GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

TIPS DAN CARA Memperbaiki Kompor gas Outdoor Gasmate

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 31 Januari 2014 | 08.16




بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Assalamualikum. Alhamdulillah nuansa Ramadhan masih menyeringai walau telah lewat purnamanya. ini berarti Ramadhan semakin menjauh dari kita. semoga apa yang kita usahakan, kita amalkan dapat di terima oleh Allah SWT sebagai bekal nanti. topik kali ini adalah berkaitan dengan kegiatan Outdoor alam bebas. Tiap kali kita melakukan kegiatan alam bebas, misal mendaki gunung, camping, dan sebagainya. pastinya kebutuhan mendasar adalah kompor, baik itu kompor gas, kompor spirtus, maupun kompor parafin. saya ingin membahas kompor gas khususnya adalah kompor gas dari Gasmate. 

Kompor ini memiliki prinsip pembakaran yang sama dan cara yang sama dengan kompor gas LPG di rumah kita. yang membedakan adalah ukuran tabung dan kegunannya. Kompor ini lebih kecil dan ukuran tabung pun di sesuaikan untuk kegiatan di luar ruangan, simple dan mudah untuk di bawa. Kompor ini pun tidak terlepas dari kerusakan dari pemakaian. biasanya kerusakan terjadi pada :
  1. putaran untuk memperbesar dan memperkecil gas
  2. tersumbatnya salah satu bagian dari kompor (saya ga ngerti istilah2nya :p)
  3. hilangnya seal 
Pernahkah kawan semua memiliki masalah kompor ini . ciri-cirinya adalah, setelah di sambungkan ke tabung gas, dan di nyalakan, nyala api tidak dapat membesar. dan semakin lama mengecil, setelah itu tidak dapat di nyalakan sama sekali, seakan ada yang menyumbat bagian penyalur dari kompor. jika ini pernah terjadi maka mudah sekali untuk memperbaikinya. tak perlu untuk di buang, tapi bisa kok di lempar ke saya. :D
ini adalah akibat dari tabung gas yang kualitas kemurnianya buruk. sehingga dapat menyumbat aliran dari gas itu sendiri. jika kita mengingat pelajaran kimia kelas 3 sd (emang ada?). bahwa setiap zat kimia dengan kemurninan tertentu (purity) selalu memiliki pengotor yang dibawanya. biasanya pengotor hanya di perbolehkan dengan kandungan sekian ppm (part per million). nah kebertepatan gas tabung yang di beli memiliki kandungan pengotor yang banyak, dan sudah tersimpan lama di gudang (stok lama) pengotor yang tiap ppm itu mengendap ke bawah tabung akibat dari gravitasi. oke kembali ke topik.
Nah 17 agustus yang ingin ke gunung untuk ikut upacara bendera, ada baiknya untuk di re check kembali peralatan pentingnya. jangan sampai pengalaman kami membawa 2 kompor gasmate tanpa membawa alternatif kompor lain, dan kompor gasmate kami malah tidak bisa digunakan krn masalah sepele yaitu tersumbat , sehingga kami harus terpaksa meminjam kawan-kawan seperjalanan lainya. semoga tidak terulang kembali. :D
berikut cara untuk membersihkannya : 

1. Bongkar kompor 


2. setelah di bongkar akan menjadi seperti gambar diatas, bagian-bagianya (akan saya update segera bagaimana membongkarnya). saya akan jelaskan bagian-bagianya
dari kiri ke kanan adalah : burner, ring , dudukan burner, kompor gasmate bagian atas + Grid 
Kompor bagian bawah adalah : terdapat valve (katup dan penghubung tabung gas jadi 1), dan juga ada pemantik. 
3. Bagian yang sering bermasalah akibat dari tabung gas yang kotor adalah di spray nya. atau penyemprotnya, dia punya lubang kecil untuk mengeluarkan gas dari tabung, dan di lubang itu lah terjadi penumpukan pengotor akibatnya tersumbat. 
4. Buka Katup dari kompor bagian bawah. lepaskan tabung untuk memberikan suplai oksigen
5. terlihat diatas adalah spray yang memiliki lubang kecil. buka spray tersebut
6. setelah di buka, bersihkan spray tersebut menggunakan air compresor, atau dengan jarum paling kecil ukuranya
7. setelah itu sambung kembali seperti gambar diatas.
8. sambungkan juga dudukan burner
9. Setelah selesai, sambungkan kompor bagian atas (Grid) seperti gambar di atas
10. bagian bawah kompor jangan lupa untuk di kencangkan dengan baut bawaan kompor
11. sambungkan ring sebagai dudukan burner ke kompor bagian atas
12. terakhir sambungkan burner di bagian ulirnya, maka kompor siap di pakai kembali
13. tes kompor yang siap di gunakan.
 
http://afrizalr.blogspot.com/2013/07/tips-memperbaiki-kompor-gas-outdoor.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...