GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Ledakan Makam Keramat Di Sumenep

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 10 Oktober 2010 | 20.01

Pada hari Selasa tanggal 19 Januari 2010 pukul 22.30 lalu, diberitakan di beberapa surat kabar bahwa terjadi ledakan di makam keramat yang berisikan salah satu tokoh raja Sumenep, salah satu keturunan raja ke-13 dari Paku Nata Ningrat. Hingga saat ini masih belum diketahui pasti penyebab ledakan yang mengakibatkan makam tersebut hancur. Makam ini berada di kompleks pemakaman Raja-raja Sumenep, di Pendopo Asta Tinggi (Kuba sebelah barat), Desa Kebonagung, Kecamatan Kota Sumenep, Madura.

Saat kejadian, menurut saksi yang dituliskan dalam pemberitaan diketahui bunyi ledakan cukup keras dan terdengar sampai desa sebelah yang berjarak sekitar satu kilometer. Saat terdengar ledakan, warga sekitar segera mencari sumber suara. Rupanya saat dicari sumber ledakan, tak ada asap maupun hal yang mencurigakan di area makam. Namun warga dan juru kunci melihat sebuah makam yang nisannya terbuat dari keramik marmer itu pecah berserakan.

Salah seorang juru kunci Asta Tinggi, Kabupaten Sumenep yang juga keturunan keraton kemudian menyimpulkan bahwa ledakan ini termasuk kategori ghaib. Melihat jenazah siapa yang berada di makam tersebut, maka banyak orang mungkin juga beranggapan telah terjadi sesuatu mistis karena ketokohan almarhumah yang merupakan guru mengaji, turunan raja dan bangsawan terkemuka di daerah itu. Selanjutnya dapat diduga bahwa orang akan banyak berdatangan untuk melihat dan berkunjung ke makam setelah ledakan untuk melihat. Lokasi makam selanjutnya dibanjiri warga yang ingin melihat kondisi makam. Selain warga biasa, banyak pula pegawai di lingkungan Pemkab Sumenep memadati lokasi makam yang sempat membuat heboh sehari setelah kejadian. Mereka ingin tahu kepastian lokasi kuburan yang meledak dan tidak pernah terjadi selama ini. Banyak orang yang kemudian menghubung-hubungkan kejadian ini dengan hal lain yang diduga akan terjadi di masa mendatang. Bahkan menurut seorang pengunjung seringkali kalau ada hal yang aneh yang terjadi di lokasi Asta Tinggi biasanya selalu akan berhubungan dengan pimpinan negara maupun bupati.

Dari pihak polisi sendiri setelah mendatangi dan melakukan investigasi, ternyata menyimpulkan tidak ada unsur sabotase atau ledakan yang bersumberkan dari bahan peledak/eksplosif dan hanya merupakan kejadian alam biasa. Analisis pihak polsek kota Sumenep menyebutkan bahwa itu murni peristiwa alam sehingga tidak ada masalah untuk dikaji lebih lanjut. Hal ini juga karena ada ketidakjelasan informasi dari pihak sejumlah saksi yang berada di kompleks Asta Tinggi ini yang ditanya oleh polisi. Beberapa orang saksi yang ditanya termasuk juru kunci dan para pedagang yang biasa berada di lokasi juga tidak dapat menjelaskan kejadian yang terjadi secara detail. Dari fakta yang ada adalah berupa sisa-sisa ledakan berupa cungkup makam dari keramik yang terbongkar. Tidak ada bekas ceceran bahan peledak atau bahan mudah terbakar lainnya di sekitar makam itu.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...