GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Solusi Memperbaiki Kompor Gas: Mengatasi pemantik kompor gas yang tidak mau menyala

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 31 Januari 2014 | 08.02

http://mysimple.files.wordpress.com/2011/04/kompor1.jpgBeberapa waktu yang lalu saya diberitahu oleh istri saya kalau kompor gas tidak mau menyala. Setelah saya periksa, pematik normal, saat dinyalakan pemantik menyala tetapi kompor tidak menyala padahal gas keluar dari tungku. Saya periksa lebih lanjut ternyata gas tidak keluar dari ujung pemantik.
Dari pengamatan saya, ternyata cara kerja pemantik gas cukup sederhana. Ada dua jalur yang berbeda untuk gas ke tungku dan ke pemantik. Jalur ke tungku ukurannya relatif lebih besar sedangkan yang ke ujung pemantik jauh lebih kecil ukurannya.

Saat kompor akan dinyalakan, ada gas yang keluar dijalur pemantik yang dinyalakan oleh pemantik. Saluran gas ke pemantik akan mengalir sepanjang kenop kita tekan. Begitu kenop dilepas maka aliran gas ke saluran pemantik akan berhenti. Begitu gas dipemantik menyala, akan keluar semburan api ke arah lubang tungku. Karena disana ada gas juga, maka tungku akan menyala.
Biasanya masalahnya adalah saluran ke pemantik terhambat karena ada semacam jaring laba2 didalamnya. Kenapa bisa ada semacam itu disana, karena api hanya menyala dibagian ujungnya. Gas baru akan menyala setelah ketemu oksigen. Solusinya sederhana saja, masukkan saya lidi untuk menghilangkan hambatan didalamnya, maka kompor gas akan menyala dengan normal.
Saya pernah menggunakan pendekatan yang berbeda, dengan membakar saluran itu :)
Cara ini efektif tapi tidak saya sarankan karena agak beresiko.
ps. saya bukan tukang kompor gas, jadi pengetahuan saya tentang kompor gas hanyalah masalah yang kebetulan saya hadapi dan cari pemecahannya :)
http://cahyawan.net/2013/10/10/mengatasi-pemantik-kompor-gas-yang-tidak-mau-menyala/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...