GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Kata-kata mutiara ali bin abi thalib (4)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 24 Maret 2017 | 14.01

“Amal nan paling dicintai oleh Allah ialah nan terus menerus meski hanya sedikit.”
“Wahai Sayyidina Ali! Ketahuilah olehmu bahwa ada dua golongan nan celaka di hadapanmu. Pertama yaitu nan terlalu cinta kepadamu, dan nan kedua nan terlalu benci kepadamu.”

“Lihatlah orang-orang nan di bawahmu dalam urusan harta dunia, dan jangan sekali-kali melihat nan berada di atasmu, supaya kamu tak meremehkan karunia Allah nan diberikan kepadamu.”

“Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan meski kelihatannya tak berharga, yaitu seperti ketika kamu menyambut temanmu dengan menampakkan paras berseri-seri.”

“Orang dermawan dekat kepada Allah; dekat pada rahmat-Nya serta selamat dari siksa-Nya. Sedangkan orang kikir jauh dari Allah; jauh dari rahmat-Nya dan dekat sekali kepada siksa-Nya.”

“Tanda-tanda orang nan celaka antara lain: bergairah dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan haram dan menjauhi nasihat.”

“Hidup di global hanya merupakan loka tinggal sementara buat melanjutkan perjalanan yang jauh menuju keabadian.”

“Ya Allah! Seandainya Engkau akan mengadili kelak pada hari kiamat, maka jangan Kau adili saya di dekat.”

“Cintai dan sayangilah para fakir miskin, maka Allah akan menyayangimu.”

“Perbanyaklah kamu mengingat mati, sebab hal itu dapat membersihkan dosa dan menyebabkan zuhud atau tak cinta kepada dunia.”

“Jauhilah dengki, sebab dengki memakan amal kebaikan sebagaimana barah memakan kayu bakar.”

“Yang terbaik di antara kalian ialah mereka nan berakhlak paling mulia.”

“Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.”

“Tugas sifat manusia nan merusak ialah kikir nan dituruti, hawa nafsu nan diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri nan berlebihan.”

“Pahlawan bukanlah orang nan berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan nan sebenarnya adalah orang nan sanggup menguasai dirinya di kala ia marah.”

“Allah tak melihat bentuk rupa dan mal kalian, tetapi Dia melihat hati dan amal kalian.”

“Cinta kepada Allah ialah puncaknya cinta. Lembahnya cinta ialah cinta kepada sesama.”

“Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.”

“Orang nan berjiwa besar teguh pendiriannya tetapi tak keras kepala.”

“Ulurkan cintamu sebab Tuhanmu dan tariklah cintamu sebab Tuhanmu. Pasti kamu tidak akan kecewa.”


Kata-Kata Bijak Islami Khalifah Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib ialah salah seorang sahabat Rasulullah Saw. nan dikenal sebab karismanya dan sebab dukungan totalnya pada Nabi Muhammad Saw. dan perkembangan Islam di masa itu. Beliau ialah salah satu orang pertama nan memeluk Islam.

Beliau juga memiliki interaksi nan dekat dengan Rasulullah Saw. sebab pernikahannya dengan Fatimah az-Zahra, puteri Rasulullah.
Ali bin Abi Thalib juga dikenal sebab selalu ada di sisi Rasulullah dalam banyak peperangan, seperti saat Perang Badar, Perang Khandaq, Perang Khaibar, dan sebagainya kecuali Perang Tabuk.

Sepeninggal Rasulullah Saw., beliau ialah salah satu sahabat nan menjabat sebagai khalifah (tepatnya setelah Khalifah Utsman bin Affan wafat). Saat menjabat sebagai khalifah, beliau dikenal sebagai orang nan cerdas, cakap, dan kuat pendirian. Kata-kata bijak Islaminya mampu meneguhkan pendirian umat muslim nan saat itu sedang dilanda masa sulit sebab terbunuhnya khalifah sebelumnya dan kacaunya pemerintahan sebelumnya.

Berikut ini ialah kata-kata bijak Islami Ali bin Abi Thalib nan diambil dari situs www.islam-mutiara.wordpress.com dan www.hatta16.wordpress.com. Semoga kata-kata bijak Islami ini mampu meningkatkan semangat seorang muslim buat terus belajar dan berusaha menjadi nan terbaik di mata-Nya.

“Orang nan tak menguasai matanya, hatinya tak ada harganya.”

“Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tetapi ilmu bertambah apabila dibelanjakan.”

“Nilai seseorang sinkron dengan kadar tekadnya, ketulusannya sinkron dengan kadar kemanusiaannya, keberaniannya sinkron dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat, dan kesucian hati nuraninya sinkron dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya.”

“Orang nan terlalu memikirkan dampak dari suatu keputusan atau tindakan, sampai kapan pun dia tak akan menjadi orang nan berani.”
“Orang-orang nan suka berkata jujur mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat.”

“Ketahuilah bahwa sabar itu jika dipandang dalam permasalahan seseorang ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka holistik tubuh itu akan membusuk. Sama halnya jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.”

"Selemah-lemah manusia adalah orang nan tidak mau mencari sahabat dan orang nan lebih lemah dari itu adalah orang nan menyia-nyiakan sahabat nan telah dicari.”

“Perkataan sahabat nan jujur lebih besar harganya daripada mal nan diwarisi dari nenek moyang.”

“Setiap orang nan sedang disusul oleh kematian meminta lebih banyak waktu. Sementara semua orang nan masih memiliki waktu membuat alasan buat menunda-nunda.”

“Pengetahuan ialah teman saya, nan ada denganku ke mana pun saya pergi. Hatiku ialah wadah, bukan rak buku.”

“Pengetahuan (‘ilm) tanpa kecerdasan (‘aql) ialah seperti memiliki sepatu tanpa kaki. Dan kecerdasan tanpa pengetahuan ialah seperti memiliki kaki tanpa sepatu.”

“Teman sejatimu ialah orang nan berpartisipasi dalam usahamu demi keuntunganmu, dan siap buat menderita kerugian.”

“Kemarahan dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan.”

“Seorang teman tak dapat dianggap teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan: di saat Anda membutuhkannya, di belakang Anda, dan setelah kematian Anda.”

“Kemurahan hati Allah terhubung ke rasa syukur, dan syukur ialah terkait dengan peningkatan kemurahan-Nya. Kemurahan hati Allah tak akan berhenti meningkat kecuali rasa terima kasih dari hamba-Nya berhenti.”

“Orang nan berpikir dan mengembangkan mencerminkan pandangan ke depan dan visi.”

“Apakah saya tak memberitahu Anda siapa Faqeeh sebenarnya? Dia ialah salah satu nan tak membuat orang putus harapan atas rahmat Allah, tetapi ia tak memberikan mereka konsesi buat tak mematuhi Allah. Dia tak membuat mereka merasa kondusif dari planning Allah dan dia tak meninggalkan Al-Quran.”

“Di antara perbuatan, ada empat nan paling sulit buat menghiasi diri: pengampunan ketika marah, kedermawanan di masa sulit, kesucian saat sendirian, dan berbicara kebenaran saat ketakutan.”

“Diam ialah jawaban terbaik buat orang bodoh.”

“Kerendahan hati ialah hasil dari pengetahuan.”

http://8limbmuaythai.com/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...