Bagaimana produktivitas kerja Anda saat
ini? Apakah Anda merasa sudah Produktif, sudah maksimal? atau Jika di
minta memberi skala 1 hingga 10 ada di mana angka produktif Anda?
Untuk Meningkatkan produktivitas kerja
ada begitu banyak tantangan muncul. Baik dari luar maupun dalam diri.
Tahukah bahwa produktivitas erat kaitannya dengan kesuksesan? Saya yakin
bahwa setiap orang ingin sukses. Setiap orang memiliki goal untuk
dicapai. Setiap orang punya tolak ukur dan definisi sendiri tentang
sukses.
Muncul beberapa pertanyaan berkaitan dengan produktivitas kerja :
1. Apakah ingin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu?
2. Apakah merasa 24 Jam sehari Kurang?
3. Apakah ingin Meningkatkan Produktivitas kerja?
4. Sudah mencoba produktif tapi penundaan selalu datang menghampiri?
5. Ingin Menjadi Individu produktif?
1. Apakah ingin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu?
2. Apakah merasa 24 Jam sehari Kurang?
3. Apakah ingin Meningkatkan Produktivitas kerja?
4. Sudah mencoba produktif tapi penundaan selalu datang menghampiri?
5. Ingin Menjadi Individu produktif?
Jika Anda merasa hal diatas sering
terjadi dalam hidup Anda. Silahkan lanjut membaca artikel ini, saya akan
membagikan 13 tips meningkatkan produktivitas kerja. Silahkan pilih
mana yang cocok lalu terapkan agar bisa menunjang produktivitas dalam
bekerja.
Produktivitas kerja bisa dilihat dari
outputnya. Ini merupakan kunci untuk membedakan orang berhasil atau
tidak berhasil. Produktivitas merupakan kemampuan seseorang dalam
menyelesaikan pekerjaan. Dalam waktu tertentu dengan kualitas baik.
Produktivitas kerja dapat dilihat dari efektifitas dan efisiensi. Serta
sikap mental yang selalu ingin meningkatkan kinerja terus menerus.
Berikut 13 Tips Mudah Meningkatkan produktivitas kerja :
1.BANGUNLAH LEBIH PAGI
Mulailah kebiasaan bangun lebih pagi.
Ketika bangun lebih awal, hari menjadi lebih panjang. Bisa melakukan
lebih banyak hal. Waktu pagi yang tenang adalah waktu yang paling cocok
bagi kita untuk memecahkan masalah-masalah penting, karena pada waktu
pagi otak santai. Pikiran jauh lebih tajam. Hampir 80% orang sukses
bangun lebih awal dari orang kebanyakan. Penelitian dari Roehampton
University di Inggris oleh Dr Joerg Huber menyimpulkan bahwa bangun pagi
membuat tubuh sehat, mood baik. Bangun pagi cenderung membuat orang
lebih bahagia dan produktif.
2.FOKUS PADA SATU TUJUAN
Hal yang membedakan pengusaha sukses
dengan pengusaha yang lebih sukses adalah Tujuan mereka. Mereka
menetapkan Tujuan. Tujuan harus spesifik, jelas dan tepat. Karena tujuan
yang baik akan mengarahkan kita langsung fokus pada apa yang ingin kita
capai. Tujuan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas agar
mendapatkan hasil maksimal.
3.BUATLAH LIST TO DO DONE BERDASARKAN PRIORITAS
Banyak hal yang akan dikerjakan setiap
hari. Membuat kita merasa terbeban. Sehingga nantinya tidak ada satu hal
pun selesai dilakukan. Mulailah list daftar pekerjaan. Urutkan
berdasarkan prioritas. Tentukan tanggal selesai atau jam selesai.
Sehingga bisa fokus. Menyelesaikan step by step agar produktivitas kerja
bisa ditingkatkan.
4.BERIKAN DEADLINE
Deadline di Butuhkan agar kinerja dapat
terorganisir dengan baik. Deadline Bisa Meningkatkan produktivitas
kerja. Deadline membuat lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan serta
memberikan efisiensi waktu.
5.MULAI SAAT INI JUGA
Memulai merupakan bagian paling sulit.
Ada pepatah mengatakan 1000 mil dimulai dari satu langkah. Ketika
berhasil memulai, kita akan terlarut menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Memulai lebih baik dari pada memikirkan semuanya dan tidak menyelesaikan
satu pun. Dengan Memulai maka kita sedang berjalan untuk menjadi
produktif.
6.PASANG TIMER UNTUK SETIAP HAL YANG DIKERJAKAN
Tujuannya adalah agar bisa mengukur
seberapa cepat atau lambat Anda bekerja. Jika perlu bandingkan dengan
rekan kerja. Untuk mendapatkan gambaran seberapa baik dalam
memaksimalkan waktu. Ini akan membantu diri Kita lebih produktif. Kita
bisa mengukur produktivitas kerja sendiri.
7.LAKUKAN ANALISA PADA SETIAP TUGAS
Orang produktif tahu bagaimana
menghabiskan energi yang mereka miliki. Orang produktif melakukan
analisa apakah pekerjaan sudah dilakukan dengan tepat dan maksimal. Hal
ini bisa meningkatkan produktivitas kerja.
8. AMBIL WAKTU ISTIRAHAT
Ambil waktu Lima Menit atau sepuluh
menit. Untuk beristirahat. Hal ini penting untuk mengistirahatkan otak.
Rentang konsentrasi rata-rata di antara orang dewasa hanya 20 menit,
meskipun ada penelitian merekomendasikan istirahat 15 menit setiap dua
jam.
Hal ini tergantung pada tantangan
pekerjaan. Tingkat kesulitannya. Ambil waktu istirahat sejenak.
Istirahat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bisa berjalan
santai, keluar dari ruang kerja. Atau berdiri setelah duduk, meregangkan
sendi-sendi. Intinya adalah menghadiahi diri sendiri, istirahat
sejenak. Menggunakannya untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Atau hanya
sebatas menghirup udara segar pada waktu makan siang.
Di Aquarius Resources kami mulai
istirahat 10 menit setelah 1,5 jam bekerja. Anda bisa tentukan sendiri
berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat agar bisa meningkatkan
produktivitas kerja.
9.IMPROVE YOUR KNOWLEDGE
Mengupdate pengetahuan sangat penting.
Kita bisa belajar dari mana saja. Menambah pengetahuan kita. Seperti:
Membaca Buku, Sharing bersama rekan kerja, bertanya jika mengalami
kendala dalam pekerjaan. Dengan menambah pengetahuan dan mau belajar
maka produktivitas kita akan meningkat.
10.MEMBERIKAN REWARD
Sesekali wajib memberikan reward atas
pekerjaan ataupun pencapaian yang sudah dilakukan. Penghargaan atas diri
sendiri penting untuk memotivasi dan meningkatkan semangat kerja. Kalau
kita saja tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain bisa
menghargai kita?
Sadar atau tidak, terkadang kita lupa
bahwa sesekali kita berhak menerima “reward” atas apa yang telah
dikerjakan selama ini. Bukan dari pacar, atasan, atau orang lain, tapi
dari diri sendiri. kerjaan bertumpuk, tekanan dari lingkungan kantor.
Sadarkah kita bahwa kita berhak untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakan. Bukan di ukur dari keberhasilan yang telah dicapai tapi lihat sejauh mana prosesnya telah dijalani. Reward bagi diri sendiri perlu diberikan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan produktivitas kerja.
Sadarkah kita bahwa kita berhak untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakan. Bukan di ukur dari keberhasilan yang telah dicapai tapi lihat sejauh mana prosesnya telah dijalani. Reward bagi diri sendiri perlu diberikan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan produktivitas kerja.
11. MENGUBAH PEMANDANGAN SAAT BEKERJA
Jika memungkinkan, Anda pergi bekerja di
luar. sesekali Anda bisa bekerja di tempat berbeda. Bisa mengubah
perspektif visual. Seperti ke taman atau kafe. Bisa juga di lobi kantor.
Asalkan Anda tidak merasa terbatas pada dinding atau ruang yang sama.
Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Lokasi ini
mungkin masih sibuk dengan kehidupan dan obrolan. Tetapi mereka akan
segera menjadi “white noise” karena mereka adalah lingkungan yang secara
pribadi tidak terlibat secara emosi dengan Anda.
12. KELUAR DARI CHIT CHAT
Tentukan Jam Sosial Media. Karena kita
terbiasa membuka Skype, Messenger, Twitter, Facebook atau apapun itu,
Pada saat kerja sebaiknya harus dimatikan. Jika Anda ingin menambahkan
sedikit waktu produktif. Karena tanpa disadari membuka sosial media pada
saat bekerja. Banyak sekali menyita waktu. Menghambat diri untuk
meningkatkan produktivitas kerja.
13. RAPIKAN MEJA KERJA ANDA
Pastikan ruang kerja Anda bersih dari
kekacauan yang tidak perlu. Termasuk di atas meja komputer. Ruang
berantakan membuat pikiran jadi tidak terorganisir dan terfokus. Simpan
dokumen-dokumen yang sudah selesai dikerjakan agar tidak ada tumpukan
dokumen. Hal ini akan membantu Anda lebih produktif.
Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
Menjadi Produktif itu sebenarnya mudah. Semoga dari 13 tips ini, salah
satu dua atau bahkan semuanya bisa diterapkan dalam pekerjaan
sehari-hari. Menerapkannya perlu dibarengi dengan keseriusan. Perubahan
sulit dilakukan diawal. Mari memulainya. Latih jadi kebiasaan agar bisa
menjadi orang sukses yang produktif.
Sebagus apapun tips produktif di atas,
hal terpenting adalah mengendalikan situasi. Fokus pada pekerjaan.
Belajar lebih produktif. Anda Bisa membuat strategi dan perencanaan.
Kunci terpenting adalah melakasanakannya lalu mulai meningkatkan
produktivitas kerja. Jangan stres, berhenti membuat alasan. Selesaikan
pekerjaan Anda! Tingkatkan Produktivitas Kerja.
Selamat Mencoba ☺
http://aquariuslearning.co.id/13-tips-mudah-untuk-meningkatkan-produktivitas-kerja/
0 komentar:
Posting Komentar
1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.
Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.
( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )
Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.
Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar
Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com