GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

“Jodoh ada di tangan Tuhan” Benarkah Jodoh Ada di Tangan Tuhan?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 21 Agustus 2013 | 20.19

“Jodoh ada di tangan Tuhan.”
Benar seperti itu? Ya memang benar. Tapi sayangnya ada saja orang yang salah dalam memahami kalimat tersebut. Pikirnya jodoh itu akan datang sendiri tanpa dicari. Anggapnya jodoh itu sudah ditentukan tanpa harus berikhtiar. Begitu? Bukan mas mas mbak mbak. Jodoh itu bukan seperti dongeng Cinderella yang pasti bertemu dengan Pangeran. Mencari jodoh itu sama seperti kita mencari rezeki. Jodoh adalah pilihan kita sendiri. Ingat: PILIHAN.
Lho kok pilihan kita? Bukankah jodoh, rezeki, kematian, itu semua sudah ditakdirkan oleh Allah, bahkan semua itu telah ditentukan sebelum kita lahir?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJzACcpvnxEe3Hk57IZq7479xz__4MfWo3xYZkoq-hoP4IP2tXh7XPkvD__XCvOOr0e4tLCdwnGQGsIlBDGMtYmQ0wl4Ftnet0Y3nMCOxFTScoDy48xCm29Gv6Xv1sTnV3WsK2zOQSGdU/s320/t-lari2-kehujanan.jpg 
Ya betul, jodoh seseorang memang sudah ditentukan sebelum dia lahir. Seperti di tulisan-tulisan sebelumnya mengenai takdir dan dunia paralel, jodoh pun merupakan hasil dari pilihan kita dengan persetujuan dari Tuhan yang sebelumya sudah ditentukan sejak lahir. Supaya mudah menjelaskannya, saya telah membuat skema jodoh seperti ini.

Ya, ini misalnya saja ya, Tuhan telah menentukan jodoh sang Pemuda seperti skema atas. Jika sang Pemuda memilih untuk menjadi da’i, pada akhirnya ia bisa berjodoh dengan wanita sholehah atau wanita karir (sesuai persetujuan Tuhan). Namun jika sang Pemuda memutuskan untuk menjadi seniman musik, Tuhan telah menentukan bahwa ia akan berjodoh dengan artis sinetron saja, tidak dengan yang lain.

Sedangkan untuk sang Gadis, misalnya saja, Tuhan telah menentukan skema jodohnya seperti di atas. Jika ia memilih untuk menanti pujaan hatinya waktu sekolah dulu dan tidak membuka hati untuk pria lain, maka Tuhan menakdirkan sang Gadis untuk tidak menikah seumur hidupnya. Kasihan kan? Ya tapi ini cuma misalnya.
*****
Dalam agama Islam, Allah telah menegaskan hal ini dalam Al-Qur’an Surat An-Nuur ayat 26 yang artinya:
Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).” (Q.S. 24:26)
Maka dari itu, jodoh tidak datang sendirinya. Jodoh itu didapatkan ketika sudah berusaha, berdoa, dan memilih. Jika kita menginginkan pasangan yang baik dalam kehidupan kita, sudah sepatutnya kita berusaha untuk menjadi baik pula.
“…tapi ada tuh ustadz yang sholeh namun dapat istri yang gak baik. Gimana hayoo?”
Ya berarti skema jodoh sang ustadz memang sudah ditentukan seperti itu. Dan semua itu pun bergantung kepada pilihan sang ustadz. Kan sudah dikatakan di awal tulisan ini, JODOH ADALAH PILIHAN.
“…eh, ada juga lho orang yang gak memilih jodohnya sendiri, tapi dipilihkan, dijodohkan.”
Saudaraku, hidup ini bukan hanya dipengaruhi oleh pilihan kita sendiri, tapi juga pilihan-pilihan yang dibuat orang lain. Lagipula “dijodohkan” itu juga termasuk sebuah pilihan kan?
Cukup sekian saja lah, nanti jadi ngelantur ke mana-mana. :D
Yang benar datang dari Allah, yang salah datang dari penulis pribadi.
by: http://filsafat.kompasiana.com/2012/09/07/benarkah-jodoh-ada-di-tangan-tuhan-491624.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...