GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tips Sehat Agar Puasa Kita Fit Selama Bulan Ramadhan

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 12 Agustus 2010 | 17.20

Ramadhan adalah bulan penuh pengampunan bagi mereka yang bertaqwa dan bertawakal dengan memperbanyak amal ibadah. Satu hal yang istimewa adalah puasa Ramadhan yang hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang baliq dan berakal.
Assalamualaikum, sobat semua...! maaf akhir-akhir ini saya bisa lagi memposting artikel terbaru setelah beberapa hari sebelumnya dengan semua doa keluarga, teman, ibu/bapak guru dan juga semua pihak (kawan blogger juga) yang telah menemani langkah hidup saya selama ini bahwa tepatnya kemarin Senin, 9 agustus 2010 saya telah mengikuti ujian Sidang S-1 Jurusan Pendidikan kewarganegaraan, di Universitas Pendidikan Kewarganegaraan,. syukur alhamdulilah... banyak sekali kenang-kenangan yang telah saya lewati dalam menjalani persiapan ketika sedang menyusun skripsi, perjuangan meminta lembar pengesahan, konsultas tentang kelayakan skripsi saya apakah bisa diuji buat nanti ujian sidang, sampai ketika melewati aura hari H-nya Ujiang Sidang skripsi berlangsung.. serasa bisul yang selama ini nempel, kemarin baru bisa keluar..duuh leganya!! hahaha...

Berakhirnya sidang belum berarti berakhir segalanya, tapi ada langkah awal yang baru yang dirasa lebih curam jalan perjuangan dengan segala ilmu yang telah didapat, area pekerjaan dan karir siap menunggu saya, dengan segala persaingan yang kudu saya hadapi. mudah-mudahan Allah memberikan yang terbaik buat saya, khususnya teman seperjuangan saya ketika bersama-sama mengikuti ujian sidang, Irwan Setiawan.. juga sobat semua! Aminn...! ^_^ sekian dulu curhat pengalaman pribadi saya kita kembali fokuskan ke Judul kita tentang Tips Sehat Agar Puasa Kita Fit Selama Bulan Ramadhan

ehmmpp, sobat semua! sudah tidak terasa Bulan Ramadhan 1431 H akan kita jelang dan tugas kita sebagai umat muslim ketika bulan Ramadhan tiba adalah melaksanakan kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan tersebut. Bulan ini sangat dinantikan karena banyak amal ibadah yang akan kita tabung semaksimal mungkin, dengan segala diskon yang telah Allah berika kepada kita semua.

Ada iklan dulu khusus ramadhan buat kita semua ^_^,
Welcome 2 Ramadhan Great Sale !!! Jangan Lewatkan : Obral Pahala besar – besaran Discount Dosa s.d 99 % + Door Prize “Lailatul Qodr” Hanya 30 Hari selama bulan Ramadhan Marhaban ya Rmadhan, selamat menunaikan ibadah puasa
sudah dibaca iklannya? hehe...yuk kita lanjut lagi ke postingan kita..hantemm gan!!

Sobat semua, ada pepatah klasik yang tetep kudu kita ketahui bahwa Mencegah lebih baik daripada Mengobati ^_^, pepatah itu bisa kita laksanakan khususnya nanti ketika memasuki bulan shaum ramadhan, khususnya dalam rangka menjaga badan kita agar tetap sehat dan fit, Nah dari beberapa suber yang saya dapatkan dan dirangkum disini buat sobat semua tentang Tips Sehat Agar Puasa Kita Fit Selama Bulan Ramadhan dan tidak mengganggu aktifitas kita sehari-hari:
  • Senang hati menyambut Ramadhan ternyata sangat berpengaruh pada kualitas berpuasa. Dengan hati senang epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat menghadapi puasa. Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita sangat senang menghadapi puasa. Lambung, usus, ginjal, liver, kulit adalah 5 organ yang paling senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya.
  • Jangan tinggalkan sahur. Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Romadhan yang sangat disarankan, dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.
  • Hindari minuman kopi pada saat sahur karena kopi akan membuat kita lebih cepat mengalami dehidrasi atau kehausan.
  • Mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Hindari makanan berat seperti nasi pada waktu berbuka, namun laksanakan sholat Maghrib terlebih dahulu baru makan.
  • Hindari berbuka dengan minuman dingin atau es, karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal.
  • Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).
  • Pada malam hari usahakan juga untuk banyak minum air putih atau air madu untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi.
  • Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran.
  • Tidur yang cukup akan membuat badan selalu fit saat melaksanakan puasa esok hari.
  • Kurangi merokok selama bulan Ramadhan bagi yang perokok agar kondisi stamina tubuh tetap terjaga.
  • Kendalikan emosi. Rasulullah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah memanajemen emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.
  • Selalu berpikir positif akan menjaga kesempurnaan puasa dan metabolisme tubuh kita.
Dengan segala kesadaran bahwa tips-tips diatas adalah sebagian kecil yang mungkin bisa sobat semua terapkan tentunya untuk melancarkan ibadah puasa Ramadhan kita. Akhir kata saya beserta semua keluarga saya mengatakan " SELAMAT MENYAMBUT HADIRNYA BULAN RAMADHAN 1431 H" Mohon Maaf atas segala kehilafan dan kesalahan saya pribadi khususnya ada kata-kata disebagian artikel saya ada yang menyinggung perasaan sobat semua, sekali mohon maaf dan selamat menunaikan Ibadah Shaum Bulan Suci Ramadhan....

Luthfi Fuadi & Keluarga

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...