GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Sebuah Skripsi Mahasiswa

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 09 April 2013 | 14.58

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitukRb0yTAO0nCNONorekH4ckE1Im-_UEoNThYKitgR4A0UuVoeL03ktzhc3Ku0ebV2cRzKKwc6VPngghFqgmJrGUluA7wJAcwiW8tESjtVaCAN_B5fvTgFNF5GWt-KgoVh-djp0T6mS8/s1600/setan+skripsi+2.JPG
Hal galau yang melebihi putus cinta adalah skripsi. Bagaimana tidak, skripsi merupakan titik pamungkas dari perkuliahan, yang pengerjaannya diliputi berbagai tantangan dan rintangan yang membuat depresi mahasiswa yang tak tahan mental.
Seperti saya sendiri, hehe. Menyelesaikan 144 SKS dng waktu 3,5 tahun tak langsung membuat saya lulus cepat. Masalahnya, sisa 2 SKS yang harus saya selesaikan molor sampai waktu yang saya sendiri tak tahu sampai kapan. 2 SKS itu adalah skripsi, yang membuat bobot badan saya menyusut dengan sendirinya, hehe.
Dulu, sewaktu saya masih semester-semester awal, sempat ngeledekin kakak tingkat yang wajahnya tirus sekali karena skripsi. Ternyata setelah saya yang mengalami, saya sudah nangis berapa kali karena skripsi, sampai-sampai makanpun ingin muntah kembali, jika pikiran tiba-tiba melayang ke skripsi.
Saya merasakan depresi akut. Dan saya butuh penyelesaian. Pernah saya berfikir untuk putus saja, saking menderitanya pikiran saya, namun teringat kembali perjuangan saya masuk PTN, hari-hari saya kuliah di perantauan, dan wajah ayah ibu saya yang pasti akan kecewa jika saya tak mampu menyelesaikan studi.
Maka, saya harus tetap semangat, dan mencari penyebab dan hal apa yang membuat saya menjadi depresi, sehingga saya bisa mengatasi masalah saya dalam menyelesaikan skripsi ini. Setelah saya analisa, beberapa hal yang membuat skripsi jadi seperti monster adalah :
1. Tingkah dosen.
Bagi dosen yang kebetulan baca, jangan tersinggung ya bapak ibu sekalian, karena tidak hanya saya saja yang mengeluh masalah ini, tapi rata-rata mahasiswa yang lagi skripsi, tantangan terbesarnya adalah tingkah dosen yang bikin ilfil.
Contohnya, saya janjian bimbingan dengan dosen penguji dirumahnya, saya pun ke rumah ibu ini, disitu saya harus menunggu karena beliau lagi istirahat setelah aktifitas. Agak berapa lama beliau keluar, dan bilang masih capek, saya disarankan bimbingan di kampus besok pagi saja. Akhirnya saya pulang dengan agak gondok dikit.
Besoknya pagi-pagi saya sudah datang dikampus. Beliau sampai jam sembilan belum datang juga. Baru jam sepuluh datang, saya pun senang beliau datang, tapi apa hal? beliau berkata mau menghadiri seminar dulu, saya pun menunggu sampai siang. Pukul satu beliau keluar, dan bilang capek. Akhirnya hari itu bimbingan tidak jadi lagi karena beliau langsung pulang.
Belum lagi dosen pembimbing yang sangat sulit dicari keberadaannya, dan proyeknya banyak sehingga mau bimbingan saja sulitnya minta ampun :(
2. Biaya
Sebagai mahasiswa eksak, kadang saya ngiri dengan mahasiswa sosial yang gampang sekali menyelesaikan skripsi. Ini terlihat dari model skripsi mereka yang contohnya : nyebar angket kemudian di analisa, atau mempelajari hal-hal di institusi tertentu sebagai studi kasus yang tidak terlalu membutuhkan banyak waktu dan biaya.
Sedang untuk mahasiswa eksak seperti saya, yang butuh penelitian di laboratorium dengan bahan yang sulit dan mahal, jika penelitiannya berkali-kali gagal, membuat saya menjadi depresi. Selain biaya sudah banyak keluar, namun hasil yang diharapkan tak kunjung selesai, dan kewajiban masuk lab harus terus dilaksanakan jika berharap skripsi selesai. Ya ini konsekuensi sebagai mahasiswa eksak, tapi tetap saja hal ini bikin mahasiswa depresi, kecuali yang beruntung ikut proyek dosen.
3. Mengejar Deadline
Inginnya, selesai kuliah tepat waktu, apalagi teman-teman seangkatan satu persatu sudah pada lulus, dan orang tua sudah bertanya “kapan lulus?”, haduh tambah bikin depresi berat.
Nah, bagaimana caranya agar skripsi selesai dan kita tidak depresi.
1. &angan anggap skripsi sebagai beban. &adi dijalani saja, tapi harus dengan sungguh-sungguh. Masalah tingkah dosen yang bikin ilfill, pikir saja, kapan lagi kita bersusah_susah seperti itu, anggap saja ini ujian mental kita sebelum kita benar-benar terjun di masyarakat. Dan nanti bisa dijadikan sebagai bahan kenang-kenangan kita waktu kuliah :)
2. Untuk biaya, kalau mminta ke orang tua kasihan mereka, nah sekarang waktunya untuk belajar mandiri, dengancara bekerja part time, ataupun mencari tambahan dengan berbagai peluang usaha, seperti jualan pulsa, jualan produk-produk kosmetik MLM, atau jualan makanan baik dijual langsung atau bisa juga menyewa stan. Nah kan ternyata hikmah skripsi bisa berwirausaha :)
3. Teman yang cepat menyelesaikan kuliah, kita jadikan inspirasi buat kita agar bisa menyelesaikan kuliahta sadari saja kalau jalan setiap orangberbeda-beda, selama kita bersemangat dan melakukan secara optimal, maka hasil akhir bukan menjadi kuasa kita, sehingga kita tidak depresi mengapa kok belum lulus-lulus juga.
Bagi yang senasib dengan saya, saya ucapkan selamat mengerjakan skripsi dengan damai :)
sumber: http://muda.kompasiana.com/2013/04/09/ketika-skripsi-selaksa-monster-549444.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...