GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Aneh, Ke Rusia Nyari Lobang Di Goa !

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 26 September 2010 | 16.33

Nah dari goa buatan inilah tulisan ini berasal, goa ini ada di taman Alexander di Kremlim. Foto by Syaripudin Zuhri.

Nah dari goa buatan inilah tulisan ini berasal, goa ini ada di taman Alexander di Kremlin. Foto by Syaripudin Zuhri

Musim panas di Moskow baru saja berlalu, kini memasuki musim gugur dimana-mana sudah mulai hujan dan angin yang nantinya merontokan dedaunan di manapun pohon itu berada di seluruh Rusia, kecuali pohon cemara yang akan tetap hijau di dingin salju, musim gugur telah tiba, dinginpun mulai terasa, suhu mulai berkisar antara 10 - 20 derajat celcius, jaket muali dikenakan lagi, syalpun mulai melingkari leher-leher orang Rusia, kecuali yang masih mau bertahan akan dingin udara dan siap-siap penyakit pancarobapun akan segera datang, flu dan batuk, penyakit “langganan ” dipergantian musim di Rusia.

Namun saya mengajak mundur ke belakang ke bulan Juni, tepatnya 6 Juni 2010 ketika saya dengan hoby bersepeda menyusuri Kremlin, kali ini saya ajak anda fokus ke sekitar Api Abadi yang berada di sisi kiri Kremlin, tempat ini adalah simbol untuk para Pahlawan Rusia yang tak dikenal, yang telah bertempur dalam perang Dunia ke II 1939 -1945 yang dimenangkan oleh tentara sekutu, yang termasuk di dalamnya negara Rusia !

Tempat ini akan dikunjungi oleh para kepala negara atau kepala pemerintahan yang berkunjung ke Moskow, termasuk Presiden Kita, SBY. Para kepala negara atau kepala pemerintahan biasanya akan meletakkan karangan bunga, sebagai acara seremonial yang mengenang jasa-jasa Pahlawan tak dikenal tersebut. Biasanya bila kepala negara/pemerintahan yang datang, seluruh area ini akan di tutup untuk umum dan baru di buka kembali bila sang tamu tadi sudah selesai mengadakan acara seremonial tadi dan dianggap sudah ” tak ada apa-apa “, Jangan coba-coba membandel bila jalan atau akses ke Api Abadi sudah di tutup, anda bisa berurusan dengan pihak keamanan, jangan lupa, sebelah Api Abadi ini adalah tempat resmi berkantornya setiap Presiden Rusia, jadi pihak keamanan tak mau ambil resiko, bila ada yang mencoba membandel, anda ditangkap dan kemudian diborgol, kemudian anda entah di bawa kemana untuk diinterogasi !

Anda tak dilarang naik ke atas dan foto di atasnya seperti gadis Rusia yang ada dalam gambar ini. Foto by SyaripudinZuhri.

Anda tak dilarang naik ke atas dan foto di atasnya seperti gadis Rusia yang ada dalam gambar ini. Foto by SyaripudinZuhri.

Ya itu memang standar untuk menjaga keamanan, dan pihak keamanan Rusia rata-rata memang seperti robot, benar-benar taat peraturan dan taat pada atasannya, bila bilang tidak, ya tidak, tak ada kompromi untuk itu. Contoh kecil, bila anda salah jalan ketika mengendarai mobil, dan itu akibat kesalahan anda yang memang belum mengetahui jalan, misalnya, maka sang polisi dengan tongkat “sakti”nya akan menyetop anda dan anda ditilang. Tongkat polisi di Rusia ” sakti ” dengan hanya meluruskan sang tongkat searah dengan lengannya, maka mobil yang di depan tongkat tersebut berhenti, jangan coba-coba kabur atau menghindar, karena di depan dalam radius tertetu sudah ada polisi lain yang langsung bisa dikontak dan itu berarti akan menambah hukuman.

Inilah lonag yang jadi sasaran para turis di Rusia, baik yang domestik maupun manca negara. Rusia memang hebat, lobangpun jadi obyek turis.Foto by Syaripudin Zuhri.

Inilah lobang yang jadi sasaran para turis di Rusia, baik yang domestik maupun manca negara. Rusia memang hebat, lobangpun jadi obyek turis.Foto by Syaripudin Zuhri.

Oya, jangan heran di hari Sabtu atau Minggu pagi, bila anda sedang mengderai mobil anada akan distop polisi, ada razia ! Ya razia supir mabuk, polisi akan menyetop mobil anda dan mengeluarkan alat detektor untuk peminum, alat itu siap di dekatkan ke mulut anda dan anda harus siap membuka mulut dari menghembuskan napas, dari hembusan napas itulah akan terdekteksi anda mabuk atau tidak, anda minum minuman keras atau tidak, bila ya, anda ditilang !

Kembali ke Kremlin tadi, sejajar dengan tembok Kremlin di sisi kiri, anda akan menemukan sebuah goa buatan yang anda bisa naik ke atas goa itu dan berfoto di atasnya atau di dalamnya, luas goa buatan itu sekitar dua kali empat meter, sebelahnya ya tembok Kremlin, yang menarik adalah di dalam goa buatan itu banyak lobangnya, nah ini masalahnya, para turis domestik atau manca negara akan datang berduyun duyun ke goa tadi, apa yang dilakukan ? Ya ampun …. kirain mau ngapain …., jauh-jauh dari berbagai daerah di luar Moskow dan atau jauh-jauh dari luar negeri ke Moskow, Rusia, Coba tebak apa yang dilakukan oleh mereka ?

Anehkan, jauh-jauh ke Rusia yang di cari lobang. Abstrud, kalau kaum awam mungkin masih bisa maklum, loh yang datang ke Rusia dari manca negara yang rata-rata maju, bukan dari  tempat jin buang anak ! Foto by Syaripudin Zuhri.

Anehkan, jauh-jauh ke Rusia yang di cari lobang. Abstrud, kalau kaum awam mungkin masih bisa maklum, loh yang datang ke Rusia dari manca negara yang rata-rata maju, bukan dari tempat jin buang anak ! Foto by Syaripudin Zuhri.

Ya mereka akan masukan jari-jari mereka ke dalam lobang-lobang tadi, kalau anak-anak mungkin hanya semacam mainan, tapi yang dewasa, apa lagi dewasanya laki-laki, entah tahayul mana lagi yang mereka ikuti ? Ada semacam kepercayaan … bila jari-jari mereka masuk dan pas ke lobang-lobang tadi, apa lagi lima jarinya persis masuk semua, maka ada kegembiraan luar biasa, mereka teriak, hura masuk, hura masu, hura masuk ! ( Jangan ketukar dengan girangnya orang Indonesia, orang Indonesia bila berteriak gembira, Hore !, Orang Rusia hura ! ) Nah dari cara berteriak saja orang Rusia akan tahu, bahwa yang baru saja teriak bukan orang Rusia.

Maka jangan heran pula bila ketika orang ramai-ramai masuk ke gua itu, dan mereka semua mencari lobang ! Dan akan terdengar suara cekikikan dari peermpuan-perempuan atau ada yang mesem-mesem, malu-malu dan berbagai ekpressi lainya, aneh-aneh Rusia ini. Coba bayangkan… disebelahnya ada penghormatan untuk Pahlawan yang tak dikenal, dengan api abadinay sebagai simbol dan disebelahnya lagi ada barak tentara penjaga Kremlin, yang setiap sore ada acara penurunan bendara Rusia , nah ditengah-tengahnya ada goa yang penuh lobang dan lobang-lobang itu dipercayai membawa semacam “berkah” bila jari-jarinya pas masuk ke lobang tadi, kan konyol ! Masih ingat tulisan saya : “Di Rusiapun ada takhayul “

Coba, apa yang mereka cari ? ya lobang, segitu banyak lobang, mereka masih mencarinya, cari yang pas katanya. Foto by Syaripudin Zuhri.

Coba, apa yang mereka cari ? ya lobang, segitu banyak lobang, mereka masih mencarinya, cari yang pas katanya. Foto by Syaripudin Zuhri.

Nah rupanya inipun semacam tahayul, loh apa hubunganya antar jari-jari yang masuk ke lubang-lubang di goa dengan berkah ? Apa hubungannya antara jari-jari yang bisa masuk lubang goa dengan rejeki ? Dan yang saya tak habis pikir, mereka akan senang banget kalau jarinya bisa masuk dan pas ! Lebih-lebih anak-anak, mereka akan melompat-lompak kalau jari mereka bisa masuk dan pas ! Coba apa kalau bukan tahayul ? Yang lebih memprihatikan anak-anak yang tak mau, akan dipaksa oleh orang tuanya untuk memasukan jari-jari mereka dan orang tuanya akan segera mengabadikannya dan ada rasa puas bila anaknya mau memasukan jari-jari mereka ke lobang-lobang di goa.

Nah kan, buakn main-main mereka mencari lobang, benar-benar dicari lobang itu sampai ketemu yang pas dan bila pas segera diabadikan foto dan mereka teriak, hura ! Foto by Syaripudin Zuhri.

Nah kan, bukan main-main mereka mencari lobang, benar-benar dicari lobang itu sampai ketemu yang pas dan bila pas segera diabadikan foto dan mereka teriak, hura ! Foto by Syaripudin Zuhri.

Ya ampun…. saya benar-benar tak habis pikir, mungkin juga anda, kok negara begini besar dan mempunyai tehnologi canggih dengan kehidupan yang sudah super modern, kok ya masih percaya yang beginian, aneh bin ajaib ! Udah akh… nanti saya di tanya yang bukan bukan lagi, apa pasal ? Ketika saya menulis : “Osama Bin Laden Ada di Rusia ” dan ada kalimat, yang liar, tolong jangan ditanyakan, eh ada beberapa sahabat yang malah ngotot, nanya. Saya sudah tulis jangan di tanya dan saya tak akan menjawab, eh malah di tanya. Aneh memang, manusia terkadang keinginan tahunya besar sekali, padahal tidak semua harus diketahui, seperti sebuah permintaan, yang tak semua mesti dikabulkan, iya kan ?

Apa lagi dengan lobang-lobang goa yang rada aneh di Rusia ini, nanti bisa nyerempet ke mana-mana, dari pada apa katanya ( nah bingungkan, kalimat apa itu ? ) kan lebih baik saya akhiri, Oke, salam dari Moskow, sampai jumpa di lain kisah.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...