Translate

ARTIKEL PILIHAN

KISAH NYATA TENTANG= orang-orang yang sok pintar dan sok tahu

Written By Situs Baginda Ery ( New ) on Rabu, 26 Juni 2013 | 21.38

http://us.123rf.com/400wm/400/400/AlienCat/AlienCat1104/AlienCat110400004/9295652-an-arrogant-ruthless-demon-in-business-attire--3d-render-with-digital-painting.jpg
 KISAH NYATA TENTANG ORANG SOK TAHU bagian 1

Bila melihat kepada realita zaman sekarang, banyak sekali kita dapati orang-orang yang sok pintar dan sok tahu. Sekiranya kita berusaha mengumpulkannya, maka akan dapat tersusun dalam beberapa jilid kitab tebal. Sekiranya fenomena sok tahu tersebut dalam urusan dunia, maka hal itu masih ringan. Namun, yang sangat disayangkan dan begitu menyedihkan, ternyata fenomena nyata tersebut banyak terjadi dalam urusan agama dan perkara akhirat. Hanya kepada Allah kita banyak-banyak beristighfar.

Yang akan disampaikan di sini adalah beberapa kisah sok tahu dari orang-orang terdahulu yang tercatat rapi di dalam kitab-kitab para ulama. Semoga kita bisa mengambil pelajaran darinya. Aamiin.

KISAH PERTAMA: MUFTI KHUNFUSYAR

Singkat cerita, dahulu ada seseorang yang memberi fatwa kepada setiap orang yang bertanya tanpa bimbang ragu. Orang-orang yang sezaman dengannya memperhatikan fenomena itu, hingga akhirnya mereka sepakat untuk mengujinya dengan membuat kata baru yang tidak ada asal-usulnya, yakni “KHUNFUSYAR” lalu mereka bertanya kepada fulan ini tentang maknanya. Ternyata, ia langsung menjawabnya: (Khunfusyar) adalah tumbuhan berbau harum yang tumbuh di ujung-ujung kota Yaman, bila unta memakannya niscaya air susunya menjadi lebih kental. Seorang pujangga dari Yaman berkata:
Sungguh, kecintaan mereka telah mengikat hatiku, sebagaimana khunfusyar yang mengentalkan air susu

Dawud al-Anthoki berkata di dalam kitab at-Tadzkiroh-nya demikian dan demikian, fulan ini dan fulan itu berkata demikian, dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda...... .

Sampai di sini orang-orang yang bertanya tersebut menyuruh Mufti Khunfusyar ini berhenti. Mereka berkata: “Engkau telah berdusta atas nama fulan ini dan itu! Jangan sampai engkau berdusta atas nabi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam!”

Waduh, inilah cerdas yang keblinger. Fatwa keluar mengalir begitu saja, bahkan membawakan sebuah bait syair dan ucapan ulama, dan hampir saja berdusta atas Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Hanya kepada Allah kita memohon perlindungan dari cerdas yang keblinger ini.

KISAH KEDUA: SALAT MAGRIB BISA DIQOSOR?

Adalah Syams bin ‘Atho’ ar-Razi, salah seorang yang dekat dengan Timur Lang, mengaku banyak memiliki hafalan, sehingga orang-orang merasa takjub dengannya. Singkat cerita disepakatilah suatu majelis untuk mengujinya. Di antara pertanyaan yang disampaikan ialah, “Apakah ada nash (dalil) yang menunjukkan bahwa salat magrib bisa diqosor? Teranyata ia menjawab: “Iya, ada keterangan tentang itu pada hadis Jabir di kitab al-Firdaus karya Abu al-Laits as-Samarqandi.”

Orang-orang pun merujuk ke kitab tersebut namun tidak ditemukan keterangan tentang itu, lalu disampaikan hasil pemeriksaan itu kepadanya. Ternyata ia mengatakan: “Kitab karya as-Samarqandi tersebut terdiri dari tiga naskah: Kubro (Besar), Wusto (Sedang), dan Sughro (Kecil), sementara hadis tersebut ada di naskah Kubro, dan itu belum masuk ke negeri kita ini....”

Sejak mendengar jawaban aneh ini, orang-orang tahu dan merasa bahwa ia telah berdusta dengan jawabannya itu.

Ada-ada saja, salat magrib bisa diqoshor, berarti menjadi satu setengah rakaat, bagimana prakteknya ya?!

Semoga Allah melindungi kita dari sifat sok pintar dan sok tahu. Aamiiin.

Bersambung insya Allah ....
sumber: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=472646259475802&id=142062949200803

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

ARTIKEL PILIHAN

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...