GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Di Ingatkan Waktu Mati (Allah memberikan tanda-tanda kepada hamba-Nya yang shaleh tentang kematiannya sehingga hamba bisa mempersiapkan diri dan meninggal dalam kondisi yang baik)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 16 Juli 2013 | 22.51


http://gentarasa.files.wordpress.com/2011/01/ketenangan.jpg
Salah satu jaminan dari Allah bagi orang yang istiqamah mengamalkan dzikirullah adalah diingatkan ketika mati. Pengertian “diingatkan ketika mati” ini adalah Allah memberikan tanda-tanda kepada hamba-Nya yang shaleh tentang kematiannya sehingga hamba bisa mempersiapkan diri dan meninggal dalam kondisi yang baik. Hamba tidak meningggal di tempat maksiat atau tempat-tempat yang membuat dia hina dalam pandangan manusia.
Banyak cerita dikalangan pengamal tarekat tentang orang-orang atau ulama yang seolah-olah mengetahui saat kematiannya sehingga dia sempat menitipkan pesan dan petunjuk kepada orang-orang yang ditinggalkan. Bisa jadi ini merupakan feeling atau perasaan dari orang yang akan dipanggil oleh Tuhan, namun dalam beberapa kejadian ada yang menentukan waktu yang persis tentang kematiannya. Hal ini tidak mungkin terjadi kecuali Allah memberikan tanda-tanda kepadanya atau Allah membisikkan ke dalam hatinya akan kematiannya. Inilah salah satu jaminan dari Allah kepada orang-orang yang selalu istiqamah menjalankan Dzikirullah dan istiqamah beribadah kepada Allah swt.
Menarik kisah tentang kematian dari para sahabat Nabi, salah satunya Abu Bakar Shiddiq yang menolak untuk diobati karena Beliau mengetahui bahwa saatnya untuk kembali kepada Allah telah tiba.
Ketika Abu Bakar Shiddiq sakit dan terbaring, para sahabat menjenguk dan bertanya, “Apakah engkau menginginkan kami memanggil dokter untuk memeriksamu?” Abu Bakar menjawab, “Allah SWT telah memeriksaku dengan berkata, ‘Aku Maha Berkehendak atas apa yang Aku inginkan.’”
Salman al-Farisi masuk membesuk dan berkata, “Wahai Abu Bakar, Berwasiatlah kepada kami.” Abu Bakar berkata, “Allah swt telah membuka dunia ini bagi kalian, maka jangan lah kalian mengambil darinya kecuali hanya sekedar saja. Ketahuilah bahwa barangsiapa yang mendirikan shalat shubuh, maka ia akan berada dalam tanggungan Allah SWT. Oleh karena-Nya, janganlah engkau meremehkan tanggungan-Nya karena hal itu dapat menyebabkan wajahmu disiram api neraka.
Abu Bakar Shiddiq ketika menjelang wafat menolak untuk berobat dan diperiksa dokter karena Beliau telah mendapat tanda-tanda dari Allah akan ajalnya dan Beliau sempat memberikan wasiat kepada sahabat lain untuk menjadi pedoman bagi mereka. Kematian seperti inilah yang di dambakan oleh orang-orang beriman, semasa hidup memberikan manfaat disaat ajal menjelang ajal masih bisa memberikan nasehat kepada orang-orang yang dicintainya.
Kisah menarik lain tentang orang yang mengetahui akan kematiannya adalah kisah wafatnya Imam Ali bin Abi Thalib, Beliau mengetahui sebelum ajal menjemput. Al-Khandali berkata : Pada malam saat Imam Ali bin Abi Thalib akan ditikam, beliau didatangi Ibnu Tiyyah yang meminta izin untuk shalat Shubuh. Namun beliau tetap berbaring dan merasa sangat berat untuk melakukannya. Kemudian Ibnu Tiyyah kembali lagi untuk kedua kalinya dan Imam Ali tetap dalam kondisi seperti semula. Lalu Ibnu Tiyyah kembali lagi untuk ketiga kalinya, Imam Ali bangkit berdiri, lalu berjalan seraya berkata :
Kencangkan ikat pinggangmu menghadapi kematian
Karena kematian akan menjemputmu
Jangan cemas menghadapi kematian
Ketika ia telah datang menghampirimu.
Ketika Beliau baru sampai di pintu kecil, Ibnu Muljam menghampiri, lalu menikam dan memukulnya dengan keras. Ummu Kultsum, putri Imam Ali bin Abi Thalib, langsung keluar dan berkata, “Mengapa kejadiannya selalu pada waktu shubuh? Suamiku Amirul Mukminin (Umar bin Khattab) ditikam pada waktu subuh, kini bapakku juga ditikam waktu subuh.”
Seorang Syekh dari kaum Quraisy berkata, “Saat Ali di tikam oleh Ibnu Muljam, beliau berkata, ‘Demi Rabb Pemilik Ka’bah, aku sudah menang.”
Kita juga sering mendengar cerita serupa dalam kehidupan sehari-hari, baik itu ulama maupun orang biasa yang seolah-olah mengetahui akan kematiannya. Orang-orang seperti ini adalah termasuk kepada yang diberi jaminan oleh Allah atas Dzikir yang dilakukan secara istiqamah semasa dia hidup di dunia. Semoga kita termasuk salah seorang yang mendapat jaminan Allah SWT, Amin ya Rabbal ‘Alamin.
sumber tulisan : http://sufimuda.net/ 
gambar oleh: bagindaery.blogspot.com 

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...