GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Drama Korea dapat dijadikan sebagai Sumber Inspirasi Kehidupan Kita

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 25 Juli 2012 | 14.00

Menonton drama Korea adalah salah satu hoby saya yang lain selain membaca. Kenapa drama Korea? Saya rasa jawabannya sama dengan yang orang lain oikirkan yaitu ceritanya yang 90% masuk akal dan hanya 10% yang dramatisasi. Beda dengan sinetron kita yang kebalikannya. Kecuali FTV dan Sinema Wajah Indonesia tentunya. Akhir ceritanya juga jelas. Episodenya pendek. Ada juga yang panjang tapi presentase kemasukakalan ceritanya tetap bisa ditolerir.


Dan sama halnya dengan membaca, tiap menonoton saya pasti mencerna tiap dialog atau narasi yang digunakan didrama Korea dengan serius dan selalu mencoba menelaah dan mengambil yang positif untuk menjadikannya inspirasi dalam berbagai aspek kehidupan saya pribadi. Meski saya menontonnya sudah dalam bentuk dubbing dalam bahasa Indonesia tapi saya yakin TV nasional yang menayangkannya punya penerjemah bahasa yang handal. Dan kalimat atau dialog menarik dan inspiratif yang sudah menjadi bahsa Indonesia saat saya tonton tersebut antara lain:


Belajar mencintai dirimu sendiri adalah cinta yang paling besar - Michael Masser (narasi disalah satu episode Miss Ripley). Menurut saya kalimat ini mengajarkan kita untuk belajar sedikit egois, atau mementingkan diri sendiri. Dalam artian agar suatu saat kita tidak mudah tersakiti oleh banyak hal yang mungkin tersakiti dalam sepanjang perjalanan hidup kita, bahkan hal sepele yang bisa saja sebenarnya tidak penting dan tidak pantas untuk membuat kita merasa tersakiti.


Bagi dunia mungkin kamu hanya satu orang, tapi kadang bagi satu orang kamu mungkin adalah sebuah dunia (narasi di salah satu episode Miss Ripley). Yang bagi saya ini artinya adalah bahwa diri kita sangat berharga, meski disisi lain kita bisa saja dianggap oleh orang lain buruk tapi disisi lain pasti tetap ada orang yang sangat menyayangi dan menghargai kita dengan amat sangat. Jadi jangan biarkan diri kita menjadi jatuh atau tidak berharga hanya karena hal-hal yang sebenarnya sepele dan terkadang tidak penting.


Wanita, seorang ratu bisa jadi pembantu dan seorang pembantu bisa menjadi ratu. Dan itu bisa terjadi tergantung bagaimana pria yang dicintainya tersebut memperlakukan si wanita (diucapkan tokoh Seul yang diperankan Kim Sarang didrama Secret Garden). Dan menurut persepsi saya adalah, terkadang wanita bisa berubah karena perjalanan cinta yang dialaminya. Pada saat dia disakiti oleh orang yang dicintainya dia bisa jadi jahat, pendendam dan berbuat hal-hal yang tidak masuk akal yang bisa menjerumuskannya kedalam hal yang buruk dan terkadang bahkan bisa menjatuhkan harga dirinya sendiri. Begitu pula sebaliknya, saat seorang wanita dicintai dengan tulus dan indah, yang brutal, seram dan ganas pun pasti bisa luluh, baik dan menjadi mengagumkan.


Mencintai dimasa sulit adalah cinta (dialog ibu Park Jihyung, tokoh utama pria yang diperankan Kim Raewon di drama A Thousand Days Promise). Kalimat ini sangat jelas, cinta yang sebenarnya adalah cinta yang tetap ada baik itu dimasa susah. Meski sesulit apapun keadaanya cinta itu tetap tidak tidak berubah.


Cinta kadang menjadi takdir yang menentukan jalan hidup seseorang (juga dialog ibu Park Jihyung di drama A Thousand Days Promise). Untuk kalimat ini menurut saya juga sangat inspiratif dan menarik. Tapi silakan persepsikan sendiri karena ada kata “takdir” biasanya bagi yang fanatik ini menyangkut agama. Dan biasanya menimbulkan gesekan yang tidak diinginkan jadi kita persepsikan masing-masing.


Jangan pernah menyimpan dendam dalam hati karena dendam bisa berubah jadi duri yang siap menusuk hatimu sendiri hingga berdarah (dialog yang diucapkan tokoh Seo Jung Eun yang diperankan Han Hye Jin didrama Thorn Bird). Kalimat ini sudah sangat jelas maksudnya, kita tidak boleh memiliki sifat pendendam. Karena suatu saat pasti akan membuat kita sendiri yang rugi dan celaka.


Bisnis tidak bisa selalu dilakukan dengan bersih dan jujur (dialog yang diucapkan oleh bibi dari tokoh utama pria Hyun Ki Joon yang diprankan oleh Kang Ji Hwan di drama Lie to Me). Membuat kita sadar bahwa hal ini memang banyak terjadi dimana pun. Bahkan di Indonesia banyak contoh nyata yang bisa kita lihat mulai dari bisnis kalangan bawah hingga kelas atas.


Dan dialog yang paling bagus dan sangat sesuai dengan keadaan kita sebagai penulis baik penulis yang sudah sukses dengan sederet bukunya maupun yang baru mulai belajar adalah dialog yang diucapkan oleh tokoh Han Jung Woon yang diperankan oleh Kim Hyun Joo di drama Twinkle Twinkle episode 52 yang baru tayang kemaren rabu tanggal 2 Mei 2012 di Indosiar, yang mana dialog ini diucapkan saat tokoh Han Jung Woon ditanya oleh tokoh Hwang Geum Ran yang diperankan oleh Lee Yoo Ri “dari mana kau mendapatkan ide menulis?” dan dijawab “aku selalu berpikir apa yang bisa aku tinggalkan nanti untuk anak cucuku, jadi aku berpikir untuk menulis hal yang aku sukai untuk aku baca dan pastinya nanti akan disukai pula oleh mereka. Karena itu aku ingin menulis dan menerbitkan buku yang layak untuk diperlihatkan pada mereka kelak agar bisa mewariskan sesuatu yang berharga untuk mereka dan mereka bisa bangga dengan warisan tersebut”


Ini hanya sedikit dari sekian banyak inspirasi yang bisa saya dapat saat menonton drama Korea. Saat orang selalu berpikir budaya-budaya asing atau luar yang mempengaruhi dan menginvasi kita bisa mengikis kecintaan kita pada budaya nasional kita sendiri saya tidak berpikiran demikian. Kita sudah tidak mungkin membendung pertukaran budaya yang terjadi diera global dan serba digital seperti sekarang ini, termasuk masuknya budaya Korea yang terkenal dengan sebutan Kpop nya yang mewabah dimana-mana. Yang bisa kita lakukan hanyalah menyaringnya, ambil yang baik buang yang buruk. Termasuk saat menonton drama mereka yang banyak tayang dinegara kita. Ambil dan cari hal baik dan inspiratifnya. Seperti yang saya dapatkan dan saya uraikan diatas. Jangan nonton hanya sekedar nonton tokoh-tokohnya yang memang cantik dan ganteng saja. Tapi banyak hal yang bisa kita pelajari didalamnya. Yang mana hal ini tidak bisa kita dapatkan saat kita menonton sinetron striping Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...