GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Persamaan Nazi dan Bolshevik

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 10 April 2011 | 11.07

Apakah kebetulan, iya atau tidak setidaknya saya menemukan insipirasi Adolf Hitler dalam NAZInya. Antara Nazi dan Bolshevik banyak memiliki kesamaan :

1. Simbol
Simbol antara NAZI dan Bolshevik adalah unik. Dalam arti, memiliki ciri khas dan tidak sederhana. Jika Bolshevik memakai lambang palu arit, maka Nazi memakai simbol swastika. Bolshevik pun mengganti bendera Rusia dengan bendera merah dengan palu arit. Sedangkan Nazi jerman mengganti bendera Jerman menjadi bendera swastika. Diberbagai acara dan tempat publik, simbol-simbol ini sangat sering ditampilkan.

2. Kediktatoran satu partai
Kediktatoran satu partai pertama kali diperkenalkan oleh Karl Marx dalam Manifesto Komunis. Kediktatoran satu partai benar-benar diimplementasikan oleh Uni Soviet. Selanjutnya, Partai Nasionalis Sosialis pun juga mengikutinya.

3. Memiliki Para-militer
Uni Soviet memiliki pasukan khusus sebelumnya yaitu Tentara Merah untuk melenyapkan pasukan putih kontra-revolusi. Nazi juga memiliki para-militer SA kemudian SS.

Waffen SS

Tentara Merah

4. Sabuk Paramiliter
Walaupun sabuk dilengan diperkenalkan oleh bangsawan Prusia-Jerman dan pekerja medis perang, namun sabuk ini kemudian diperkenalkan kembali oleh tentara Merah dan simpatisan komunis dalam seragamnya. Nazi pun juga melakukannya.

5. Yel-Yel
Pasukan Tentara Merah punya yel “Ura….!” yang masih dipakai Rusia hingga sekarang. Sedangkan NAZI dengan “Sig Heil” plus salam khasnya.

6. Ekonomi Terpusat
Nazi dan Sovyet memiliki sistem yang sangat terpusat. Hal ini bertujuan agar perekonomian berjalan sesuai dengan tujuan-tujuan Partai. Salah satu gol mereka adalah industrialisasi demi meningkatkan kekuatan militer. Walau demikian, Nazi boleh dikatakan agak lebih moderat. Buruknya sistem ini baru disadari dan ditindak-lanjut oleh Mikail Gorbachev.

7. Pola Pergerakan

Pola pergerakannya hingga meraih kekuasaan adalah hampir sama. Soviet memanfaatkan revolusi Februari oleh kaum Sosial Demokrat pimpinan Kerensky untuk mengambil alih kekuasaan yang dikenal dengan Revolusi Oktober. Nazi menggunakan pemilu 1933 untuk memimpin Jerman. Mereka sama-sama membangun kediktatoran Partai dengan memanfaatkan para-militernya hingga menguasai militer utama.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...