GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Ahmadiyah: Muhammad Nabi Terakhir, Mirza Ghulam Hanya Guru

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 01 April 2011 | 19.16

Irwan Nugroho - detikNews

Jakarta - Gelombang protes terhadap Ahmadiyah masih berlangsung di daerah-daerah. Namun, Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) telah meluruskan dan mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman. Sedangkan Mirza Ghulam Ahmad, yang selama ini disebut-sebut sebagai nabi, menurut JAI, hanyalah sebagai guru.

Penegasan sikap JAI ini disampaikan Ketua Pengurus Besar JAI Abdul Basit dalam jumpa pers di Bayt Al Quran, Balitbang Departemen Agama (Depag), Kompleks TMII, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2008). "Kami adalah bagian dari Islam," kata Basit.

Selama ini Ahmadiyah diprotes dan diserbu oleh sebagian kaum muslim akibat ajarannya yang menolak Muhammad SAW sebagai nabi terakhir (khatimul anbiyaa'). Ahmadiyah mempercayai Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabinya. Ini tercermin dalam syahadat yang mereka ucapkan.

Karena itulah, sejumlah kalangan meminta agar Ahmadiyah dibubarkan. Bila tidak, Ahmadiyah diminta untuk membentuk agama sendiri di luar Islam. Selama ini, ajaran-ajaran Ahmadiyah yang menolak Muhammad SAW sebagai nabi terakhir ini sudah bukan menjadi rahasia lagi.

Namun, Abdul Basit mengklarifikasi masalah ini. Dia meminta masyarakat untuk tidak salah paham. Untuk mengklarifikasi masalah ini, JAI mengeluarkan 12 pokok keyakinan Ahmadiyah yang dibacakan dalam konferensi pers.

Dari 12 pokok keyakinan itu, yang paling menarik adalah butir 1, 2, dan 3, yang isinya sebagai berikut:

1. Kami warga Jemaat Ahmadiyah sejak semula meyakini dan mengucapkan dua kalimah syahadat sebagaimana yang diajarkan oleh Yang Mulia Nabi Muhammad Rasulullah SAW, yaitu Asyhaduanlaa-ilaaha illallahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasullulah, artinya: aku bersaksi bahwa sesungguhnya tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah Rasulullah.

2. Sejak semula kami warga jemaat Ahmadiyah meyakini bahwa Muhammad Rasulullah adalah Khatamun Nabiyyin (nabi penutup).

3. Di antara keyakinan kami bahwa Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad adalah seorang guru, mursyid, pembawa berita dan peringatan serta pengemban mubasysyirat, pendiri dan pemimpin jemaat Ahmadiyah yang bertugas memperkuat dakwah dan syiar Islam yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW.9. Kami menyatakan bahwa setiap masjid yang dibangun dan dikelola oleh jemaat Ahmadiyah selalu terbuka untuk seluruh umat Islam dari golongan manapun.

9. Kami menyatakan bahwa setiap masjid yang dibangun dan dikelola oleh jemaat Ahmadiyah selalu terbuka untuk seluruh umat Islam dari golongan manapun.

Butir ke 9 ini juga merupakan klarifikasi atas informasi yang beredar di masyarakat bahwa Masjid Ahmadiyyah terlarang untuk umat non Ahmadiyah.

Dengan 12 pokok keyakinan itu, Ahmadiyah telah berubah. Mengapa berubah? Basit tidak menjelaskan dalam konferensi pers itu. Hanya saja Basit menyatakan bahwa sejak semula Ahmadiyah meyakini dan mengucapkan kalimat syahadat sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Yang jelas, keluarnya 12 pokok keyakinan Ahmadiyah ini setelah JAI melakukan tujuh kali dialog dengan Balitbang Depag sejak September 2007 lalu. (asy/nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...