GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Siapa Pengganti Mbah Maridjan?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 28 Oktober 2010 | 19.01


KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Juru kunci Gunung Merapi Mas Penewu Suraksohargo atau kerap disapa Mbah Maridjan membersihkan halaman rumahnya di Dukuh Kinahrejo, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada pertengahan tahun 2006.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku akan fokus terlebih dahulu menangani korban letusan Gunung Merapi. Saat ini belum ada rencana mencari pengganti Mbah Maridjan yang tugasnya menyiapkan acara rutin Keraton di Gunung Merapi.

Belum ada niat untuk mencari pengganti Mbah Maridjan karena masih fokus pada penanganan korban.
-- Sultan HB X

"Belum ada niat untuk mencari pengganti Mbah Maridjan karena masih fokus pada penanganan korban. Nanti kita carikan lagi penggantinya," ujarnya, saat diwawancarai wartawan, di RS Dr Sardjito, Rabu (27/10/2010) malam.

Menurut Sultan, Mbah Maridjan sulit diajak turun karena merasa punya tanggung jawab terhadap Gunung Merapi. Tahun 2006, Mbah Maridjan juga tidak mau turun dari lereng gunung dengan menjalankan tugas sebagai penjaga Merapi.

Sebenarnya, Sultan mengatakan bahwa Mbah Maridjan pada saat Gunung Merapi bererupsi kemarin sudah bersedia untuk dievakuasi. Namun, Mbah Maridjan minta waktu untuk shalat maghrib terlebih dahulu. Saat shalat itulah, awan panas atau wedhus gembel menerjang kampung dan rumah Mbah Maridjan yang mengakibatkan belasan orang tewas di dekat kediaman Mbah Maridjan.

Sultan mengatakan, Mbah Maridjan bagaikan pasukan disersi kalau meninggalkan Merapi. Dia lebih baik meninggal daripada meninggalkan Merapi. Hal ini, bagi Sultan merupakan konsistensi dan kesetiaan Mbah Maridjan.

"Kalau harus meninggalkan Merapi itu seolah-olah meninggalkan tanggung jawabnya. Dia mengabdi pada tugas dan memilih mati dalam tugasnya itu, apa pun bahayanya. Dia teguh dalam prinsipnya," kata Sultan. (Tribunnews/Willem Jonata)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...