GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

( KESUKSESAN TERBESAR BAND KAHITNA ) Kahitna, Band dengan Aransemen Musik Paling Rapi

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 23 Agustus 2013 | 21.30

http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/08/22/kahitna-band-dengan-aransemen-musik-paling-rapi-585629.html
Menyebut nama KAHITNA ingatan orang tak akan jauh dari tembang cinta. Grup band yang dibentuk di Bandung 27 tahun silam ini memang sudah lama dinobatkan sebagai juragan lagu cinta. KAHITNA yang dipimpin oleh Yovie Widianto juga tak pernah asal mengeluarkan lagu. Selain memiliki pakem dalam hal syair dan lirik, KAHITNA juga memiliki genre musiknya sendiri yakni “Pop KAHITNA” atau “Pop Indonesia”.
13771713341133918973Grup band KAHITNA masih bertahan sampai 27 tahun dalam formasi yang solid
Membahas KAHITNA tak hanya berhenti pada syair lagunya yang manis, romantis dan menghadirkan sejuta cinta. KAHITNA juga dikenal sebagai band pop yang selalu berhasil menyuguhkan musik berkelas. Jika dalam hal vokal KAHITNA memiliki barisan vokalis terbaik di negeri ini, maka untuk urusan aransemen musik, KAHITNA diakui sebagai band yang berwibawa berkat aransemennya yang selalu rapi. Tak heran karena selain para personelnya adalah jebolan Elfa’s Music Studio, talenta dan musikalitas KAHITNA juga lebih dulu diasah di berbagai panggung festival dalam dan luar negeri sebelum terjun ke industri rekaman tanah air.
Dari banyak lagu KAHITNA yang berbalut aransemen musik rapi, ada beberapa lagu yang boleh dianggap sangat rapi. Selain 2 super hits Cerita Cinta dan Cantik, ada 5 lagu KAHITNA yang dapat menjadi referensi untuk membaca warna musik pop KAHITNA.
Andai Dia Tahu. Ini adalah salah satu tembang abadi sekaligus “lagu kebangsaan” bagi mereka yang sedang dan pernah merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Dua hal yang paling menancap dari lagu ini adalah syair penutupnya : “andai dia tahu….” dan petikan gitar intro lagu yang menirukan syair pembukanya : “bilakah dia tahu apa yang tlah terjadi..”. Dan setelah syair pembuka tersebut lagu ini mengalun indah dengan iringan musik yang sangat manis. Petikan gitar dan perkusi terdengar menonjol mengiringi sepanjang lagu. Sementara piano Yovie mengalun manis secara diam-diam. Denting piano mungkin hanya terdengar lebih dominan di beberapa bagian. Namun justru itulah yang membuat Andai Dia Tahu semakin manis karena bunyi pianonya dimunculkan di bagian-bagian yang mengunci lagu tersebut.
Sampai Nanti. Mendengarkan lagu ini orang akan dengan mudah menangkap ciri khas musik KAHITNA yang membedakan mereka dengan kebanyakan band pop lainnya. Lagu yang ada di album Sampai Nanti tahun 1998 ini sangat kuat mencerminkan musik pop KAHITNA yang identik dengan eksplorasi piano dan perkusi dipadukan secara manis dengan instrumen lainnya dalam kord yang tidak biasa. Meski dimainkan secara big band, aransemen yang rapi menjadikan lagu dan musik Sampai Nanti tidak terdengar “berisik”.
Tetap Kekasihmu. Tembang ini ada di album ke-6 KAHITNA yang berjudul Soulmate. Meski bukan nomor unggulan dalam album tersebut, Tetap Kekasihmu sangat manis di telinga dan cocok didengarkan dalam segala suasana. Satu rasa dengan Sampai Nanti, beat lagu ini sanggup menuntun pendengar untuk ikut merasakan dan menyelami makna lagu terrsebut. Jika suara vokalisnya diredam, instrumen Tetap Kekasihmu terdengar sangat catchy. Bunyi perkusi yang menonjol menemani piano Yovie Widianto yang memang juara. Seperti sudah menjadi pakem KAHITNA, musik yang mengiringi Tetap Kekasihmu secara umum mengikuti melodi pianonya.
1377171567661008826
KAHITNA dengan 3 vokalisnya : Hedi Yunus, Carlo Saba dan Mario Ginanjar.
Aku Dirimu Dirinya. Ini adalah lagu yang jika dimainkan instrumennya saja, menjadi tembang yang paling manis menurut saya. Aku Dirimu Dirinya adalah hits KAHITNA yang lahir dari album Soulmate pada tahun 2006. Denting piano, alunan accordion dan pukulan drum menghadirkan iringan musik yang sepintas patah-patah namun mengalun indah. Musik yang mengiringi lagu ini memang sangat didominasi denting piano. Bahkan saat 2/3 bagian lagu diiringi musik ala big band, melodi dan musik lagu ini semakin elegan berkat bunyi-bunyian pianonya. Denting piano seakan mengunci Aku Dirimu Dirinya sebagai lagu yang “KAHITNA banget”.
“Aku Dirimu Dirinya Tak Resah Bila Sadari Cinta Takkan Salah…Tentang Suratan…Dia Untukmu Adanya Tak Akan Aku Sesali…Cinta Takkan Salah….”
Mantan Terindah. Telinga dan perasaan saya menangkap kesan yang serupa ketika mendengarkan Mantan Terindah dan Aku Dirimu Dirinya. Bukan karena liriknya tapi karena sensasi musik pengiringnya yang sangat manis. Perbedaannya adalah Mantan Terindah terdengar lebih padat. Sentuhan instrumen orkestra terdengar kuat di lagu ini. Sementara untuk kerapian, aransemen Mantan Terindah sangat juara. Musik iringan Mantan Terindah sangat berkelas dan mengalun seperti komposisi yang sengaja dibuat sebagai nomor instrumental . Aransemen Mantan Terindah mewakili wibawa KAHITNA sebagai band dengan aransemen musik paling rapi di Indonesia. Bukan sesuatu yang mengada-ada karena lagu ini memang meraih penghargaan AMI Award sebagai lagu dengan aransemen musik terbaik
KAHITNA memang tak pernah melahirkan karya secara asal-asalan. Syair mereka tak pernah pasaran. Musiknya pun selalu rapi dan tak pernah murahan. Seperti penggalan akhir lagu Mantan Terindah, mendengarkan KAHITNA selalu membuat orang  “susah lupa”.
13771714442083000455
Yovie Widianto dengan seperangkat piano & keyboardnya. Yovie adalah sosok di balik aransemen musik KAHITNA yang rapi dan berkelas.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...