GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Lebih Detail Melihat Peluang – Cerita Sukses Ibu Nana

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 25 Juli 2012 | 15.41

Peluang pasar untuk usaha kita masih sangat terbuka luas. Tidak hanya pasar di dalam negeri, pasar di luar negeri pun bisa membuka peluang. Begitu banyak peluang yang bisa kita garap untuk mewujudkan mimpi wira usaha yang sudah lama kita pikirkan.

Seperti yang dialami oleh produsen alas laptop, lap topper. Bisnis lap topper menuai sukses sejak 2008. Karena kualitas dan kerja kerasnya, produk ini sudah akrab dengan pasar di Australia dan Mesir.Menurut Juananda Sutan Assin, biasa dipanggil Ibu Nana, peluang bisnis dalam negeri masih sangat terbuka. Pengusaha hanya perlu hal yang berbeda untuk ditawarkan kepada pasar.Suksesnya usaha yang dirintis Ibu Nana tidak lepas dari beberapa upaya yang ia terapkan. Ia yakin ada beberapa hal yang bisa membuat produk atau barang baru bisa diterima di pasar dengan baik.Ibu Nana bepikir bisnisnya tidak akan bisa berjalan jika Ia tidak berani mengambil resiko. Kita sudah bisa menempatkan bahwa ersiko adalah hal penting yang kita pertimbangkan dalam memulai bisnis. Ibu tiga orang anak ini kemudian memberanikan diri mengambil resiko untuk memulai bisnisnya.Ia membawa sekitar lima puluh item lap topper dalam sebuah pameran di Singapura. Harapannya saat itu sederhana, ia berharap pasar suka dengan produknya. Hasilnya ? respon pasar terhadap produknya tidak terduga, semua produk yang ia bawa berhasil terjual. Apa yang membuat produknya laku ? Ternyata produknya punya orisinalitas dan beda.

Waktu terus bergulir, Ibu Nana merasa ada yang harus lebih diperhatikan untuk produknya itu. Hal lain yang pentng adalah intensitas waktu. Bayangkan saja, meski produknya sudah diterima pasar tapi Ibu Nana butuh satu tahun untuk memperkenalkan produknya hingga akhirnya permintaan lap Topper kian bertambah. Semakin hari kapasitas produksinya bisa mencapai 2000 item. Ibu Nana yakin kalo bisnis bakalan berhasil kalo kita bisa konsisten dengan waktu dan cara kita menentukan keberhasilan bisnis.

Oh ya, kadang-kadang kan kita gak sabar saat menjalankan bisnis, atau tergoda untuk melakukan bisnis yang lain sementara bisnis atau usaha sebelumnya belum ditangani dengan serius. Rumusan ini tidak berlaku buat Ibu Nana. Dalam menjalankan bisnis atau usahanya, Ibu Nana selalu fokus dan memberikan komitmen dengan bisnis yang sedang dibangun. Ia melibatkan dirinya langsung dalam operasional usahanya dan ini sangat penting sehingga bisa mengontrol segala sesuatunya dalam proses pengembangan awal bisnis.Salah satu kegiatan yang sangat efektif dalam mempromosikan produknya, Ibu Nana aktif mengikuti berbagai ajang promosi, Ia rajin ikutan dalam pameran atau bentuk kerja sama lainnya. Walhasil,produknya berhasil menjaring pasar . Kita perlu mengambil resiko – termasuk resiko untuk melakukan promosi.

Selain strategi promosi, konsistensi mengembangkan usaha dan komitmen dengan waktu dan layanan hal lain yang tidak kalah penting yang dilakukan Ibu Nana adalah membangun kepercayaan dengan pelanggan.Kepercayaan pelanggan produk atau jasa kita akan muncul dari cara kita membangun relasi usaha. Dimana Ibu Nana bisa menemukan kepercayaan pelanggan ? Pertama dari kepuasan pelanggan atas produknya, juga pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.Ibu Nana dan semua yang menjalankan usahanya sangat berkomitmen dengan pengiriman tepat waktu, dan sebagai pemilik usaha, Ibu Nana tidak bosen-bosennya menerima keluhan dan permintaan pelanggan kapan pun. Sikap seperti inilah yang penting untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan.

Dasar dari semuana adalah komunikasi yang baik. Ibu Nana dan kita tentu yakin dengan berkomunikasi yang terbangun merupakan pondasi yang kuat untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan dan bahkan relasi bisnis kita.Kisah Ibu Nana dengan produk lap Topper nya banyak memberi kita inspirasi. Dari soal keyakinan menjalankan bisnis, keyakinan untuk sukses dan konsistensi menjalankan bisnisnya. Kita tentu bisa melakukan apa yang yang dilakukan Ibu Nana dan usahanya. Kenapa tidak, kata orang bijak, sukses dan gagal kita yang membuatnya sendiri. Dan, kita pasti ingin sukses bukan ?

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...