GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Meraih Khusyu' dalam Beribadah kepada Allâh Ta'âla ( Kedudukan khusyû’ dalam ibadah, seperti ruh (jiwa) dalam tubuh manusia,[1] sehingga ibadah yang dilakukan tanpa khusyû’ adalah ibarat tubuh tanpa ruh alias mati )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 04 Agustus 2013 | 13.35

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeiQobEf_vS_w7T2-mrf_M5daZBxCQSLCKy32fnxJbJ5AcqTfWFEDBSYAX71-FKQ_I2asMIXglc3dy5n0OcaPb1F9L0Km21WC2nIe6uqhtYcaWFNT_CQb7ej0GtHmiMt6ARInnKl8GJjc/s320/sholat-khusyu-tumakninah.jpg
Kedudukan khusyû’ dalam ibadah, seperti ruh (jiwa) dalam tubuh manusia,[1] sehingga ibadah yang dilakukan tanpa khusyû’ adalah ibarat tubuh tanpa ruh alias mati. Oleh karena itu, Allâh Ta'âla memuji para Nabi dan Rasul dengan sifat mulia ini. Mereka adalah hamba-hamba-Nya yang memiliki keimanan sempurna dan selalu bersegera dalam kebaikan.

Allâh Ta'âla berfirman :

(QS. al-Anbiyâ`/21:90)

Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka (selalu) berdo'a kepada Kami dengan berharap dan takut. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' (dalam beribadah). (QS. al-Anbiyâ`/21:90)

Dalam ayat lain, Dia Ta'âla memuji hamba-hamba-Nya yang shalih dengan sifat-sifat mulia yang ada pada mereka, di antaranya sifat khusyû’:

(QS al-Ahzâb/33:35)

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta'atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, lakilaki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allâh, Allâh telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS al-Ahzâb/33:35)

Bahkan Allâh Ta'âla menjadikan sifat agung ini termasuk ciri utama orang-orang yang sempurna imannya dan sebab keberuntungan mereka,[2] dalam firman-Nya:

(QS al-Mu’minûn/23:1-2)

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya. (QS al-Mu’minûn/23:1-2)

Oleh karena itu, Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam memohon kepada Allâh Ta'âla sifat mulia ini dalam doa beliau:

اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مِسْكِينًا وَأَمِتْنِي مِسْكِينًا وَاحْشُرْنِي فِي زُمْرَةِ الْمَسَاكِينِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Ya Allâh, hidupkanlah aku sebagai orang miskin, matikanlah aku sebagai orang miskin, kumpulkanlah aku di dalam golongan orang-orang miskin pada hari Kiamat”.[3]

Arti orang miskin dalam hadits ini adalah orang yang selalu merendahkan diri, tunduk dan khusyû’ kepada Allâh Ta'âla.[4]

[1]     Lihat kitab Bada-i’ul-Fawa-id (3/518), Faidhul-Qadîr (3/88), Taisîrul-Karîmir-Rahmân (hlm. 547) dan Taudhîhul-Ahkâm min Bulûghil-Marâm (2/82).
[2]     Lihat kitab Taisîrul-Karîmir-Rahmân, hlm. 547.
[3]     HR at-Tirmidzi (4/577), Ibnu Mâjah (no. 4126) dan al-Hâkim (4/358), dinyatakan shahîh oleh Imam al-Hâkim, Imam adz-Dzahabi dan Syaikh al-Albani.
[4]     Lihat kitab al-Khusyu’ fi sh-Shalâh (hlm. 34) dan Tuhfatul-Ahwâdzi (7/16).


(Pembahasan selengkapnya bisa anda simak di Majalah As-Sunnah Edisi Khusus/Tahun XVII)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...