GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Banjir Darah Najaf Tetap Misteri

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 05 Agustus 2010 | 19.45

Nicolien den Boer dan Chaalan Charif

Bloedbad in Najaf?Ini adalah salah satu cerita paling menarik yang keluar dari Irak dalam beberapa tahun terakhir, sekaligus yang paling membingungkan. Cerita mengenai pembunuhan massal para pemberontak Sunni, yang ternyata adalah orang Syi'ah. Kisah tentang seorang pemimpin sekte Syiah, yang mengkhotbahkan surga di bumi, dan tentang kematiannya Senin (29/01) Atau justru ia masih tetap hidup?

Belum jelas
Hanya dua fakta yang pasti benar dari berita-berita yang bertentangan ini. Pertama, tempat pembantaian terjadi di sebuah kawasan luar kota Najaf, di selatan Baghdad. Dan kedua: pertempuran terjadi Ahad (28/01). Kisah lainnya mungkin baru akan jelas setelah asapnya tampak naik ke langit. Tentara Amerika Serikat dan Irak konon masih memburu ratusan pemberontak. Pemberontak dikabarkan sempat bertempur melawan tentara Irak yang mendapat bantuan helikopter dan tank tentara Amerika.

Pihak berwajib di Najaf menyebut jumlah korban 800 orang sementara tentara Irak mengatakan jumlah korban tewas setidaknya 250 orang. Ketika wartawan di Najaf bertanya berdasarkan apa angka korban tersebut, pihak tentara menjawab: "Ini berdasarkan intensitas pertempuran." Pihak tentara Amerika tidak mengeluarkan pernyataan sama sekali. Juga masih belum jelas kelompok mana yang dikejar. Atau sekte mana.

Serdadu Langit
Menurut otoritas Najaf sekte Syiah itu menamakan dirinya 'Serdadu langit'. Tentang sekte ini tidak banyak diketahui, tapi tentang pemimpinnya Ahmed al-Hassan lebih banyak diketahui. Pria ini ternyata memiliki situs web yang hanya berisi teks dan pidato tanpa foto. Anehnya al-Hassan membubuhi situs internetnya dengan tandatangan bintang David. Dia menyatakan dirinya sebagai seorang rasul yang menyiapkan kedatangan imam Mahdi.

Imam Mahdi adalah semacam Mesias yang menghilang pada abad kesembilan. Pengikut Syiah di seluruh dunia menunggu kedatangannya kembali di bumi, sehingga semua ketidakadilan, penyakit dan penderitaan di muka bumi akan hilang dan syurga akan turun ke bumi. Nah sekarang sudah tiba saatnya, tegas al-Hassan, karena Imam Mahdi sudah berada di antara kita.

Tidaklah aneh kalau sikap al-Hassan itu menjengkelkan partai Syiah terkuat di Irak, SCIRI. Polisi Irak yang berada di tangan SCIRI dulu pernah menangkapi, menginterogasi dan mengintimidasi para pemimpin sempalan-sempalan Syiah. Ada yang berpendapat bahwa pertempuran di Najaf itu sengaja dikobarkan untuk menyingkirkan al-Hassan dan pengikutnya.

Siapa yang terbunuh?
Berita terbaru dari otoritas Irak yang mengatakan bahwa al-Hassan sudah tewas dalam pertempuran di Najaf, tampaknya membenarkan teori di atas. Dan minggu-minggu belakangan sebuah kantor dan mesjid milik gerakan al-Hassan diserang.

Namun pihak berwajib di Najaf semula melaporkan bahwa milisi Sunnilah yang bertempur melawan tentara Irak dan Amerika. Milisi itu dikabarkan mau menyerang para pemimpin dan peziarah Syiah yang berada di perjalanan menuju Kerbala untuk merayakan Hari Asyurah. Para hari terpenting dalam kalender Syiah ini orang Syiah memperingati kematian cucu nabi Muhammad, Husin, yang terbunuh pada tahun 680 di Kerbala.

Walhasil siapa yang terbunuh dalam peristiwa di Najaf itu, masih tidak jelas. Media Arab juga tidak tahu. Ada yang mengatakan, bahwa yang terbunuh adalah Mahmoud al-Hassan al Sargi, seorang pemimpin sekte Syiah lain. Kalau demikian, ini berarti, bahwa Hassan masih hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...