إن الدين يسر ولن يشاد الدين إلا غلبه فسددوا وقاربوا وأبشروا
واستعينوا بالغدوة والروحة وشيء من الدلجة رواه البخاري
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya agama ini mudah, dan tidaklah seseorang
berlebih-lebihan dalam urusan agama melainkan agama akan mengalahkannya,
maka tepatkanlah, dekatkanlah, dan bergembiralah, minta bantuanlah
dengan (melaksanakan ketaatan) di waktu pagi, sore, dan sebagian malam
hari” (HR.Al-Bukharirahimahullah)
Kosa kata hadits
واستعينوا بالغدوة والروحة وشيء من الدلجة (minta
bantuanlah dengan (melaksanakan ketaatan) di waktu pagi, sore, dan
sebagian malam hari): Ini adalah permisalan dari Nabi yang artinya minta
pertolonganlah kepada Allah dalam ketaatan kepada-Nya dengan melakukan
amalan-amalan shalih pada waktu semangat kalian, dan lapangnya hati
kalian, yang mana engkau merasa menikmati ibadah tersebut dan tidak
merasa bosan dan engkau sampai kepada keinginanmu. Sebagaimana musafir
yang cerdas berjalan pada waktu-waktu di atas dan dia serta kendaraannya
beristirahat pada selain waktu-waktu itu supaya sampai tujuan dengan
tidak merasa capek. Wallahu A’lam.
Makna hadits:
Makna hadits:
Penulis kitab ini, (kitab Riyadhush Shalihin) yaitu Imam Nawawi rahimahullah membawakan di dalam Bab“Al-Qasdu fii al-’Ibadah”hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu “Sesungguhnya agama ini mudah”. Maksudnya adalah bahwa agama yang dengannya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wasallam, yang dengannya manusia beriman dan beribadah kepada Rabb mereka, adalah agama yang mudah. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
adalah
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْر…. (185)
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْر…. (185)
“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu…” (QS. Al-Baqarah: 185)
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman ketika memerintahkan
hambanya berwudhu, mandi junub dan tayamum –ketika tidak ada air atau
tidak mampu menggunakannya-:
مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ…. (6)
“Allah tidak ingin menyulitkan kamu…” (QS. Al-Maidah: 6)
وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ (78)
“Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang
sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia sekali-kali tidak
menjadikan satu kesulitan pun untukmu dalam agama …” (QS. Al-Hajj: 78)
Maka nash-nash di atas, semuanya menunjukkan bahwa agama ini adalah
mudah, dan memang demikianlah kenyataanya. Seandainya manusia
memikirkan dan merenungkan ibadah-ibadah sehari-hari, niscaya ia akan
mendapatkan bahwa shalat lima waktu adalah mudah (ringan), terbagi-bagi
dalam waktu-waktu yang telah ditentukan, dan ia didahului dengan
bersuci, yaitu bersuci badannya dan hatinya. Maka seseorang yang
berwudhu ketika hendak menunaikan shalat lalu mengucapkan (do’a setelah
wudhu):
أشهد ألا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين
“Aku bersaksi, bahwa tiada Ilaah (sesembahan) yang haq kecuali
Allah, Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya
Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang banyak bertaubat dan
jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci.”
Maka pertama dia telah mensucikan badannya kemudian berikutnya dia mensucikan hatinya dengan tauhid (Syahadat), lalu dia shalat.
Seandainya manusia juga berfikir dan merenung dalam masalah zakat,
yaitu rukun ketiga dari rukun Islam dia akan mendapati bahwa zakat
adalah hal yang mudah, karena:
Pertama: Zakat tidak diwajibkan kecuali pada harta-harta
yang berkembang, atau yang semakna dengannya. Ia tidak diwajibkan pada
semua harta, akan tetapi ia hanya diwajibkan pada harta yang berkembang
dan bertambah seperti harta perdagangan atau yang semakna dengannya
dalam hukum seperti emas dan perak sekalipun ia tidak bertambah. Adapun
harta benda yang digunakan pemiliknya di dalam rumahnya (perabotan dan
lain-lain), atau berupa kendaraannya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
ليس على المؤمن في عبده ولا فرسه صدقة (رواه البخاري في الزكاة و مسلم في الزكاة)
“Tidak ada kewajiban shadaqah (zakat) atas seorang mukmin pada
budaknya dan kudanya.” (HR. al-Bukhari dalam kitab Zakat dan Muslim
dalam kitab Zakat)
Semua perabotan rumah, kasur, kendaraan dan yang lainnya dari
barang-barang yang digunakan oleh pemiliknya secara khusus maka tidak
ada kewajiban zakat padanya.
Kedua: Zakat yang harus dikeluarkan kadarnya sangat kecil sekali, yaitu 2,5% atau seperempat puluh dari harta kita.
Ketiga:Ketika kita membayar zakat maka zakat itu tidak akan mengurangi harta kita, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
ما نقصت صدقة من مال (رواه مسلم في الصلة 69 وأحمد و الترمذي)
“Shadaqah tidak mengurangi harta sedikitpun.”(HR. Muslim, kitab ash-Shilah 60 dan Ahmad di dalam al-Musnad dan at-Tirmidzi rahimahumullah)
Bahkan zakat akan memberikan keberkahan di dalam harta tersebut, megembangkan, menambah dan mensucikannya.
Lalu lihatlah pada ibadah puasa, maka ia
juga ibadah yang mudah dan ringan. Ia tidak diwajibkan setahun penuh,
atau setengah tahun, tidak pula seperempat tahun, akan tetapi ia hanya
diwajibkan hanya satu bulan saja dalam setahun. Di samping itu ada
kemudahan yang lebih besar lagi, yaitu ketika engkau sakit maka engkau
boleh berbuka (tidak berpuasa), bila safar boleh berbuka (tidak
berpuasa) dan apabila engkau tidak mampu berpuasa selama-lamanya (karena
usia lanjut atau sakit yang tidak bisa diharapkan kesembuhannya) maka
kewajibanmu hanya memberi makan (fidyah) seorang miskin untuk satu hari
yang ditinggalkan.
Haji juga ibadah yang mudah,Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
. وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا….(97)
” Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah
menunaikan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu
mengadakan perjalanan ke sana…” (QS. Ali- Imraan: 97)
Dan barangsiapa yang tidak mampu, jika dia orang kaya dan memiliki
harta maka hajinya digantikan (diwakilkan) oleh orang lain, dan jika
tidak memiliki harta dan kemampuan fisik maka gugur kewajiban hajinya.
Maka kesimpulannya adalah bahwa agama ini mudah (ringan), mudah
dari awalnya dan juga mudah apabila ada hal-hal yang menuntut adanya
kemudahan. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada ‘Imran bin Hushain radhiyallahu ‘anhu:
صل قائما فإن لم تستطع فقاعدا فإن لم تستطع فعلى جنب (رواه البخاري وأبوداود و الترمذي)
“Shalatlah dengan berdiri, kalau engkau tidak mampu maka dengan
duduk, dan jika tidak mampu maka dengan berbaring (miring).”(HR.
al-Bukhari, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi rahimahumullah)
Maka sekali lagi agama Islam ini mudah.
Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melanjutkan sabada beliau: ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه maksudnya
tidaklah seseorang berlebih-lebihan (menyusahkan diri) dalam agama
kecuali dia akan kalah, bosan, capek, dan lemah lalu pada akhirnya dia
meninggalkannya.
Inilah makna sabda beliau shallallahu ‘alaihi wasallam“ ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه ”
maksudnya, apabila engkau menyusahkan diri dalam beragama, bersikap
ektsrim, maka agama akan mengalahkanmu, dan engkau akan binasa.
Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
هلك المتنطعون قالها ثلاثا.رواه مسلم
“Binsahlah orang-orang yang ekstrim (dalam beragama). Beliau mengucapkannya 3 kali.” (HR. Muslim)
Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wasallam melanjutkan sabdanya:
فسددوا وقاربوا وأبشروا
فسددوا وقاربوا وأبشروا
“Maka tepatkanlah, atau dekatkanlah (miripkanlah), dan bergembiralah.”
Maknanya adalah lakukanlah sesuatu dengan tepat sesuai dengan
ketentuan, dan benar. Maka jika kamu tidak mampu melakukan yang demikian
maka usahakan mendekatinya (mendekati yang benar) oleh sebab itu beliau
bersabda:“dekatkanlah (miripkanlah)”. Huruf wawu (dan) dalam hadits ini artinya auw (atau). Yakni, tepatkanlah jika memungkinkan, jika tidak memungkinkan maka miripkanlah (mendekati yang benar).
Sabda beliau shallallahu ‘alaihi wasallam:“Dan bergembiralah” maksudnya
bergembiralah kalian jika kalian telah tepat dan benar (dalam beragama)
atau mirip dengan yang benar. Maka bergembiralah dengan pahala yang
besar, kebaikan, dan pertolongan dari Allah ‘Azza wa Jalla.
Dan uslub (cara bebicara) seperti ini sering digunakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang mana beliau memberikan kabar gembira kepada para Shahabat radhiyallahu ‘anhum dengan apa-apa yang menyenangkan (menggembirakan) mereka. Oleh
sebab itu hendaknya setiap manusia berusaha dengan sungguh-sungguh
untuk memberikan rasa senang dan gembira di hati saudara-saudarnya
sesuai dengan kemampuan dengan kabar gembira, wajah yang riang dan
lainnya.
Pelajaran yang bisa diambil dari hadits di atas:
1. Islam adalah agama yang penuh kemudahan dan berusaha
menghilangkan segala bentuk kesulitan, dan inilah salah satu keutamaan
ummat Islam yang dirahmati. Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri
telah melepaskan/menghilangkan segala bentuk balenggu dan ikatan dari
diri mereka sebagaimana yang pernah mengekang ummat-ummat terdahulu.
Maka, Dia mengutus Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dengan membawa agama yang palaing baik, lurus dan toleran.
2. Setiap orang yang berlebihan (ekstrim) dalam beragama akan
terhenti di tengah jalan. Sebab, berlebihan akan mengakibatkan kejenuhan
dan kebosanan. Berlebihan dalam ibadah juga akan mengakibatkan
kebosanan atau pengabaian terhadap hal yang lebih utama atau menunda
pelaksanaan kewajiban dari waktunya. Misalnya, orang yang sholat semalam
suntuk, lalu tertidur di akhir malam hingga ketinggalan sholat shubuh
atau tidak ikut shalat shubuh berjama’ah di Masjid.
3. Hadits di atas menunjukkan disunahkannya mengambil keringanan
dalam syari’at pada waktunya (waktu dibolehkannya keringanan tersebut).
Karena mengambil sesuatu yang berat pada saat diberikan keringanan
merupakan perbuatan yang berlebihan. Misalnya, orang yang meninggalkan
tayammum pada saat dia tidak boleh (tidak mampu) menggunakan air karena
sakit misalnya, tentunya hal ini akan membahayakannya.
Sederhana (pertengahan) dalam ibadah akan mengantarkan kepada keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’aladan mendorong pelakunya untuk terus beribadah kepada-Nya tanpa bosan.
Sumber: disarikan dari Syarah Riyadhush Shalihin karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaiminrahimahullah dan Bahjautun Nazhirin karya Syaikh Salim al-Hilali hafizhahullah edisi terjemah. diposting oleh Abu Yusuf Sujono)
http://www.salamdakwah.com
0 komentar:
Posting Komentar
1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.
Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.
( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )
Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.
Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar
Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com