GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

[Matematika] 3 soal yang tak terpecahkan sepanjang abad

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 09 Agustus 2010 | 11.07

Spoiler for sebelumnya..:
Semoga gak ini saya ambil dari buku komik


Thread ini memberikan 3 soal yang tak terpecahkan oleh ilmuwan-ilmuwan matematika kuno sampai abad ke-18

Quote:
Spoiler for soal pertama:

Soal pertama :
Membesarkan Volume kubus 2 kali lipat


misalkan kubus yang akan diperbesarkan memiliki rusuk sepanjang 5meter. Maka volumenya akan menjadi 5x5x5 = 125m^3

Berarti volume kubus itu jika diperbesar 2 kali lipat, maka volumenya 2 * 125 = 250. Maka rusuknya akan menjadi 3v250. Maka hasilnya akan Irasional bukan ? bisakah agan gambarkan kubus 2kali lipat dengan cara seperti itu ?


Dasar Terbentuknya soal ini :
Masalah penyelesaian soal ini berasal dari sebuah cerita tentang Warga Delos (Sebuah pulau bersejarah di Yunani) yang diserang oleh wabah "penyakit aneh" yang dikirim oleh Dewa Apollo.

Delphi, Kuil Dewa Apollo

Salahsatu warga yang bernama Plutarch berkonsultasi dengan peramal di Delphi untuk menghentikan wabah tersebut. Ramalan menjawab bahwa mereka harus membesarkan dua kali ukuran altar untuk Apollo, yang merupakan kubus biasa. Soalnya tampak asing bagi mereka sehingga harus mengirim "Orang Bijak" yaitu Plato (ahli matematika kuno), yang mampu interprètei masalah matematika dalam menggandakan volume kubus tertentu. Dengan begitu sebuah "nasihat" dari dewa Apollo untuk menyibukkan diri mereka (warga delos) dengan studi geometri dan matematika dalam rangka untuk menenangkan nafsu mereka (nafsu dalam kehidupan)

Plato mendiskusi masalah ini kepada Eudoxus, Archytas dan Menaechmus yang memecahkan soal ini dengan menggunakan cara mekanis. Ini mendapat teguran dari Plato karena soal ini tidak bisa memecahkan masalah dengan menggunakan geometri murni (geometri tanpa alat bantu)
Quote:
Spoiler for soal kedua:

Soal kedua :
Membagi sudut menjadi 3 bagian yang sama besar


Hmm.. pasti agan-agan pasti bisa menyelesaikan soal ini dengan mudah lewat busur, tapi itu melanggar cara Ilmuwan dulu lakukan (lihat catatan setelah melihat soal ini). Kalaupun agan-agan merasa bisa menyelesaikan soal ini dengan sudut tegak lurus seperti sudut 90derajat, agan-agan tentu bisa menyelesaikannya dengan jangka dengan cara yang diajarkan saat smp. Tapi bagaimana jika sudut itu adalah sembarang sudut ?


Orang yang pertama kali memecahkan Soal pertama dan kedua


Pierre Laurent Wantzel adalah orang yang pertama kali memecahkan soal pertama dan kedua dengan menggunakan Jangka dan Penggaris tanpa skala.. tapi eitt, TS tidak menemukan langkah2 yang diberikan Wantzel dalam pemecahan soal yang nyaris mustahil terpecahkan oleh jangka dan penggaris tanpa skala. Karena catatan mengenai dia dikit coba kita lihat kutipan ceritanya :

Quote:
Pada tahun 1837 diterbitkan Wantzel bukti dari apa yang beberapa soal matematika paling terkenal sepanjang masa dalam sebuah kertas di Liouville 's Journal on

... cara memastikan apakah suatu masalah geometrik dapat diselesaikan dengan jangka dan penggaris tanpa skala

Gauss telah menyatakan bahwa masalah duplikasi kubus dan sudut trisecting tidak dapat diselesaikan dengan penggaris dan kompas, tetapi ia tidak memberikan bukti. Dalam 1837 ini kertas Wantzel adalah yang pertama untuk membuktikan hasil ini. Peningkatan bukti-bukti itu kemudian diberikan oleh Charles Sturm tetapi ia tidak mempublikasikannya.
itu sebabnya karya menakjubkannya tidak terihat sampai sekarang. Mungkin saja agan2 bisa menyelesaikan soal ini
Spoiler for soal ketiga:

Soal ketiga :
Membuat Bujur Sangkar yang luasnya sama dengan lingkaran

Menurut buku Matematika Mesir kuno, "Luas Lingkaran adalah 8/9 panjang diameter dikuadratkan". Tetapi rumus seperti ini juga meleset, coba saja agan hitung sendiri.. hasilnya akan beda tipis, tapi Matematika adalah ilmu pasti. Matematika tidak menerima kesalahan sedikitpun, karena hanya menerima kebenaran.

Coba deh, apakah agan-agan bisa menyelesaikan soal diatas ?


Buat agan2 yang mau menjawab baca ini dulu http://www.kaskus.us/showthread.php?...#post150191199

Quote:
Hasil perhitungan Matematika terhadap 3 soal tak terpecahkan :

Selama mengamati tiga soal ini, kalian bisa merasakan tidak ada satu pun jawaban yang pasti. Lalu kenapa harus bersusah payah menyelesaikan soal yang tidak ada jawabannya ? Benar. Tetapi usaha para ahli matematika di dunia selama 2000 tahun lebih, bukanlah usaha yang sia-sia. Tanpa kenal lelah, para ahli matematika menemukan mengapa soal ini tidak bisa dipecahkan.
(CMIIW)


Quote:
Originally Posted by bonadanrongrong View Post
mnurut ane si nemu jawabannya juga ga akan ada manfaatnya, jadi ya mending ga usah pusing2 cari jawabannya, gtu aja koq repot.
ya tujuannya bisa mengembangkan ilmu geometri lebih maju dan tentunya dapat mencari cara lain untuk menyelesaikan soal ini daripada cara biasa


Spoiler for comment kaskuser:

Quote:
Originally Posted by Gancless View Post
matematika ane pas jaman sekolah jeblok gan..
Quote:
Originally Posted by efec2020 View Post
ga bisa gan
nilai matematika ane amburadul
Quote:
Originally Posted by Tamamachan View Post
ga ngerti ane gan
jangan ambil pusing agan-agan, kalau tidak ngerti yang penting sudah tahu mana soal yang tidak terpecahkan.. tidak perlu lihat catatannya dan penjelasanya
Quote:
Originally Posted by sokinapri View Post
yang kedua udah dikasih tau sama guru ane gan
yang diajarkan guru ente adalah soal sudut tegak lurus
Quote:
Originally Posted by ipodshuffler View Post
hehhe orang2 jenius masa ga ada yg bisa gan ??
rumit sekali jika hanya dengan jangka dan penggaris, bahkan sampai orang yang jenius pun
Quote:
Originally Posted by busukkadal View Post
emg bner matematika itu ilmu pasti, tapi bkan bgitu maknanya,
bkan brarti smua angka bisa pas. kadang2 emg ada yang engga pas walaupun cuma 0,0000000001 doang. contohnya aja matematika punya "bilangan prima", yaitu bilangan yg g bisa dibagi berapapun kecuali 1 atau bilangan itu sndiri, "bilangan desimal", bilangan yang tidak bulat/koma2an. karna itu matematika punya ilmu ttg "pembulatan", angka2 yg ga pas bisa kita bulatkan klo emg ga pas. dan klo prbedaannya tipis ga akan fatal akibatnya klo kita bulatkan.
yak, sebagai pelajar juga hal seperti itu tidak apa-apa, tapi ilmuwan mengembangkan matematika dengan bilangan yang pas kita juga sering mengatakan pi adalah 22/7.. tapi nyatanya adalah 3.14159265358979...
Quote:
Originally Posted by niZzHa View Post
nyang soal pertama tuh emang boleh gan klo pngn gede'n volume tuh langsung d kali2 volum awal nye ??
setau n sepengalaman ane sih gak boleh langsung 2*125 gan . .
klo menurut ane sih rusuk nye nyang d kali 2 jadi masing2 rusuk panjang nye 10 gan . .

bener gak yee ??
malu bener klo salah nih gw . .
cara ini tidak membesarkan kubus 2 kali lipat tapi malah 8 kali lipat. Dengan cara ini malah memperpanjang sisinya 2kali lipat, bukan membesarkan volume 2kali lipat

Quote:
Originally Posted by Kelincihilang View Post
Waw soalnya keren gan, ane jg ndukung ilmuwan ntu
bagaimana kalo kita gunakan jangka dan penggaris tanpa skala untuk kehidupan sehari-sehari ?



untuk quote selanjutnya bisa dibahas di lain post

Sumber :


Sumber dari isi Thread ini adalah dari Wikipedia, Google, otak ane sendiri dan terakhir...

Quote:
Originally Posted by dulsumbang View Post
sementara kl boleh tahu liat di komik apa gan??
Asyik Belajar Matematika. Komik korea, kisah petualangan anak kecil masuk ke dalam dunia matematika komik ini biasanya dibaca anak sd-smp, bagi agan yang pusing dengan matematika, beli aja di gramedia atau toko buku
tapi nyari bukunya jangan kayak yang diatas gan, yang bagian ke-3 warna ijo. tapi kalo mau ngerti ceritanya ya harus baca yang bagian 1 dan 2 nya

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...