GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bagaimana hukum berdo'a dengan bahasa Indonesia?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 04 Agustus 2013 | 13.32

http://wawasanislam.com/wp-content/uploads/2012/12/berdoa-1.jpg 
Berdo'a dengan Bahasa Indonesia
Assalamualaikum.
Saya mau tanya. Kita diperintahkan untuk banyak berdo'a terutama pada saat sujud dalam shalat. Pertanyaannya, bolehkah berdo'a menggunakan doa yang tidak shahih? Apakah itu termasuk bid'ah? Bagaimana hukum berdo'a dengan bahasa Indonesia?
08573629xxxx
Jawaban:
Wa'alaikumussalam warahmatullâh
Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam telah bersabda:
أَلَا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ اَلْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا , فَأَمَّا اَلرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ اَلرَّبَّ , وَأَمَّا اَلسُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي اَلدُّعَاءِ , فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ
Ingatlah, sesungguhnya aku dilarang membaca al-Qur'an dalam keadaan ruku dan sujud. Adapun dalam ruku' maka agungkanlah Rabb saat itu. Sedangkan saat sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdo'a, maka do'a kalian sangat pantas untuk (dikabulkan). (HR. Muslim no. 479)
Dalam hal ini para Ulama berbeda pendapat, apakah yang dimaksudkan oleh Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam adalah do'a-do'a yang ada contohnya dalam al-Qur'an dan Sunnah? Dan apakah harus menggunakan bahasa Arab ataukah bebas?
Sebatas yang saya ketahui, pendapat yang terkuat dalam hal ini adalah pendapat yang menyatakan do'anya bebas asalkan kandungannya baik, tidak bertentangan dengan kandungan al-Qur'ân dan Sunnah, walaupun tidak ada contohnya dalam al-Qur'ân maupun Sunnah. Bahkan berdo'a menggunakan bahasa Indonesia juga tidak masalah, karena haditsnya tidak memberikan batasan atau kriteria do'a model apa saja yang dibaca atau yang dianjurkan ketika sujud. Dalam hadits tersebut, Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam memberikan perintah atau anjuran yang bersifat umum.
Dalam hadits lain dijelaskan bahwa Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda:
ثُمَّ لِيَتَخَيَّرْ مِنْ اَلدُّعَاءِ أَعْجَبُهُ إِلَيْهِ
Kemudian (setelah selesai membaca tasyahhud sebelum salam) hendaklah dia memilih do'a apa saja yang paling dia sukai.(Muttafaq 'alaih)
Berdasarkan dalil-dalil yang bersifat umum ini, para Ulama pengikut madzhab Imam Syafi'i –rahimahullâh– dan yang lainnya berpendapat disunnahkannya memperbanyak do'a saat sujud dan setelah selesai membaca tasyahhud terakhir sebelum salam. Disunnahkan untuk memperbanyak do'a apa saja asalkan maknanya tidak bertentangan dengan agama, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

(Soal-Jawab: Majalah As-Sunnah Edisi Khusus/Tahun XVI)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...