GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Siapkah Afrika Selatan Hadapi Teror Piala Dunia 2010?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 11 Juni 2010 | 21.41

Pasukan keamanan Afrika Selatan menggelar simulasi keamanan Perang  Dunia di Distrik Sandton, Johannesburg pada 17 Mei 2010. Menjelang  ajang bergengsi itu, semakin banyak klaim ancaman yang muncul. (Foto:  Getty Images)
JOHANNESBURG (Berita SuaraMedia) – Polisi berparade di jalan-jalan distrik Sandton, Johannesburg, dengan konvoi puluhan kendaraan. Pasukan Keamanan melakukan operasi simulasi, termasuk sebuah helikopter yang menjatuhkan komando ke sebuah mobil yang dibajak, dan menuruni sisi gedung media.

Petugas mengatakan bahwa demonstrasi itu adalah untuk meyakinkan jutaan penggemar sepakbola bahwa Afrika Selatan lebih dari siap untuk mengamankan Piala Dunia secara efektif.

Parade itu terlihat lebih seperti karnaval daripada demonstrasi keamanan dengan lagu dan tarian-tarian hingga musik yang berdentum dan ratusan pekerja kantoran mengibar-ngibarkan bendera Afrika Selatan serta anak-anak sekolah yang mendorong bola sepak raksasa.

Kepala polisi nasional Bheki Cele mengatakan minggu lalu bahwa dia tidak mengetahui adanya ancaman keamanan terhadap kejuaraan sepakbola yang akan dimulai tanggal 11 Juni mendatang itu.

Juru bicara keamanan Irak mengatakan pada hari Senin bahwa Abdullah Azzam Saleh Misfar al-Qahtani, pria Saudi berusia 30 tahun yang ditangkap dua minggu lalu, ikut serta dalam merencanakan aksi teroris di Afrika Selatan selama Piala Dunia.

Laporan itu datang ketika polisi dan militer Afrika Selatan mensimulasikan pembajakan di distrik Sandton untuk mendemonstrasikan kesiapan mereka menjaga pertandingan.

"Rencana komprehensif kami mencakup tindak kejahatan terkecil hingga bentuk paling besar seperti terorisme," ujar Cele.

"Tidak satu negara pun yang kebal terhadap aksi teroris. Yang menjadi penting adalah jika peristiwa itu terjadi, bagaimana kami akan merespon," ujarnya.

"Apa yang membuat kami lebih waspada di dalam rencana keamanan kami adalah bahwa Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah bagi seluruh dunia. Karena itu kami tidak akan lengah, mengetahui karakter teroris yang terobsesi untuk bertindak dalam even-even internasional."

Dengan rata-rata 50 pembunuhan per hari, kejahatan selain terorisme justru yang menjadi pusat perhatian menjelang Piala Dunia.

Afrika Selatan akan menerjunkan 41,000 personel polisi selama turnamen yang berlangsung satu bulan itu.

Keamanan dan kejahatan telah menjadi persoalan terbesar menjelang Piala Dunia karena reputasi negara itu yang terkenal akan tindak kekerasannya, 50 pembunuhan per hari, hampir sama dengan AS dengan jumlah penduduk yang enam kali lebih banyak.

Sementara itu, stasiun radio setempat mengatakan berhasil menyelundupkan senjata ke sejumlah penerbangan domestik.

Radio 702 mengatakan reporternya selama tiga bulan berhasil meloloskan pisau, bilah cukur, obeng, dan jarum suntik dari pemeriksaan keamanan di Johannesburg dan bandara-bandara lain yang menjadi tuan rumah turnamen,

ACSA, perusahaan bandara yang bertanggung jawab atas pemeriksaan keamanan, mengatakan sedang memeriksa klaim itu dan akan memperketat prosedurnya. Mereka yakin para penggemar akan aman. (rin/aby) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...