GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Anda penggemar F.C. Barcelona? Pasti tahu dengan nama Paulino Alcantara, Legenda Asia Pertama (yang Terlupakan)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 18 Agustus 2013 | 20.38

Anda penggemar F.C. Barcelona? Pasti tahu dengan nama Paulino Alcantara. Ya dia merupakan salah satu legenda Barcelona. Dia merupakan legenda di era tahun 1918-1927. Ya walaupun orang tua saya belum hidup saat itu. Tapi saya tertarik untuk membaca kisah sang legenda ini. Mengapa? Karena saya cukup terkejut bahwa ada pemain Asia yang bisa menjadi seorang legenda di salah satu klub terbaik di dunia. Tidak hanya itu, dia bukanlah seorang keturunan Jepang, Korea, Cina, atau bahkan Arab dan Iran. Tetapi dia asli keturunan Filipina.
http://sidomi.com/wp-content/uploads/2012/02/paulino-alcantara.jpg

Alcantara lahir di Iloilo City dan pindah ke Barcelona pada umur tiga tahun. Dan bakatnya “ditemukan” oleh Joan Gamper dan dimasukkan ke klub. Paulino melakukan debut di usia 15 tahun. Menjadikannya rekor pemain termuda yang pernah bermain untuk Barcelona. Dia melakukan debut melawan Catala S.C dengan skor 9-0 dan dia mencetak hattrick. Debut di usia belia dan mencetak hattrick, satu hal yang sulit diulangi.
Di tahun 1916 dia sempat kembali ke negara asalnya, Filipina. Dan dia membela klub Bohemian Sporting Club. Hanya dua tahun lamanya beserta dua gelar dipersembahkan sebelum dia kembali ke Barcelona. Dia pun sempat membela tiga tim nasional yang berbeda. Catalunya, Filipina, dan Spanyol. Saat itu memang belum ada aturan larangan pemain membela lebih dari satu tim nasional. Selain itu, ada satu hal lagi yang membuatnya menjadi legenda dunia. Jumlah gol yang fantastis. yaitu 369 gol dari 357 pertandingan. Tetapi beberapa di antara berasal dari friendly match. Jadi anda sah-sah saja jika menyebut Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak Barca. Tetapi dia memilih pensiun di usia 31 tahun dan menjadi dokter. Selama membela Azulgrana dia memberi total 17 gelar. Begitu banyak rekor yang dia torehkan sepanjang perjalanannya bersama Barcelona. Kadang saya tidak percaya dia seorang dari Asia Tenggara. Namanya mulai terlupakan seiring waktu. Sebagai warga Asia saya tidak ingin melupakannya. Karena dia pelopor “eksodus” Asia ke Eropa.

Begitulah kisah sang legenda Asia di Barcelona. Anda tidak mengetahuinya? Oh maaf, saya kira anda penggemar Barcelona, ternyata bukan. Sama seperti saya.
by: http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/08/06/legenda-asia-pertama-yang-terlupakan-582535.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...