisa mendengarkan lagu2 religi islam dinyanyikan dengan irama gambus atau irama padang pasir )

Written By Situs Baginda Ery ( New ) on Selasa, 06 Agustus 2013 | 16.10

Pada jaman dahulu kala kita hanya bisa mendengarkan lagu2 religi islam dinyanyikan dengan irama gambus atau irama padang pasir dan biasa disebut Qasidah. Walaupun dalam perkembangannya banyak lirik lagu2 qasidah yang bersifat umum, tetapi karena masih berirama qasidah tetap saja itu dikategorikan lagu religi.
Tetapi masa2 itu sudah berlalu, dan jrenggg bergantilah masa sekarang ini. Dengan dipelopori trio Bimbo plus Iin Parlina, grup musik asal bandung yang sebelumnya dikenal dengan musik baladanya itu mulai mengenalkan musik dengan lirik2 religi yang nge pop. Kebanyakan lirik lagu2 tersebut karya Taufik Ismail. Beberapa lagu Bimbo yang sampai sekarang sering diputar oleh beberapa radio dan televisi dan tetap bisa nikmati terutama pada bulan ramadhan adalah Aishah adinda kita, sajadah panjang dan yang paling fenomenal adalah Tuhan.
http://images.sodahead.com/polls/001798343/3513381600_People_Dancing_Silhouette_psd9849_xlarge.png Sementara itu dijalur dangdut, Si Raja dangdut Rhoma Irama atau biasa dipanggil Bang Haji tetap konsisten menulis lagu2 dangdut yang berisi pesan2 moral. Mulai dari Judi, Mirasantika dan lain-lain (hehehehe penulis ga hafal lagu2 bang haji) tapi seingat saya memang banyak lagu2 bang haji yg bertema religi.
Dan untuk saat ini, hampir semua penyanyi dan grup band (tentu saja yang beragama islam) pernah mengeluarkan album maupun single yang bertema religi. Terutama untuk menyambut bulan suci ramadhan.
Tetapi ada salah satu penyanyi yang khusus menyanyikan lagu2 religi yaitu Opick. Mantan penyanyi rock ini berasal dari Jember Jawa Timur, berarti satu kota sama Anang Hermansyah dan Dewi Persik. Terus apa hubungannya? Ya hubungannya baik2 saja hehehehe. Pernah dengar lagu Tombo Ati versi Opick? Menurutku itulah lagu religi terbaik sepanjang masa. Hehehe lebay. Walaupun lagu Tombo Ati ini banyak di cover dan dinyanyikan dengan berbagai versi, menurutku versi Opicklah yang paling gokil.
Sementara itu saat ini dijawa timur pada umumnya lagi menggilai lagu2 dengan irama dangdut koplo. Lagu wajib yang pasti direquest pencinta dangdut koplo, baik di radio atau di konser2nya adalah Wedi Karo Bojomu dan satu lagi adalah Oplosan.
Entah siapa pencipta Lagu Oplosan ini dan juga siapa penyanyi aslinya, lagu berbahasa jawa ini sarat dengan pesan2 moral. Seperti diketahui Oplosan adalah istilah untuk campuran berbagai jenis minuman (dan kadang2 salah satu campurannya bukan minuman juga) yang tujuan akhirnya adalah menjadi minuman yang untuk mabuk2an.
Mungkin terinspirasi dari banyaknya kejadian orang yang menjadi cacat tetap seperti kebutaan, bahkan tidak sedikit yang meninggal, maka terciptalah lagu Oplosan ini. Lagu yang liriknya berbahasa jawa ini menceritakan betapa berbahayanya minuman keras, selain menghambur2kan uang untuk beli minuman, juga bisa merusak pikiran bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Oleh karena itu lagu ini mengajak untuk berhenti mabuk2an yang tidak berguna itu.
Ini lirik lengkapnya :
opo orak eman duite gawe tuku banyu setan
opo orak mikir yen mendem iku biso ngrusak pikiran.
ojo di teruske mendeme
mergo orak ono untunge.
yo cepet lerenono mendemmu
ben dowo umurmu.
reff
oplosan.oplosan.oplosan.
sawangen kae kanca kancamu akeh do poda gelempangan
ugo akeh sing kelesetan di tumpaake ambulan.
yo wes cukup anggonmu mendem
yo wes cukup anggonmu gendeng.
do mari mario yo leren lerenno
ojo di terus terusno
reff
tutupen botolmu, tutupen oplosanmu
emanen nyawamu ojo mbok terus teruske mergane orak ono gunane.
Oplosan oplosan oplosan.
opo orak eman duite gawe tuku banyu setan
opo orak mikir yen mendem iku biso ngrusak pikiran.
ojo di teruske mendeme
mergo orak ono untunge.
yo cepet lerenono mendemmu
ben dowo umurmu
Memang bagus sekali lirik lagu oplosan ini. Saya selama hidup belum pernah nonton konser dangdut, apalagi dangdut koplo dan hanya sesekali saja lihat berita di TV bagaimana sering adanya kerusuhan di konser2 semacam ini. Jadi bayangan saya ada penyanyi cantik dengan pakaian minim dan goyangan yang hot, menyanyikan lagu Oplosan dan penontonnya pun bergoyang sambil mengacung2kan botol minuman keras…
Duhh….
Apakah lagu oplosan ini termasuk lagu religi?
Wallahu ‘alam bishowab
by: http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/07/11/apakah-lagu-oplosan-termasuk-lagu-religi-572655.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

ARTIKEL PILIHAN

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...