GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Menurut ajaran Islam, roh-roh orang mati itu disimpan disuatu tempat

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 25 April 2014 | 10.03

http://1.bp.blogspot.com/--pxTOc2d8us/UB7ctc9l2yI/AAAAAAAABDQ/m3hS6P1BFnM/s1600/Ruh+Manusia.JPG 
Menurut ajaran Islam, roh-roh orang mati itu disimpan disuatu tempat. Roh orang mu’min disimpan di tempat bernama Illiyyin, sebagaimana firman Allah ‘Azza wa-Jalla:

إِنَّ كِتَابَ الأَبْرَارِ لَفِي عِلِّـيِّـيْن

“Sesungguhnya tempat kembali orang-orang berbakti itu ada di Illiyyin.” (Al-Qur’an, surat Al-Muthaffifiin : 7)
Adapun roh orang kafir dan jahat berada di tempat bernama Sijjin, sebagaimana firman Allah ‘Azza wa-Jalla:

وَإِنَّ كِتَابَ الْفُجَّارِ لَفِي سِجِّـيْن

“Dan sesungguhnya tempat kembali orang-orang durhaka itu ada di Sijjin.” (Al-Qur’an, surat Al-Muthaffifin : 18)
Sahabat Abdullah bin Abbas bertanya kepada Sahabat Ka’b Radhiyallaahu ‘anhumaa tentang Illiyyin dan Sijjin itu, maka Sahabat Ka’b menjelaskan bahwa Illiyyin adalah sebuah tempat di langit ketujuh, tempat ditampungnya roh-roh orang shaleh. Sedangkan Sijjin adalah sebuah tempat di bumi ketujuh, bumi yang paling bawah, tempat ditampungnya roh-roh orang kafir.
Roh orang mati dijaga di tempatnya sampai hari Kiamat, tidak ada istilah gentayangan atau jelma menjelma. Namun, sebagaimana menurut sebagian riwayat, Allah ‘Azza wa-Jalla memang memberi kesempatan buat roh orang-orang shaleh untuk turun ke bumi dan menyaksikan kehidupan orang-orang dekat mereka, itupun hanya sesekali saja. Menurut riwayat ini, roh itu biasanya dititipkan pada seekor burung berwarna hijau, bukan menjelma! Selebihnya, roh orang mati itu dijaga di tempatnya, di Illiyyin atau di Sijjin, dan tidak turun ke bumi kecuali setelah Kiamat tiba ketika manusia akan dibangkitkan lagi, maka roh-roh itu turun ke kuburan masing-masing, kemudian menyatu dengan jasad yang telah diciptakan oleh Allah ‘Azza wa-Jalla dengan suatu proses, yaitu ditumbuhkan-Nya tulang belulang dan daging pembalut melalui hujan air sperma.
Dari keterangan diatas dapat dipastikan, bahwa hantu orang mati itu bukanlah jelmaan roh orang yang mati, dan sama sekali tidak berhubungan dengan orang yang mati, melainkan semua itu hanyalah ulah syetan dan jin bandel. Sebagai makhluk yang mempunyai kemampuan melebihi manusia, syetan dapat dengan mudah melakukan sesuatu yang mengherankan buat manusia, namun sebagai manusia yang beriman dan berakal, kita harus jeli terhadap asumsi dan produksi alam gaib itu, agar kita tidak terkecoh oleh tipuan mereka.
http://aliazmatkhan.blogsome.com/category/buku-tragedi-horor/

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...