GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

(Sebuah Kesepian) Penyebab Dan Obat Kesepian

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 21 Desember 2012 | 21.04

Malam minggu sepertinya bukan selalu menjadi malam yang dipenuhi dengan suka cita. Ramainya ibu kota bukan berarti menunjukan para pelakunya yang sedang bersenang ria. Karena mungkin saja wajah dan bibir mereka tersenyum. Tapi di dalam hati mereka ada sesuatu yang kosong. Bingung mencari apa sebenarnya yang kurang. Efeknya terkadang terasa sepi, dan terkadang terasa sedih. Pastinya itu ada sebuah sebab, karena tidak mungkin ada suatu yang timbul tapi tidak ada sebabnya.
http://fahminian.files.wordpress.com/2012/09/kopi.jpgBanyak orang yang salah dalam mencari penyebabnya. Sehingga ketika mereka mencari penawar atau obatnya, mereka menggunakan cara atau obat yang salah juga. Akhirnya bukan hati yang terisi dengan kebahagian. Malah berbalik semakin kosong dan sepi. Disinilah kita harus belajar apa sebenarnya penyebab hati yang sepi ini. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kesepian adalah salah satu penyebab manusia banyak menjadi galau. Dan sudah bisa dipastikan juga bahwa kebutuhan manusia terhadap pengakuan lebih mereka butuhkan dibanding kebutuhan mereka terhadap makanan. Dan pengakuan ini juga tidak mungkin kita dapatkan sedangkan dalam hati kita sendiri saja masih terasa sepi. Walaupun mungkin banyak orang disekeliling kita, tapi perasaan sepi di hati itu bukan hanya karena tidak ada orang yang ada disekitar kita. Tapi ada hal yang lebih urgen dari itu yang menyebabkannya.
sepi
Pada malam minggu ini mungkin giliran sayalah yang merasakannya. Entah kenapa, setelah isya tadi saya merasa ada sesuatu yang kosong di hati saya. Padahal baru saja tadi sore saya berkumpul dengan teman-teman saya. Dan sehabis isya juga tadi saya sempat keluar bersama teman juga. Tapi entah kenapa hati ini masih terasa sepi. Dan ketika sampai kost, saya mulai melamun sendiri. Apa sebenarnya penyebab semua ini, atau kah mungkin ada yang salah dalam diri saya. Mencoba merenung kembali, apa yang belum dan kurang saya lakukan. Mungkin ilham atau entah apa namanya. Tapi ketika saya merenung tadi. Saya seperti mendapat bisikan bahwa kosongnya hati saya ini tidaklah lain karena mungkin belakangan ini saya kurang dekat kepada Sang Maha Pencipta. Kepada Dzat yang membolak-balikan hati manusia. Kesibukan dan obsesi duniawai mungkin sudah terlalu menjalar dipikiran saya. Sehingga saya lupa bahwa ketika waktunya istirahat atau mengadu. Saya hanya memendamnya sendiri, tidak saya curhatkan atau adukan kepada yang Maha Kuasa. Dan kurangnya saya memberi manfaat atau menolong orang lain mungkin juga menjadi salah satu penyebab rasa kesepian saya. Karena saya pernah membaca bahwa, salah satu manfaat dari sodaqoh adalah memberikan rasa manfaat kepada si pemberi. Dia akan merasakan kebahagian karena sudah saling berbagi. Perenungan panjang tadi mungkin mengantarkan saya menemukan dua penyebab rasa kesepian saya yaitu kurang dekatnya saya kepada Allah SWT dan kurangnya saya juga untuk saling berbagi dan memberi. jika sobat semua menemukan masalah yang sama dengan saya. Mungkin dua penyebab ini bisa dijadikan acuan atau referensi apakah masalah kesepian yang dialami sobat sama dengan saya atau tidak.
Obat kesepian, jika kita sudah menemukan penyebabnya. Sangatlah mudah  untuk kita menemukan penawar atau obatnya. Karena seorang dokter pun tidak akan sembarang memberi obat jika tidak mengetahui penyakit pasiennya. Dan sekarang kita sudah meneumkan dua penyebab atau penyakitnya. Obatnya hanyalah lawan kedua penyebab itu yaitu dengan makin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan berusaha untuk makin banyak berbagi dan memberi. Jika dua hal itu sudah dilakukan, insya Allah hati yang sepi ini akan kembali bahagia. Terisi suatu cahaya yang tidak lain hanya Sang Kholiq lah yang mencipta.
Apakah kalian juga Sedang merasa kesepian sobat?

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...