GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

THE BANK JOB: Menguak Misteri Perampokan Bank

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 13 April 2011 | 12.36

Terry Leather (Jason Statham) adalah seorang pedagang mobil yang punya masa lalu buruk. Setelah menikah, Terry memutuskan untuk meninggalkan masa lalunya dan memulai hidup baru. Semuanya berjalan sesuai rencana Terry sampai Martine Love (Saffron Burrows) datang menawarkan sebuah ‘pekerjaan’ buat Terry. Martine ingin Terry merancang sebuah perampokan bank di Baker Street London.

73854 210x300 THE BANK JOB: Menguak Misteri Perampokan BankRencana Martine yang terdengar mudah membuat Terry curiga. Namun karena Terry sendiri sedang membutuhkan uang, ia akhirnya setuju. Terry kemudian menghubungi Dave Shilling (Daniel Mays) dan Kevin Swain (Stephen Campbell Moore) dan menyusun rencana untuk membobol lemari besi bank itu. Rencananya mereka akan menggali terowongan untuk menembus lantai lemari besi bank tersebut.

Tanpa disadari Terry, Dave, dan Kevin, ternyata Martine terlibat dengan pihak lain yang menghendaki perampokan itu berjalan lancar.

Film ini dibuat berdasar kisah perampokan yang benar-benar terjadi di Inggris pada tahun 1971. Para perampok itu berhasil melarikan uang tunai dan perhiasan senilai 3 juta Poundsterling. Anehnya tidak pernah ada penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan tidak pernah ada tertuduh yang ditangkap. Hasil perampokan itu pun tidak pernah ditemukan. Selama 30 tahun lebih tidak pernah ada pemberitaan mengenai barang-barang yang dirampok saat itu. Film ini adalah untuk pertama kalinya media mengupas kasus itu.

Film arahan sutradara Roger Donaldson yang dirilis oleh Lions Gate Entertainment ini berhasil masuk 10 besar box office dan meraup lebih dari US$63 juta sejak dilepas akhir Februari 2008 lalu. Film yang mengambil lokasi pengambilan gambar di Inggris ini menghabiskan dana sekitar US$ 6 juta dalam masa produksinya.

Meski dibuat berdasar kisah nyata namun bukan berarti bahwa film ini dapat dijadikan acuan tentang apa yang sebenarnya terjadi pada kisah perampokan misterius ini. Malahan kita tak akan pernah tahu seberapa banyak ‘bumbu’ yang telah digunakan sang sutradara dan penulis naskah untuk membuat film ini jadi terlihat menarik sebagai sebuah tontonan.

Dari sisi cerita, film ini mungkin tak berbeda jauh dari OCEAN’S ELEVEN dan dua film kelanjutannya: OCEAN’S TWELVE dan OCEAN’S THIRTEEN. Bahkan alur cerita mulai dari perencanaan perampokan hingga eksekusi pun masih tak jauh beda dengan ketiga film itu. Bedanya mungkin adalah, jika trilogi OCEAN tak ada unsur politik, dalam film ini intrik politik memang menjadi latar belakang yang tak terlepaskan.

Dan satu hal lain yang jelas membedakan antara THE BANK JOB dan trilogi OCEAN adalah bahwa THE BANK JOB lebih terasa alami dalam artian tak ada trik-trik yang kadang sedikit terasa tak masuk akal. Film ini terasa lebih nyata, apa lagi dengan setting tahun 70-an dengan segala keterbatasan yang ada saat itu.

Meski film ini bukan kelas film Oscar, namun secara keseluruhan, baik dari sisi penyutradaraan, penulisan naskah, pengambilan gambar, hingga akting para pendukungnya terasa cukup wajar tanpa ada kesan dipaksakan. Ini membuat film ini jadi terasa lebih enak ditonton ketimbang trilogi OCEAN.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...