Duniatips.web.id-Seringkali
seorang pebisnis mengalami kesulitan dengan pengelolaan bisnisnya. Hal
ini disebabkan oleh tuntutan zaman yang mengharuskan untuk mencari
parner bisnis yang handal apalagi jika parner bisnis tersebut memiliki
relasi yang kuat bahkan memiliki modal yang bnyak. Relasi termasuk
faktor terpenting untuk memajukan bisnis, oleh karenanya dibutuhkan
parner bisnis yang sesuai dengan harpan untuk mendokrak bisnis kita. Hal
ini bisa di atasi jika kita memiliki banyak teman yang bisa di ajak
untuk saling berpangku tangan dalam memanage bisnis. Berikut Adalah
bebrapa tips mencari parner bisnis yang baik:
1. Kenali Keahlian Rekan Bisnis Anda
Kalau Anda terkagum-kagum pada
kepintaran teman Anda dalam berbicara, bukan berarti teman tersebut
sudah memenuhi syarat yang cukup untuk dijadikan rekan bisnis.
Dunia bisnis tidak hanya perlu orang yang pandai bicara, tapi juga
aktif bertindak dan mencari berbagai peluang. Karena itu, telitilah
apakah selain kepandaiannya berbicara, ia juga memiliki keahlian lain
yang dibutuhkan dalam berbisnis seperti:
Talenta atau kemampuan : Kalau ia
tidak mempunyai talenta/kemampuan di bidang yang akan digeluti, tentu
hal ini akan merepotkan, bukan? Suatu saat jika timbul suatu masalah di
lapangan, Anda akan berjuang seorang diri karena ia tidak dapat
memberikan kontribusi sesuai dengan yang Anda harapkan.
Daya
Juang : Perhatikan apakah ia sosok yang pasif, kurang inisiatif, tidak
berani mencoba, dan tidak memiliki daya juang. Karena meski kelihatannya
ia punya banyak ide untuk mengembangkan usaha, namun jika keinginan
untuk merealisasikannya rendah, ia tidak akan banyak membantu! Jangan
pernah berpikir bahwa cukup Anda saja yang menjadi ujung tombaknya,
karena akan merepotkan. Ia akan selalu menunggu Anda setiap kali harus
mengambil keputusan.
Koordinasi : Penting untuk memiliki kemampuan melakukan koordinasi. Meski rekan Anda diposisikan untuk mengurus tugas-tugas di dalam kantor, bisa saja karena terbatasnya tenaga yang ada, membuatnya harus mengerjakan tugas koordinasi dengan pihak luar. Koordinasi tersebut tentu saja tidak hanya dilakukan lewat telepon, tapi juga sesekali harus mengecek ke lapangan apakah koordinasinya sudah dilaksanakan sesuai rencana.
Sebelum Anda menentukan siapa
teman yang akan dipilih, sebaliknya pikirkan juga orang seperti apa yang akan
cocok untuk Anda ajak menjalankan bisnis yang sudah Anda pilih. Hal ini penting
agar bisnis yang Anda jalani bisa berjalan lancar dan langgeng.
Kenalilah reputasi orang yang
akan Anda ajak berbisnis tersebut. Kalau perlu Anda lakukan wawancara
kecil-kecilan, tanyakan pengalamannya dalam bekerja, minatnya, dan berapa honor
yang diinginkannya. Tanyakan pula apakah ia sering meminjam uang, karena siapa
tahu ia tipe orang yang hobi menumpuk hutang, atau gali lubang tutup lubang.
Ketahuilah reputasinya, mungkin
bisa diketahui dari teman-temannya atau dari informasi yang bertebaran, apakah
ia tipe orang yang bermasalah atau tidak. Apakah ia tipe orang yang senang
berkonflik, senang mengeluh dan kurang termotivasi, bahkan cenderung tipe yang
suka menyalahkan orang lain atau keadaan atas kesulitan dan kegagalannya?
Bukankah Anda juga tidak ingin punya partner yang nantinya akan menyusakan dan
menghambat bisnis Anda?
3. Cari Rekan Yang Pandai Mengelola Keuangan
Tetapkan kebijaksanaan keuangan yang
jelas dan tegas serta disepakati bersama, seperti peminjaman uang,
pengambilan pinjaman, atau penggantian biaya transportasi. Semua anggota
wajib menyadari bahwa uang yang ada adalah uang perusahaan dan
digunakan hanya demi mempertahankan kelangsungan usaha.
Gaji : Baik yang menanam modal atau
tidak, sebaiknya untuk setiap orang ditetapkan sistem gaji yang jelas
sesuai dengan beban tanggung jawab dan keahlian masing-masing. Jangan
sampai masalah sensitif ini membuat semua orang berhitung tentang apa
yang hendak dikerjakannya.
Rekening : Buatlah rekening bank
tersendiri, jangan disatukan dengan rekening pribadi. Pengeluaran uang
harus disetujui oleh lebih dari satu orang sehingga pengelolaan uang
lebih terkontrol.
Rapi : Semua anggota wajib
memelihara administrasi (baik administrasi keuangan, order, pembelian,
pengeluaran, maupun surat-surat keluar-masuk lainnya). Hal ini untuk
memudahkan setiap anggota dalam menangani tugasnya dengan tidak adanya
kertas-kertas penting yang tercecer atau hilang begitu saja.
Sepakati : Pilihlah orang yang tepat
untuk mengelola bagian yang sensitif yaitu bagian keuangan. Yakinkan
semua anggota untuk menyepakati pilihan tersebut.
Mungkin pada awal kerja sama
keterbukaan sudah disepakati bersama, tapi dalam prakteknya, hal ini sulit
dilaksanakan. Selain karena hubungan Anda dengan teman Anda setara, satu sama
lain pun cukup akrab. Nah, biar tidak tidak kesalahpahaman dan keraguan,
upayakan langkah-langkah berikut sejak awal:
Tugas Sesuai Kapasitas : Buat
pembagian tugas berdasarkan kapasitas dan gaya kerja masing-masing. Berikan
tanggung jawab pengawasan lapangan bagi orang yang dinamis, tegas, dan mampu
mengambil keputusan. Tugaskan orang yang pandai bergaul dan bernegosiasi untuk
berhubungan dengan pihak luar (misalnya saja mencari order atau berhubungan
dengan pemasok). Jangan berikan tugas administrasi mengurus administrasi pada
orang yang kerjanya tidak sistematis dan kurang cermat.
Saling Pantau : Tetapkan aturan
untuk saling memantau proses kerja dan kemajuannya. Sepakati bahwa tindakan
tersebut bukan untuk mencampuri urusan orang lain, tetapi dalam rangka saling
mengingatkan. Anda bisa memajang papan komunikasi yang isinya bukan hanya jenis
proyek, tapi juga proses kerja dan kemajuannya. Optimalkan urusan komunikasi
agar terhindar dari sikap sungkan bertegur sapa, saling menyalahkan, dan menggerutu
tidak perlu di belakang.
Rapatkan Masalah : Jika terjadi
kesalahpahaman, segera selesaikan secara terbuka dalam rapat khusus. Jangan
tunda atau melakukannya sambil lalu sementara masalah sebenarnya tidak tergali
karena ini malah akan memperuncing keadaan. kasak-kusuk di belakang tidak hanya
akan membuat suasana kerja tidak menyenangkan, tetapi juga menurunkan
produktivitas.
0 komentar:
Posting Komentar
1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.
Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.
( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )
Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.
Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar
Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com