GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Resep dan Cara Mudah Membuat Terang Bulan Lezat dan Enak (Martabak Manis)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 14.48

Terang bulan atau martabak manis, siapa sih tidak kenal jajanan yang kerap dijual di pinggir jalan ini? Rasanya yang legit membuat orang sering ketagihan.

Tapi tidak semua kue terang bulan nikmat di lidah. Maklum, namanya juga jajanan kaki lima. Meskipun tahu resep terang bulan yang enak, namun demi meraup untung banyak atau supaya bisa menjual dengan harga lebih terjangkau, penjual terang bulan kerap mengurangi takaran bahan dan topping. Walhasil, terang bulan jadi kurang mantap di lidah. Entah kurang manis, kurang gurih, kurang keju, kurang coklat dan kacang, atau kurang banyak (hihihi).

Daripada pusing muter-muter cari penjual terang bulan yang enak, yuk kita coba resep terang bulan di bawah ini. Gampang banget bikinnya. Saya baru percobaan pertama kali, alhamdulillah langsung sukses jaya! :D

BAHAN:

250 gr terigu protein sedang, ayak
400 ml susu
1 butir telur ukuran sedang
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking soda
1 sdt ragi instan
Gula pasir sedikit untuk taburan
Vanili sedikit saja

Bahan isi:
Susu kental manis putih, meises, keju cheddar parut, kacang, selai, dll (sesuai selera)

CARA MEMBUATNYA:
  1. Campur semua bahan kecuali baking soda. Aduk sampai halus tercampur rata, bila perlu saring atau kocok dengan mixer agar tidak ada sisa adonan yang menggumpal.
  2. Tutup adonan, diamkan selama kurang lebih satu jam dalam suhu ruang.
  3. Siapkan loyang bundar khusus terang bulan atau wajan teflon berdiameter 18-20 cm. Panaskan wajan hingga merata panasnya. Lalu kecilkan api.
  4. Sementara menunggu wajan panas, larutkan baking soda dengan sedikit air, lalu masukkan dalam adonan terang bulan. Aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam wajan panas. Ingat, kalau wajan kurang panas nanti tekstur kue terang bulan menjadi keras, tidak bersarang, alias bantat. Jadi pastikan wajan benar-benar panas sebelum memasukkan adonan ya! Masak dengan api kecil sampai terbentuk gelembung-gelembung di permukaan.
  6. Taburi sedikit gula pasir, lalu tutup wajan.
  7. Tetap masak terang bulan dengan api kecil hingga permukaannya berpori dan kering.
  8. Angkat terang bulan, pindahkan ke piring datar atau talenan. Olesi dengan margarin dan bahan isian lain sesuai selera.
  9. Ready! :D

Terang bulan isi keju yummmy ...! :)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...