GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Pengamat: Umar Patek Kunci Utama Ungkap Jaringan Teroris

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 31 Maret 2011 | 19.46

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat terorisme dari International Crisis Group (ICG), Sidney Jones, mengatakan, Umar Patek menjadi kunci utama untuk mengungkap jaringan teroris di Asia Tenggara dan Asia Selatan. "Kabar tertangkapnya Umar Patek itu bagus sekali dan diharapkan bisa segera mengungkap jaringan teroris di Asia Tenggara dan Asia Selatan," kata Sidney Jones di Jakarta, Rabu (30/3).

Umar Patek alias Abdul Ghoni alias Abu Syeikh alias Umar Arab dikabarkan ditangkap aparat keamanan Pakistan awal Maret 2011. Peracik bom itu menjadi salah satu otak pelaku bom Bali I pada Oktober 2002 yang menewaskan 202 orang.

"Lulusan" Afghanistan itu, menjadi buronan paling berbahaya, sehingga Pemerintah Amerika Serikat menghargai kepalanya senilai 1 juta dolar AS. Menurut Jones, Umar Patek kabur dari Indonesia pada 2003 dengan bantuan Abdullah Sonata dan organisasi Kompak pimpinannya. Ia sempat bergabung dengan Front Pembebasan Islam Moro, Filipna (MILF).

Jones menjelaskan, setelah didepak MILF pada 2005, Patek bergabung dengan kelompok Abu Sayaf dan selama di Filipina. Ia diketahui berperan sebagai instruktur para pejuang Islam di sana. Bahkan, Umar Patek ditengarai terlibat dalam konflik Ambon. "Tapi selama dua sampai tiga tahun belakangan ini kita tidak pernah tahu apa kegiatan Umar Patek," ujarnya.

Jones menambahkan, hingga kini masih banyak informasi terkait Umar Patek yang belum terungkap demikian pula dengan jaringan teroris yang berhubungan dengannya. "Banyak informasi yang masih gelap tentang Umar Patek. Seperti apakah ketika Dulmatin kembali ke Indonesia dia juga ikut, atau bagaimana hubungan antara jaringan islam radikal Indonesia dengan Mindanao, kita tidak tahu," ujarnya.(DOR)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...