GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

DAHSYATNYA SILATURAHMI: Menyambung Silaturahmi dan Melapangkan Rezeki

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 12.19

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMzv8hp9m6WKsOV5AelQKsPhy7tU_5PxQnWrDiEHUT1QiZ2MY4sDZPvzVg73rcj98pX3dQJbeHgVz9tl9TnetqB_l5uTPM8EYQOSZDdRuGe8BousaGvCx6cjsjlkpIWNkR0gV-PVO9sN8/s1600/silaturahmi.jpg
Secara bahasa, silaturrahim atau silaturahmi berasal dari kata shilah yang artinya tali atau hubungan dan ar-rahim yang artinya rahim atau kerabat.  Kata ar-rahim ini berasal dari kata ar-rahmah (kasih sayang), karenanya, ia digunakan untuk menyebut kerabat, dimana orang-orang seharusnya berkasih sayang karena adanya hubungan rahim atau kekerabatan.  Jadi, silaturahmi dapat kita artikan sebagai hubungan kekerabatan, baik karena keturunan maupun karena perkawinan, memeliharanya berarti menjaga kasih sayang dalam hubungan tersebut, sedang menyambungnya berarti memperbaiki hubungan yang telah terputus.
Tak dapat dipungkiri, bahwa hubungan kekerabatan ini tidak selalu dipenuhi oleh kasih sayang.  Tak sedikit silaturahmi yang tidak terjalin dengan baik, bahkan terputus sama sekali.  Orang-orang bermusuhan dan bertengkar dengan saudaranya sendiri, tidak saling berkunjung atau berbicara satu sama lain, apalagi saling membantu ketika masing-masing mengalami kesusahan.  Terkadang, kita mungkin tidak bermaksud menjauhi kerabat kita, hanya saja, aktivitas sehari-hari yang begitu menyibukkan membuat kita lupa untuk menjalin hubungan dengan mereka.  Padahal, menyambung silaturahmi merupakan salah satu perbuatan yang dapat memasukkan kita ke surga, sedang memutuskannya berarti juga memutuskan hubungan dengan Allah.
Allah SWT berfirman dalam sebuah hadis qudsi:
“Aku adalah Ar-Rahman. Telah Aku ciptakan Ar-Rahiim dan Aku petikkan baginya nama dari nama-Ku. Barangsiapa yang menghubungkannya niscaya Aku menghubunginya (dengan rahmat-Ku); dan barangsiapa memutuskannya niscaya Aku memutuskan hubungan-Ku dengannya; dan barangsiapa mengokohkannya niscaya Aku mengokohkan pula hubungan-Ku dengannya. Sesungguhnya Rahmat-Ku mendahului kemurkaan-Ku.” (HR. Bukhari, Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi).
Rasulullah SAW bersabda:
“Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan, adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah balasan (siksaan) bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan.” (HR Ibnu Majah).
Pernah ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku perbuatan yang akan memasukkan aku ke dalam surga.” Lalu Rasulullah SAW menjawab: “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi.” (HR al-Bukhari).
Dari Jubair bin Muth`im ra., Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan kekeluargaan.” (HR. Muslim).
Rasulullah SAW bersabda: “Yang disebut bersilaturahmi itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahmi itu ialah menyambungkan apa yang telah putus.” (HR Bukhari).
Silaturahmi bukan hanya sekedar apa yang tampak secara fisik, namun yang terpenting adalah apa yang terjalin di dalam hati.  Memang tidak mudah menyambung silaturahmi dengan orang yang kita musuhi atau memusuhi kita, tapi alangkah banyaknya kebaikan yang dapat kita terima ketika kita berhasil melakukannya.  Apalagi, permusuhan, terlebih dengan saudara sendiri, tidak dibenarkan juga dilarang dalam Islam.
Rasulullah SAW bertanya pada para sahabat: “Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan shaum?” “Tentu saja,” jawab mereka. Beliau kemudian menjelaskan, “Engkau damaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan tali persaudaraan di antara mereka adalah amal saleh yang besar pahalanya. Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan silaturahmi.” (HR. Bukhari Muslim).

Dari  Abu Ayyub Al-Anshari ra., sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak mau menyapa) saudaranya lebih dari tiga malam di mana keduanya bertemu lalu yang ini berpaling dan yang itu berpaling. Yang terbaik di antara keduanya ialah orang yang memulai mengucapkan salam.” (HR. Muslim).
Menyambung silaturahmi dapat memperpanjang usia dan melapangkan rezeki, pahalanya pun lebih besar dari puasa dan shalat.  Allah juga akan mengokohkan hubungan-Nya dengan orang yang menyambung silaturahmi. Niscaya, hidup kita akan lebih tenang, damai, dan dipenuhi kasih sayang serta keberkahan.
Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An Nisaa’:1).  [aca]

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...