GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Kenapa Halloween identik dengan Buah Labu ?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 23 Mei 2010 | 16.08

Halloween adalah Tradisi perayaan malam panen di daerah Amerika yang sering dirayakan setiap tanggal 30 oktober oleh anak-anak dan orang dewasa dengan memakai kostum yang identik dengan hantu, Alien, Zombie, dan hal-hal yang menyeramkan lainya. Tapi kali ini saya tidak akan membahas bagaimana sejarah Halloween, kali ini saya akan membahas tentang salah satu ikon Halloween, yaitu ukiran labu atau yang sering disebut dengan Jack-o'-Lantern.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzRC4yu5CS7BxRxD6EDArG35eWsQeWWj_6nJL0D7k0Fz0LidocG-TQ7q2iQ8jCEk-l11kaLcEpEWJbEX0tG5XAQJMUaBVojmHyUxvDPujBS52-TM85y9ZYwUO5Qe6YLAG9ensn4HmIGG5q/s320/labu+helowin.jpg

Kita semua sudah tahu bahwa Labu yang diukir dengan wajah yang menyeramkan adalah salah satu hal yang paling berhubungan dengan Halloween. Di amerika, Lentera Jack-o'-Lantern sering diletakkan di depan rumah dan biasa diberi lilin di dalamnya ketika malam sudah mulai larut, hal ini dilakukan agar menambah kesan seram Halloween. Hampir di semua film yang bercerita tentang Halloween pasti menggunakan ukiran Labu sebagai propertinya. lantas kenapa Ukiran Labu atau Jack-o'-Lantern bisa identik dengan Halloween?.

http://www.freeiconsdownload.com/site-images/Large/Halloween_Emoticons_icons.jpg

Pada awalnya, tradisi mengukir labu pertama kalinya diperkenalkan oleh warga Amerika serikat di bagian Utara (negara bgaian Montana, Dakota, Minnesota, Idaho, Oregon, dan wilayah-wilayah bagian utara lainya). Hal ini memang dikarenakan di negara Amerika serikat bagian utara adalah daerah yang banyak menghasilkan Labu besar, oleh karna itulah kemudian seni ukir labu menjadi hal yang lumrah di daerah Amerika bagian Utara.

Lalu penggunaan ukiran labu pada perayaan Halloween sendiri didasarkan pada cerita rakyat Irlandia Tentang si Jack, seorang petani yang mals tapi cerdik. Ia berhasil mengurung iblis di dalam Dompetnya. ia berjanji akan melepaskan Iblis asalkan ia tidak membawa roh Jack ke dalam neraka seandainya Jack nanti mati. Jack pun akhirnya mati dan si Iblis pun lolos dari dompet si Jack. Oleh Tuhan, Roh Jack akan dibawa ke neraka karna selama hidupnya, jack sering berbuat kejahatan, tapi ternyata hal itu dihalang-halangi oleh iblis yang sudah kadung janji pada Jack untuk tidak membawa Jack ke neraka.

Roh Jack pun menggantung entah dimana. jack pun kemudian membuat Lentera dari Lobak yang diukir dan kemudian berkeliling dunia untuk mencari tempat peristirahatanya.



Cerita inilah yang kemudian mendasari pemakaian ukiran lobak untuk perayaan hari Hallowen (karna lentera ukiran lobak identik dengan iblis). Tapi karna langkanya lobak di amerika utara, maka penggunaan lobak diganti dengan buah Labu yang lebih mudah ditemukan. Hingga kini, penggunaan labu sebagai ikon hari Halloween masih tetap dilestarikan oleh penduduk Amerika serikat.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...